Ada ribuan tips diet yang bisa kamu temukan di internet. Mulai dari diet dengan menghitung kalori, diet dengan rajin berolahraga, diet dengan puasa, sampai diet dengan hanya makan satu jenis makanan saja dalam sehari. 

Tetapi ternyata para ilmuwan memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menyikapi tips diet. Menurut mereka, kamu tidak perlu berjuang keras untuk diet. Cukup terapkan 10 kebiasaan berikut ini agar tubuh kamu tetap sehat dan langsing: 

  1. Berhenti menghitung kalori

Ilmuan percaya bahwa makanan berkualitas tinggi lebih penting daripada kalori. Sebuah studi selama 20 tahun menunjukkan, makanan olahan dan minuman manis adalah penyebab utama kenaikan berat badan. Jadi, sebenarnya bukan kalori yang harus kamu perhatikan, melainkan seberapa sehat makanan yang kamu konsumsi. 

  1. Isi setengah dari piring kamu dengan sayuran

Buah dan sayuran merupakan sumber serat, air, dan unsur mikro yang bermanfaat bagi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa jika kamu meletakkan banyak sayuran dan buah-buahan di piring kamu, kesehatan kamu meningkat. 

Terapkan hal yang sama saat kamu belanja kebutuhan rumah. Isi setengah keranjang belanja kamu dengan makanan sehat seperti buah dan sayuran segar.

  1. Kamu boleh makan apa saja dan kapan saja 

Kadang-kadang orang yang sedang diet memutuskan untuk menghindari makanan favorit dan puasa pada waktu tertentu demi menurunkan berat badan. Tapi, ada banyak orang yang tidak bisa menahannya dan pada akhirnya malah makan dengan membabi-buta.

Untuk itu, jika kamu termasuk orang yang tidak betah dengan pola diet, kamu boleh makan apa yang kamu inginkan dan kapan pun kamu mau tanpa merasa bersalah. Tapi ingat, tidak boleh berlebihan ya. Secukupnya saja. 

  1. Coba terapkan aturan “2 gigitan”

Ketika kamu sangat ingin makan sesuatu yang tidak sehat, coba tipu otak kamu dengan aturan 2 gigitan. Aturan ini mengharuskan kamu makan satu gigitan makanan favorit, kemudian minum air putih, baru kamu bisa makan satu gigitan lagi. Dengan demikian, 2 gigitan saja sudah membuat kamu puas karena sensasi kenyang akan kamu dapatkan dari air putih. 

  1. Mulailah hari kamu dengan protein

Makanan kaya protein akan mengurangi tingkat “hormon kelaparan” yaitu ghrelin. Itulah mengapa, sarapan dengan telur, dada ayam, dan greek yogurt dapat membantu kamu merasa kenyang sampai siang, daripada saat kamu makan sarapan yang tinggi karbohidrat.  

  1. Minum minuman hangat

Minuman hangat akan membantu kamu mengurangi sisa-sisa metabolisme. Teh atau segelas air hangat (idealnya 30 menit sebelum makan) dapat mempercepat pencernaan, meningkatkan produktivitas metabolisme kamu, dan meningkatkan sirkulasi darah.

  1. Jalan kaki 2 menit setiap satu jam sekali

Jika kamu harus duduk saat bekerja, cobalah untuk membuat aturan agar tubuh kamu bisa berjalan selama 1 sampai 2 menit setiap satu jam sekali. Cobalah cari alasan agar kamu bisa berjalan. Misalnya, mengunjungi departemen yang berbeda, berjalan ke lantai atas, atau keluar sebentar menghirup udara segar. Ini akan membantu kamu tetap aktif sepanjang hari.

  1. Jangan makan snack dari kemasan

Jika kamu makan snack dari kemasan aslinya, kamu akan langsung menghabiskan snack itu dalam waktu kurang dari 10 menit. Nah, untuk mencegah hal ini, cobalah letakkan camilan atau snack kamu di piring kecil, baru kamu boleh menikmatinya. Hal tersebut dilakukan agar kamu tidak makan secara berlebihan. 

  1. Pilih makanan dengan porsi besar 

Porsi besar yang dimaksud di sini bukan porsi besar berisi karbohidrat ya. Melainkan porsi besar makanan yang mengandung banyak air, seperti menu salad misalnya. Karena, semangkuk besar salad sayur dan buah jauh lebih mengenyangkan perut kamu daripada segenggam kacang. Ini adalah cara untuk menghindari makan berlebihan.

  1. Dekatkan meja kamu ke jendela

Penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari dalam jumlah besar memiliki pengaruh positif pada 2 hal. Pertama adalah kualitas tidur dan kedua adalah produktivitas kamu. Agar sehat, carilah cara untuk selalu mendapatkan sinar matahari. Seperti memindahkan meja kamu di dekat jendela, misalnya. 

Baca Juga :

8 Sayuran Terbaik Untuk Gantikan Karbohidrat Saat Diet

Ini Dia Tren Baru Diet “Eat Stop Eat”

Pil Diet: Apa yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencoba Pil Pelangsing

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cuma 3 Hari, Diet Militer Ini Bisa Melonggarkan Pakaian yang Mulai

Diet Militer adalah rencana makanan jangka pendek yang