Leher kaku adalah masalah umum dalam masyarakat modern. Leher kaku bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya terlalu sering membungkuk saat menggunakan smartphone.  Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah melaporkan bahwa lebih dari 17% wanita dan lebih dari 12% pria menderita sakit leher atau kaku-kaku di leher.

Berikut ini adalah beberapa tip dan latihan sederhana yang dapat membantu kamu mencegah dan meredakan nyeri yang tidak diinginkan di bagian leher :

  1. Lakukan peregangan secara rutin

Menghentikan aktivitas sehari-hari untuk melakukan peregangan sangat membantu mencegah kekakuan pada leher. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Putar bahu kamu.
  • Tekan bahu kamu berkali-kali.
  • Turunkan telinga ke setiap bahu secara perlahan.
  • Putar kepala kamu ke kiri dan ke kanan secara perlahan.
  • Letakkan tangan kamu di atas telinga dan tekan perlahan dengan jari-jari kamu, tahan dengan otot leher agar kepala tetap tegak.
  1. Kompres dingin dan/atau panas

Untuk mengurangi peradangan lokal, kompres panas atau dingin mungkin bisa membantu kamu. Kompres es bisa kamu lakukan untuk membantu melawan peradangan sedangkan kompres panas di leher dapat merangsang dan melancarkan aliran darah. Kedua pengobatan tersebut bisa sangat efektif dan kamu bebas untuk memilih mana yang paling kamu sukai. Kamu bahkan dapat melakukan kompres dingin dan panas secara bergantian.

  1. Kurangi jumlah bantal untuk tidur

Terlalu banyak bantal di tempat tidur bisa berbahaya bagi leher kamu selama tidur. Ketinggian tumpukan bantal bisa membuat leher tertekuk, yang menyebabkan rasa sakit setelah kamu bangun tidur. Kamu juga harus menghindari bantal yang sangat kaku, karena bantal yang aku tidak memungkinkan kamu untuk bergerak dengan nyaman saat tidur.

  1. Lakukan perawatan dengan pijat profesional

Jika dilakukan dengan benar, pijatan lembut di area yang nyeri dapat meregangkan otot leher dan punggung. Selain itu, pijatan profesional juga dapat mengurangi nyeri leher, meningkatkan rentang gerak kamu dan bahkan menghilangkan stres. Jadi, jika kamu membutuhkan bantuan profesional, carilah tempat pijat refleksi profesional di kota kamu dan nikmati perawatan di sana.

  1. Usahakan untuk lebih banyak bergerak

Jika kamu bekerja di kantor atau hanya menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer, ada kemungkinan kamu mengalami sakit leher. Jika kamu beranjak dari tempat duduk kamu dan berolahraga sesekali, kamu dapat membebaskan leher kamu dari posisi tidak sehat.

  1. Coba perawatan akupunktur

Teknik akupunktur telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan Tiongkok. Perawatan ini terdiri dari memasukkan jarum ke titik-titik tekanan tubuh kamu yang mengurangi ketegangan dan membantu mengatasi nyeri kronis di daerah leher. Jika kamu tertarik dengan pengobatan ini, kamu bisa mencobanya. Carilah perawatan akupunktur terpercaya di kota kamu.

  1. Tusuk pangkal lidah kamu dengan garpu

Mungkin ini terdengar agak gila, ya? Tapi tahukah kamu? Lidah kita mengandung informasi berharga tentang masalah di dalam tubuh kita, termasuk masalah leher. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, akupunktur dapat menawarkan bantuan untuk meredakan nyeri, dan ada jenis akupunktur tertentu yang dapat sangat membantu. 

Teknik ini disebut akupunktur lingual dan dapat dilakukan dengan cara menstimulasi ujung lidah kamu sebanyak 10 sampai 30 kali dengan garpu (atau jari-jari kamu). Sakit di leher kamu akan mereda dengan cepat jika kamu melakukannya dengan benar.

  1. Perbaiki postur saat menggunakan smartphone

Tips terakhir adalah hindari meletakkan ponsel kamu, atau perangkat pintar lainnya, pada posisi yang lebih rendah saat menggunakannya. Menundukkan kepala secara paksa akan memperburuk sakit leher, jadi pastikan untuk memegang ponsel sejajar dengan pandangan mata jika memungkinkan.

Baca Juga :

Inilah Alasan Mengapa Peregangan (Stretching) Adalah Latihan Penting Untuk Kesehatan

Jangan Anggap Remeh Bintik Gelap Pada Leher. Karena Ini Juga Sangat Berpengaruh untuk Kulit Kamu

6 Cara Efektif untuk Membuat Leher Kamu Terlihat Lebih Muda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Lama Memakai Headphone

Dokter memiliki aturan yang disebut dengan aturan “60-60”.