Tidak ada burger atau sandwich yang enak yang lengkap tanpa beberapa potong acar yang tajam. Perpaduan indah rasa manis, asin, asam, dan pedas menjadikan acar salah satu tambahan terbaik untuk hidangan Anda. Tapi apakah ada manfaat kesehatan dari acar? Simak beberapa manfaat kesehatan tidak terduga dari acar yang harus Anda ketahui berikut ini.

1. Dapat Mempromosikan Bakteri Usus

Acar mengandung bakteri baik yang membantu memecah gula dalam makanan. Proses ini menambahkan rasa asam pada acar dan meningkatkan kesehatan probiotik tubuh Anda, yang penting untuk menjaga kesehatan usus. Selain itu, beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa mikroflora dalam acar yang difermentasi meningkatkan mikrobiota usus.

2. Dapat Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian yang dilakukan pada orang dewasa Jepang dengan diabetes menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan fermentasi, termasuk kedelai dan acar, menurunkan efek dan gejala diabetes tipe 2. Selain itu, fitoestrogen dan peptida bioaktif yang ada dalam acar dapat membantu mengatur kadar gula darah. Namun, penelitian dalam hal ini terbatas.

3. Dapat Membantu Mengurangi Tingkat Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa makan ketimun membantu mengurangi kadar kolesterol, berkat fermentasi yang disebabkan oleh bakteri asam laktat yang ditemukan dalam acar ini.

4. Dapat Membantu Mengatasi Gejala PMS

Sebuah studi eksperimental menunjukkan bahwa minum acar air garam dapat membantu mengurangi kram otot. Otot Anda kram ketika ada kekurangan hidrasi, yang menyebabkan ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh Anda. Natrium dan kalium yang ada dalam acar air garam dapat membantu memperbaiki situasi ini dengan menyeimbangkan elektrolit dan meningkatkan hidrasi dalam tubuh. Namun, penelitian dalam hal ini terbatas.

5. Menjaga Tingkat Elektrolit Bagi Anda yang Diet Keto

Asupan karbohidrat yang rendah dalam diet ketogenik menyebabkan penurunan produksi glukosa. Hal ini menyebabkan dehidrasi karena badan keton yang diproduksi akibat penurunan glukosa. Acar kaya akan natrium dan kalium. Asupan makanan yang kaya akan mineral ini dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan efek acar ini.

6. Dapat Mengurangi Kerusakan Oksidatif

Acar mengandung vitamin C dan E dalam jumlah tinggi, yang memiliki sifat antioksidan. Selain itu, makanan fermentasi mengandung antioksidan esensial seperti riboflavin, folat, cobalamin, menaquinone, dan tiamin. Semua antioksidan ini membantu mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda pada tingkat sel.

Satu studi menunjukkan bahwa acar tradisional India mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah pembentukan benzena, sehingga mengurangi kerusakan sel.

7. Dapat Mencegah Kanker Tertentu

Acar adalah pembangkit tenaga bakteri probiotik. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di India, bakteri probiotik dapat membantu dalam pencegahan tumor kanker di usus besar, hati, dan kandung kemih. 

Efek Samping Acar

Kelebihan natrium dan histamin dalam acar dapat menyebabkan masalah dengan hati dan ginjal Anda, meskipun tidak ada penelitian yang cukup untuk membuktikan hal yang sama.

Berbagai penelitian menemukan bahwa konsumsi acar yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker lambung, lambung, dan kerongkongan.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah ada lagi efek samping dari makan terlalu banyak acar. Anda dapat mengkonsumsi dua sendok teh acar tradisional dari waktu ke waktu. Ini akan menambah keseimbangan nutrisi yang baik untuk diet Anda.

Acar dianggap sebagai tambahan yang tajam untuk hidangan. Tetapi ada beberapa manfaat kesehatan dari acar jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Mikroflora dalam acar yang difermentasi meningkatkan bakteri usus. Selain itu, peptida bioaktif dan fitoestrogen membantu mengatur kadar gula darah. Acar juga mengurangi kadar kolesterol, membantu mengelola gejala PMS, membantu menjaga kadar elektrolit dalam diet keto, mengurangi kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko kanker hati, kandung kemih, dan usus besar. Namun, konsumsi berlebih dapat memicu efek negatif. Oleh karena itu, konsumsi moderat dianjurkan untuk menuai manfaat maksimal.

Baca Juga :

Arti Mimpi Bertemu Mantan Pacar. Apakah Pertanda Baik Atau Buruk?

8 Hadiah Tahun Baru untuk Pacar atau Suami

Anak Mulai Pacaran? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

6 Nutrisi Yang Dapat Meningkatkan Penglihatan Kita

Penglihatan adalah salah satu indera terpenting dari tubuh