Doxycycline adalah salah satu antibiotik yang paling populer diresepkan untuk pengobatan jerawat. Cari tahu entang seluk beluk obat ini agar dapat menambah pengetahuan Anda mengenai doxycycline untuk mengobati jerawat. Simak terus pembahasannya.

Cara menggunakan doxycycline untuk jerawat

Sekarang, sementara Anda mungkin yakin untuk membeli obat ini untuk mengobati jerawat membandel Anda, kami harus memberi tahu Anda bahwa doksisiklin bukanlah obat yang dijual bebas. Ini sebenarnya adalah obat resep dan tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul yang dapat Anda konsumsi secara oral. Jadi, untuk mendapatkan ini, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan resep dari dokter kulit Anda.

Kami tidak dapat cukup menekankan fakta bahwa sangat penting untuk menggunakan obat ini hanya di bawah pengawasan dokter kulit – karena dapat memiliki efek samping yang serius dalam penggunaan yang tidak dipantau. Seperti obat lainnya, Anda memerlukan saran dan wawasan ahli tentang cara menjalani perawatan, jadi jangan hanya mulai menggunakannya karena Anda pernah mendengarnya efektif.

Hal ini penting karena dosis dan durasi pengobatan akan bervariasi dari pasien ke pasien. Anda dapat menggunakan obat ini setidaknya selama enam hingga delapan minggu, dengan dosis biasa 50 hingga 100 miligram yang diminum sekali atau dua kali sehari. Namun perlu berkonsultasi dengan ahli sebelum beralih ke obat ini.

Efek samping yang umum dari doxycycline 

Seperti obat lain, ada kemungkinan efek samping doksisiklin juga. Beberapa hal ini merupakan efek samping paling umum dari obat berikut ini.

  • Salah satu efek samping yang paling umum dari doksisiklin adalah mulas, juga dikenal sebagai keasaman.
  • Doksisiklin juga dapat menyebabkan peradangan kerongkongan dan pada kasus yang parah, tukak lambung dan kerongkongan.
  • Efek samping lain yang mungkin terjadi adalah mual dan muntah. Seperti halnya peningkatan sensitivitas terhadap sinar matahari, jadi berhati-hatilah dalam hal perlindungan matahari saat menggunakan obat ini.

Hal-hal yang perlu diingat saat menggunakan doxycycline untuk jerawat

Karena Doxycycline dapat menyebabkan efek samping gastrointestinal, pastikan untuk minum segelas penuh air saat minum obat. Juga, jangan berbaring setidaknya selama 30 menit, jika tidak satu jam, untuk mengurangi risiko sakit maag. Ingatlah untuk meminumnya setelah makan jika Anda memiliki gastritis yang sudah ada sebelumnya.

Konsumsi suplemen probiotik selama perawatan Anda karena penggunaan antibiotik jangka panjang (termasuk doxycycline) dapat berdampak negatif pada mikrobioma usus Anda.

Anda dapat menggabungkan doxy oral dengan produk topikal yang mengandung benzoil peroksida atau retinoid untuk mencegah resistensi bakteri saat mengobati jerawat.

Meskipun butuh beberapa minggu untuk melihat hasilnya, penggunaan doksisiklin harus dibatasi hingga tiga atau empat bulan dan dihentikan sesegera mungkin. Ini adalah aturan umum untuk setiap antibiotik oral yang digunakan sebagai pengobatan jerawat – sekali lagi untuk mengurangi kemungkinan resistensi bakteri.

Tanya Jawab tentang doxycycline untuk jerawat

T. Apakah doxycycline merupakan pengobatan seumur hidup?

J. Tidak, doxycycline bukanlah pengobatan jangka panjang. Setelah Anda berhenti melakukannya, perawatan topikal harus cukup untuk mempertahankan hasil yang telah Anda capai. Jika tidak, dokter kulit Anda kemungkinan besar akan merekomendasikan pengobatan oral alternatif, seperti terapi hormonal atau obat kuat yang dikenal sebagai Isotretinoin.

T. Dapatkah doxycycline memperburuk jerawat?

J. Anda mungkin melihat jerawat tiba-tiba dan kondisi jerawat Anda memburuk ketika Anda mulai menggunakan doxycycline, namun, itu tidak perlu ditakuti. Hanya saja jerawat Anda menjadi lebih buruk sebelum mulai membaik saat Anda menggunakan obat ini. Namun, jika terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter kulit Anda.

Baca Juga :

<strong>Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Terapi Cahaya Untuk Jerawat Bag 2</strong>

<strong>Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Terapi Cahaya Untuk Jerawat Bag 1</strong>

6 Manfaat Terapi Cahaya untuk Masalah Jerawat Anda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Manfaat dan Pentingnya Rutinitas CTM

Rutinitas CTM mengacu pada proses pembersihan, pengencangan dan