Tubuh kamu memiliki cara berbicara kepada kamu dengan mengisyaratkan berbagai tanda dan penting untuk mendengarkan dengan cermat apa yang coba dikatakan dan ditunjukkan tubuh kepada kamu. Cara untuk melakukannya adalah dengan memperhatikan tanda-tanda tubuh, misalnya seperti perubahan warna bagian tubuh atau sensasi dan keinginan yang menurut kamu tidak biasa.

Sebaiknya kamu selalu waspada dan mendengarkan sinyal tubuh kamu sendiri, tidak peduli betapa anehnya sinyal tersebut.

  1. Kaki merah muda

Produsen losion kaki sering kali menjanjikan bahwa produknya akan membuat kaki kamu menjadi lembut selembut kaki bayi. Tetapi, jika kamu memperhatikan bahwa kaki kamu benar-benar terlihat merah muda dan kulit kaki kamu tampak sangat tipis dan berkerut, ini bisa menjadi tanda bahwa ada kemungkinan masalah metabolisme, termasuk gejala penyakit diabetes. 

Apa yang harus dilakukan?

Sebaiknya, kamu melakukan tes darah untuk memeriksa kadar gula darah kamu, dan temuilah dokter ahli endokrin.

  1. Sensasi pelukan

Ada kalanya, sensasi pelukan tidak begitu menyenangkan. Jika terkadang kamu merasakan sensasi seperti ada seseorang memeluk kamu dengan sangat erat atau seperti mengikat kamu di sekitar pinggang, tubuh, atau kaki, kamu harus melakukan beberapa tes untuk menyingkirkan risiko menderita sklerosis ganda. 

Kamu mungkin juga merasakan sensasi tidak menyenangkan di lengan dan kaki kamu, bisa jadi sensasi ini membuat kamu merasa seolah-olah sedang mengenakan sarung tangan atau sepatu yang berat. Perasaan itu bisa bervariasi dari menjengkelkan hingga menjadi sangat menyakitkan, tetapi bagaimanapun, kamu harus memperhatikannya.

Sebaiknya kamu segera memeriksakan diri dan temui dokter ahli saraf.

  1. Alis menipis

Jika kamu memperhatikan bahwa alis kamu menipis, kamu harus ke dokter dan memeriksakan tiroid kamu. Ini mungkin salah satu gejala hipotiroidisme. Dokter yang harus kamu temui adalah seorang ahli endokrin.

  1. Jari kaki bengkak

Walaupun kulit kamu bersih, tidak iritasi, tidak gatal, tetapi jika jari-jari kaki kamu menyerupai sosis, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter. Gejala ini mungkin menandakan radang sendi psoriatis. Dokter yang harus kamu temui adalah dokter kulit atau ahli reumatologi.

  1. Kehilangan nafsu makan

Bagi orang yang sedang berdiet, mungkin kehilangan nafsu makan adalah sesuatu yang sanga berguna dan patut disyukuri. Tapi, ini bukan merupakan pertanda baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kamu. Jika kamu tiba-tiba kehilangan nafsu makan dan menyadari bahwa kamu kehilangan berat badan, itu mungkin gejala dari beberapa gangguan metabolisme. 

  1. Kulit gatal

Jika kamu merasa kulit kamu sering gatal-gatal, ini mungkin merupakan tanda diabetes. Tetapi sebelum kamu ke dokter, pastikan dulu apa yang menyebabkan kulit kamu gatal, apakah karena serangga, karena losion yang tidak cocok, karena sabun yang tidak cocok, atau karena hal lain. Jika alasannya tidak ditemukan secara pasti, kamu harus memeriksakan diri ke dokter. Dokter yang harus kamu temui adalah dokter ahli endokrin.

  1. Intoleransi saat berada di dalam ruang 

Jika kamu adalah salah satu orang yang selalu meminta untuk membuka jendela di transportasi umum atau di rumah dan jauh lebih mudah bagi kamu untuk bernapas di luar ruang daripada di dalam ruang, sebaiknya kamu melakukan tes jantung untuk menyingkirkan risiko gagal jantung. Selain jantung, tiroid kamu mungkin juga perlu diperiksa, karena intoleransi saat berada di dalam ruang juga merupakan gejala hipotiroidisme.

  1. Intoleransi terhadap jendela yang terbuka

Kebalikan dari intoleransi saat berada di dalam ruang, jika kamu memiliki intoleransi terhadap jendela yang terbuka, atau jika kamu merasa kedinginan bahkan di musim panas, kamu perlu memeriksakan tiroid kamu. Tubuh kamu mungkin kekurangan yodium dan ini dapat menyebabkan hipotiroidisme.

  1. Perubahan pada kuku

Jika kamu memperhatikan bahwa kuku kamu berubah bentuk dan menjadi lebih tebal dan lebar, ini mungkin menunjukkan bahwa kamu memiliki masalah jantung. Namun perlu diingat bahwa nail clubbing bukanlah penyakit tersendiri, ini hanya gejala dari proses patologis di dalam tubuh kamu yang dapat disebabkan oleh berbagai penyakit, jadi sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan lebih dini. 

Baca Juga :

4 Alasan Mengapa Kamu Perlu Tidur dengan Guling/Bantal di Antara Kaki Kamu

Hati-hati! 7 Cara Menggendong Ini Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Anak

5 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Olahraga

Tahukah kamu? Kebiasaan yang kamu lakukan sebelum berolahraga