Tahukah kamu? Tubuh orang dewasa terdiri dari 50% hingga 60% air. 

Untuk itu, kebutuhan akan cairan menjadi sangat penting untuk kesehatan kita. Tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup agar komponen-komponen tubuh bisa berfungsi dengan baik. 

Tetapi bagaimana dengan suhu air yang kita minum? 

Air hangat atau air dingin yang lebih baik bagi tubuh?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak daftar pro dan kontra, serta manfaat dan risiko meminum air hangat dan air dingin :

Air Dingin

Air dingin memang sangat menyegarkan dan enak untuk dikonsumsi, terutama saat cuaca sedang panas. Saat kita minum segelas air dingin, dan menambahkan sedikit es ke dalamnya, kita merasa seakan tubuh menjadi segar kembali. Namun, ternyata air dingin memiliki beberapa efek samping : 

  1. Air dingin dapat mengganggu pencernaan kamu

Saat kamu mengonsumsi air dingin, pembuluh darah kamu akan menyusut. Hal ini dapat menghambat kemampuan pencernaan kamu dan menyebabkan gangguan perut, seperti sakit perut, dan sembelit.

  1. Air dingin akan menguras energi kamu

Tubuh kamu menggunakan energi ekstra untuk menghangatkan air dingin yang kamu minum, agar air dingin mencapai suhu rata-rata. Jika kamu harus melakukan aktivitas berat, sebaiknya kamu tidak minum air dingin supaya kamu bisa hemat energi.

  1. Air dingin bisa memperlambat detak jantung kamu

Minum air dingin dapat menyebabkan frekuensi detak jantung kamu turun. Ini akan merangsang saraf vagus, yaitu saraf yang merupakan bagian penting dari sistem saraf otonom tubuh. Suhu air yang rendah berperan sebagai rangsangan bagi saraf vagus untuk menurunkan detak jantung.

  1. Air dingin dapat menciptakan lendir di tubuh kamu

Minum air dingin dapat memicu lendir di tubuh kamu mengembang. Sistem kekebalan kamu bisa memburuk dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti pilek. 

Air Hangat

Orang cenderung lebih menyukai air hangat untuk minum teh dan kopi. Sangat jarang orang minum air mineral atau air putih yang hangat. Padahal, air putih hangat memiliki banyak manfaat, seperti berikut ini :

  1. Air hangat dapat mendetoksifikasi tubuh kamu

Minum air hangat, terutama di pagi hari, akan membantu kamu mengeluarkan racun dalam tubuh yang bisa menjadi penyebab dari berbagai penyakit. Untuk efek yang lebih kuat, tambahkan irisan lemon ke dalam air hangat sebelum kamu meminumnya. Vitamin C dalam lemon, akan menghidupkan kembali sel-sel tubuh kamu, sementara air hangat akan mendetoksifikasi tubuh kamu.

  1. Air hangat membantu melawan rasa sakit

Air hangat terbukti bisa meredakan nyeri akibat haid dan juga meredakan sakit kepala. Air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan aliran darah. Jadi, ketika kamu mengalami kram, kamu harus minum air hangat, karena ini akan membantu otot yang kram menjadi lebih rileks.

  1. Air hangat mengurangi tingkat stres

Kamu bisa meredakan stres dengan mandi air hangat. Selain itu, ternyata minum air hangat juga bisa mengurangi stres kamu, loh. Air hangat akan membantu sistem saraf pusat berfungsi dengan baik. 

  1. Air hangat membantu menurunkan berat badan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa minum air putih dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Tapi, jika air putih yang kamu minum bersuhu hangat, efeknya akan jauh lebih besar. Air hangat akan memicu metabolisme kamu untuk aktif sepenuhnya. Air hangat mampu meningkatkan suhu tubuh, sehingga kalori lebih mudah terbakar.

Baca Juga :

5 Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Kulit

Mana yang Lebih Sehat Untuk Kamu, Air Panas Atau Air Dingin? Yuk Kita Lihat Sekarang

Pengaruh yang Ditimbulkan Oleh Air Dingin

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tidak Sampai 10 Menit, Rangkaian Olahraga Ini Akan Melatih Kaki dan Pantat Kamu

Olahraga sejatinya adalah kebutuhan setiap orang. Namun terkadang,