Tidur nyenyak, tidur cukup, dan tidur yang berkualitas, adalah kebutuhan pokok bagi semua orang di dunia ini. Kita butuh istirahat panjang pada malam hari setelah lelah beraktivitas sepanjang hari. 

Tubuh butuh waktu untuk mengisi daya dengan cara istirahat. Karenanya, banyak orang berusaha keras untuk bisa tidur nyenyak. Entah itu mengatur suhu kamar, bersih diri sebelum tidur, memakai penutup mata agar tidur lebih nyenyak, membaca buku supaya mengantuk, dan sebagainya.

Meskipun tidur adalah kewajiban untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar, tetapi tidur yang berlebihan bisa berdampak sebaliknya. 

Berikut beberapa dampak buruk yang bisa terjadi saat kamu kebanyakan tidur atau tidur terlalu lama pada malam hari :

  1. Kamu akan merasa lelah sepanjang waktu

Orang kerap salah mengartikan bahwa dengan banyak tidur, maka tubuh anak lebih segar dan berenergi. Padahal, sebaliknya, kamu akan merasa lebih lelah dan enggan beraktivitas. Tentu saja hal ini dapat menghambat produktivitas harian kamu. 

Nah, durasi tidur ideal bagi usia produktif, yaitu usia 25 sampai 40 tahun, adalah 6 sampai 8 jam.  Jika tidur lebih dari itu, kamu tidak akan bisa fokus sepanjang hari. 

  1. Kamu mungkin rentan sakit kepala

Sakit kepala adalah tanda umum dari kebanyakan tidur. Mengapa orang yang kebanyakan tidur bisa sakit kepala? Hal ini bisa terjadi akibat neurotransmiter yang salah arah. Bagi yang belum tahu, neurotransmiter adalah senyawa pada otak yang mengatur komunikasi antara sel otak. Jika senyawa ini salah arah, tentu kamu akan mengalami sakit kepala.

Selain itu, jika kamu mendengkur, kemungkinan besar kamu akan terbangun dengan sakit kepala. Sebuah survei menunjukkan bahwa 60 persen pendengkur rentan terhadap mereka.

  1. Jika memiliki gangguan kesehatan atau depresi, kondisimu mungkin bisa memburuk

Bagi seseorang yang memiliki gangguan kesehatan atau depresi kronis, sebaiknya tidak tidur berlebihan atau tidur terlalu lama. Sebab, tidur terlalu banyak dapat memperburuk gangguan kesehatan atau depresi kronis. Selain itu, jika kamu cenderung sering bangun pada tengah malam, kualitas tidur akan buruk. Jika dibiarkan, kondisi jantung bisa memburuk.

  1. Kamu jadi mudah tersinggung

Alih-alih merasa bahagia dan penuh energi, jika tidur terlalu lama, kamu bisa bangun tidur dengan suasana hati yang buruk, cepat marah, dan sering murung. Perasaan lelah dengan suasana hati yang buruk akan membuat produktivitas jadi buruk juga. 

  1. Kamu bisa menua lebih cepat

Ketika terlalu banyak tidur, kamu bisa menua lebih cepat. Sebab, komunikasi antar sel bermasalah, sehingga otak dan bagian tubuh termasuk kulit, menjadi cepat menua. 

Selain itu, tidur terlalu banyak atau terlalu lama juga bisa membuat kamu mengalami masalah memori dan masalah konsentrasi. Kebiasaan tidur terlalu lama juga bisa membuat proses metabolisme  jadi lebih lambat. Pada akhirnya hal ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Bagaimana kualitas tidurmu selama ini?

Apakah kamu tidur cukup, tidur terlalu banyak, atau justru kurang tidur?

Sebaiknya, kamu mulai tidur dengan durasi yang ideal untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, ya!

Baca Juga :

Alasan Mengapa Wanita India Mengepang Rambut Sebelum Tidur

Tidur Tanpa Bantal Bisa Buat Kulit Makin Cantik? Kok Bisa?

6 Pose Yoga Ini Akan Membantu Kamu Cepat Tidur di Malam Hari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

6 Nutrisi Yang Dapat Meningkatkan Penglihatan Kita

Penglihatan adalah salah satu indera terpenting dari tubuh