Lingkar hitam pada mata tentunya sangat mengganggu karena menyebabkan penampilan menjadi kurang menarik. Wajah akan terlihat lebi kusam dan sayu. Akan tetapi bagaimana sih seseorang bisa memiliki lingkar hitam di bawah mata? Yuk cari tahu penyebab lingkar mata hitam di bawah mata dengan menyimak penjelasannya berikut ini.

Apa penyebab lingkaran hitam di bawah mata?

Meskipun ada berbagai penyebab lingkaran hitam, yang paling umum adalah kurang tidur. Hal ini membuat kulit kita tampak lebih kusam dan pucat, artinya jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit Anda lebih mudah terlihat.

Lingkar mata hitam bisa juga karena keturunan dan hasil genetika. Dikombinasikan dengan fakta bahwa seiring bertambahnya usia, kita secara alami memproduksi lebih sedikit colagen dan elastin (yang bertanggung jawab atas kekenyalan dan elastisitas kulit), itu berarti kulit di sekitar mata dapat mulai terlihat lelah, terlepas dari seberapa banyak Anda tidur.

Alasan lain untuk lingkaran hitam dan kantung di bawah mata adalah hiperpigmentasi, yang dapat disebabkan oleh kombinasi ketiganya – kurang tidur, genetika dan usia – bersama dengan faktor lingkungan lainnya, seperti kerusakan akibat sinar matahari dan merokok.

Lingkaran hitam dapat disebabkan oleh hiperpigmentasi dari kerusakan akibat sinar matahari dan muncul sebagai pigmen epidermis di sekitar area mata. Lingkar mata hitam terjadi ketika kelebihan melanin diproduksi oleh melanosit, sel pigmen, yang dipindahkan ke permukaan kulit. Ini juga dapat disebabkan oleh peradangan, stres hormonal, atau cedera kulit lainnya. Warna kulit yang lebih gelap lebih rentan terhadap hiperpigmentasi, terutama dengan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Di dunia digital yang terus berkembang, di mana kita terbiasa menatap layar laptop selama berjam-jam, lingkaran mata hitam juga menjadi lebih umum terjadi. Semakin banyak waktu yang kita habiskan di depan layar, semakin banyak kerusakan yang kita lakukan pada mata kita – seperti yang dibuktikan oleh spesialis mata. Artinya pembuluh darah di bawah mata juga semakin membesar dan menimbulkan lingkaran hitam.

Faktor makanan

Faktor makanan utama yang menyebabkan lingkaran hitam pada mata adalah kekurangan zat besi, jenis anemia yang paling umum, karena ini merupakan tanda bahwa tidak cukup oksigen yang mencapai jaringan tubuh. Ketika ini terjadi, lingkaran hitam bisa terbentuk

Lingkaran hitam di bawah mata juga bisa disebabkan oleh bayangan darah terdeoksigenasi di area mata yang halus. Area ini jauh lebih tipis dan lebih transparan, dan karena itu bayangannya bisa lebih jelas. Lingkaran hitam di bawah mata biasa terjadi selama kehamilan atau menstruasi karena alasan yang sama, terutama jika orang tersebut sudah berjuang dengan kekurangan zat besi.

Intoleransi makanan dan alergi juga dapat berdampak pada munculnya lingkaran hitam, karena menyebabkan reaksi fisik seperti peradangan di bawah mata.

Jadi, meskipun tampaknya ada daftar panjang penyebab, dengan segala sesuatu mulai dari genetika hingga kerusakan akibat sinar matahari yang berpotensi menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata, sebagian besar dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup dan perawatan di rumah.

Baca Juga :

Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Diduga Menyebabkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Cara Efektif Mengatasi Lingkaran Hitam Pada Mata Dengan Kentang

Trik Kecantikan Cepat dan Mudah Untuk Menghilang Lingkaran Hitam Di Bawah Mata

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

5 Tips Mengatasi Kulit Kepala Gatal 

Kulit kepala Anda sebenarnya lebih gatal di musim