Musim flu selalu menyebalkan ketika datang. Bahkan di seluruh dunia, tahun ini dinyatakan merupakan tahun dimana jumlah kasus flu mencapai rekor yang tertinggi dalam satu dekade ini. Baik anak-anak maupun lansia, semua terancam pada musim ini. Karena itu, kamu harus mencari cara untuk mencegah flu ini.

Ayurveda dalah sistem eksehatan berusia ribuan tahun asal India dengan sejarah yang sangat baik. Ayurveda mengaitkan segala penyakit dari kndisi yang disebut ama; atau ibu dari segala penyakit. Ini adalah sisa dari makanan yang dicerna dengan tidak baik, disebabkan oleh berbagai kebiasaan makan buruk seperti makan terlalu banyak, makan ketika marah, makan bahan terproses, dan lain-lain. Berdasarkan Ayurveda, berikut adalah cara-carra untuk mencegah flu.

Makan sesuai dengan musimnya

Untuk mencegah flu, kamu harus makan sesuatu yang cocok dengan musim yang sedang berlangsung saat ini. Jadi, misalnya, sekarang adalah musim hujan lebat dengan cuaca yang dingin, maka mungkin kamu perlu makan yang masak dan mudah dicerna. Seperti misalnya sup, sayuran masak, nasi dengan kuah hangat dan berbagai jenis rebusan. Hindari makan sesuatu yang mentah, dingin, dan mengandung es. Makanlah salad saat musim kemarau, dan ganti smoothie dengan sup panas. Daripada minum yang beres, sebaiknya kamu mengonsumsi teh dan air panas.

Jangan makan kebanyakan

Tubuhmu tidak bisa menyimpan makanan jika melampaui kapasitasnya. Sebaiknya, anggap saja perutmu sebagai tas belanja: jika kamu memasukkan terlalu banyak makanan ke dalamnya, maka tas tersebut bisa rusak atau robek. Karena itu, jangan mengisi perutmu dengan terlalu banyak makanan. Dengarkanlah tubuhmu ketika ia mengirimkan sinyal-sinyal bahwa kamu tak lagi lapar. Makanlah pelan-pelan untuk menikmatinya dan agar lebih baik dicerna oleh tubuhmu. Ketika kamu sudah merasa kenyang, hentikan.

Jangan makan junk food yang terlalu terproses

Salah satu cara terbaik untuk mencegah flu adalah dengan menjauhi makanan yang terlalu banyak diprosees. Makanan sampah seharusnya bukan jadi makanan: seharusnya ini dianggap sebagai sampah. Berdasarkan Ayurveda, makanan yang diproses terlalu banyak tidak membuat kesehatanmu jadi makin baik. Padahal, makan kan gunanya untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu terhadap asupan gizi dan menjaganya agar tetap berfungsi?

Jadi, hindarilah makanan yang terlalu terproses seperti keripik kentang dengan banyak MSG favoritmu atau mi instan yang sudah diawetkan lama. Makanlah yang segar dan mudah dicerna oleh tubuhmu. Kamu pun bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah flu.

Makan dengan tenang

Ketika kamu makan ketika marah, sedih, atau stres, kita jadi kesulitan mencerna makanan. Selain itu, apakah kamu memperhatikan bahwa kamu jadi makan lebih banyak dan terburu-buru? Saat kamu ada dalam kondisi ini, bernapaslah dulu yang dalam, buat tubuhmu tenang, matikan segala distraksi, dan makanlah ketika ada dalam lingkungan yang tenang. Cara kamu makan sama pentingnya dengan apa yang kamu makan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Manfaat Mengejutkan dari Minum Air Panas untuk Kulit Anda

Panas atau dingin, segelas air dapat bertindak sebagai