Ketika didiagnosis diabetes, mungkin salah satu anjuran dokter untukmu adalah agar kamu serius menjaga pola makan demi kesehatan. Saat itu terjadi, kamu mungkin berpikir bahwa kamu akan selamanya makan makanan tanpa rasa, tidak boleh makan makanan manis, dan tidak bisa menikmati makanan lezat.

Padahal, sebenarnya ada banyak bahan makanan lezat yang ramah bagi penderita diabetes, loh. Beberapa di antaranya adalah lima makanan ini : 

  1. Wortel

Wortel adalah sayuran manis yang ramah bagi penderita diabetes. Meskipun manis, wortel tidak mengandung banyak gula. Wortel adalah sayuran non-tepung, seperti halnya brokoli dan selada. Penderita diabetes dapat menikmati wortel lezat nan manis tanpa perlu khawatir kadar gula dalam darahnya melonjak. 

Kamu bisa memasak wortel dengan dikukus, direbus, dimasukkan ke dalam masakan lain, atau menjadikannya jus segar yang lezat.

  1. Ubi Jalar

Jika kamu berpikir tidak akan bisa menikmati makanan manis setelah didiagnosis diabetes, maka kamu salah besar. Makanan manis yang tinggi serat seperti ubi jalar, sebenarnya justru dapat membuat kadar gula darah kamu stabil dan sehat. 

Kandungan serat dalam ubi jalar akan memperlambat proses pencernaan dan penyerapan, nah hal ini juga akan memperlambat kenaikan gula darah. Makanan yang lebih tinggi serat memiliki respons glikemik yang lebih rendah bagi tubuh. 

  1. Keju cottage

Banyak orang berasumsi, semua produk susu mengandung karbohidrat tinggi yang dapat mempengaruhi kadar gula darah. Padahal, ada juga produk keju yang rendah karbohidrat, misalnya keju cottage.

Keju cottage adalah jenis keju rendah lemak dengan protein tinggi. Karena keju ini juga rendah karbohidrat, maka keju ini cocok untuk kamu konsumsi menggantikan jenis keju lainnya. Kamu bisa menjadikannya bahan topping makanan atau menjadikannya camilan. 

  1. Stroberi

Meskipun menderita diabetes, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati buah enak. Kamu masih boleh mengonsumsi stroberi, kok! Jangan takut, stroberi tidak mengandung lebih banyak gula daripada buah lainnya. Justru, stroberi termasuk dalam daftar buah dengan jumlah gula terendah per porsinya. 

Stroberi bisa menjadi solusi makanan rendah kalori yang sempurna untuk penderita diabetes yang suka buah manis. Buah merah yang cantik ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mencegah komplikasi bagi penderita diabetes. 

  1. Yoghurt

Yoghurt adalah camilan enak yang sempurna bagi penderita diabetes. Karena, yoghurt mampu menyeimbangkan karbohidrat dan protein sehat bagi tubuh. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa yoghurt tidak baik karena mengandung banyak gula yang tersembunyi. Tetapi, ini tergantung pemilihan produk yoghurt yang kamu beli. 

Beberapa jenis yoghurt yang berasa, entah itu rasa jeruk, rasa anggur, dan lainnya, memang mengandung gula dari zat perasa. Tetapi, yoghurt original atau yoghurt plain tidak mengandung gula sebanyak yoghurt berasa. Secara alami, yoghurt mengandung karbohidrat dan protein berkualitas tinggi, sehingga menjadikannya makanan yang baik untuk memperlambat atau mencegah kenaikan gula darah yang tidak sehat. 

Itulah beberapa makanan lezat yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Meskipun aman, sebaiknya kamu tetap menjaga porsi makan kamu, ya!

Baca Juga :

Ini 5 Mitos Tentang Diabetes yang Bisa Membahayakan Pasien

9 Obat Alami yang Efektif untuk Diabetes

Ini Hal-Hal Aneh yang Bisa Meningkatkan Resikomu Terserang Diabetes Tipe Dua

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan