Saat seseorang mulai meninggalkan usia 20 tahunan, ada kalanya seseorang merasa sudah tua dan tidak bebas lagi. Usia kepala tiga bisa menjadi momok tersendiri bagi masing-masing orang. Tapi sebenarnya ini bukan masalah besar. Tentu kamu sudah kerap mendengar pepatah mengatakan, “Age is just a number”. Yap! Usia itu hanya angka. Kamu masih bisa menemukan kebahagiaan kapan saja, bahkan di usia kelapa 3 sekalipun. 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat hidup kamu menakjubkan dan membahagiakan di usia 30 tahunan :

  1. Belajar mencintai tubuh kamu

Generasi wanita yang lebih tua sering kali melihat foto-foto saat masih muda apalagi saat masih remaja di mana mereka memiliki tubuh yang paling prima dan mengalami masa kejayaan sebagai seorang gadis. Terlepas dari predikat “masa kejayaan” tersebut, kamu harus mulai mencintai tubuh kamu apa adanya. Terimalah tubuh kamu, cintai tubuh kamu dan rawat tubuh kamu dengan baik. 

  1. Temukan apa yang membuat jiwa kamu bahagia

Bertambahnya usia tidak akan menjamin orang menjadi lebih mengerti tentang dunia. Bahkan ketika sudah hidup 30 tahun sekalipun, masih banyak orang yang tidak tahu apa yang mereka sukai, apa yang ingin mereka lakukan, dan apa yang membuat jiwa mereka bahagia dan damai. Jika kamu belum menemukan kebahagiaan dari dalam diri kamu, maka carilah sekarang juga dan ikuti kata hati kamu. 

  1. Perubahan lingkaran pertemanan kamu

Pada saat kamu mencapai usia 30-an, kualitas pertemanan akan jauh dibutuhkan daripada kuantitasnya. Kamu tidak akan senang memiliki banyak teman tapi teman palsu. Kamu akan sangat mengapresiasi keberadaan sedikit teman, tapi sungguh-sungguh teman yang mendukung dan memperhatikan kamu dengan tulus. Jangan terkejut ketika lingkaran pertemanan kamu mengecil. Pertahankanlah orang-orang yang membuat kamu nyaman, menerima kamu apa adanya dan selalu mendukung kamu dengan tulus. 

  1. Jujurlah dengan diri kamu sendiri

Jika kamu tidak bisa jujur ​​pada diri sendiri, bagaimana kamu bisa jujur ​​kepada orang lain? Sikap jujur akan menjauhkan kamu dari stres berlebih, di mana pun kamu berada dan apa pun yang kamu lakukan. Ketika kamu tidak jujur, kamu akan terus berusaha menutupi kejujuran dan hal itu akan sangat mengganggu juga membebani kamu. Kejujuran yang pahit selalu lebih baik daripada kebohongan manis yang sementara.

  1. Temukan karier yang kamu sukai

Banyak orang yang terjebak dalam pekerjaan dan rutinitas yang tidak mereka sukai. Jangan berpikir bahwa kamu tidak punya pilihan ketika sebenarnya kamu memiliki pilihan dan kamu memiliki kekuasaan penuh atas diri kamu. Temukanlah pekerjaan yang membuat kamu semangat dan berdebar. Pepatah mengatakan “You’re wasting your time if you’re doing something you don’t like”.

  1. Bepergian

Traveling di usia 30-an? Why not?! Dengan bepergian jauh, kamu bisa melihat dunia dengan sudut pandang yang berbeda. Kamu akan melihat banyak kehidupan dan hal-hal yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Seperti kata pepatah yang menyatakan bahwa pengalaman adalah harta yang paling mahal. Jadi, mulailah mencoba untuk traveling ketika memungkinkan!

  1. Coba hentikan kebiasaan buruk

Ketika berbicara tentang kebiasaan buruk, usia 30 tahun memang saatnya kamu meninggalkan kebiasaan buruk yang kamu miliki. Ketika kamu ketagihan sesuatu, entah itu rokok, alkohol atau kamu memiliki kebiasaan buruk lain yang merugikan diri kamu sendiri, baik secara mental atau secara fisik, maka cobalah untuk berupaya menghilangkannya satu per satu secara perlahan. Tingkatkan kualitas hidup kamu mulai sekarang!

Baca Juga :

Inilah 6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merenggut Kebahagiaan Kamu dan Cara Menghentikannya

Alasan Mengapa Banyak Kaum Muda dan Remaja Merasa Tidak Bahagia

Bagaimana Cara Pasangan Suami Istri Berjuang Menjaga Pernikahan Tetap Langgeng dan Bahagia?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Lama Memakai Headphone

Dokter memiliki aturan yang disebut dengan aturan “60-60”.