Rutinitas perawatan kulit ala Korea atau K-Beauty telah menjadi tren selama bertahun-tahun terakhir. Untuk mulai menjajal skincare ala K-Beauty, tidak hanya produk skincare saja yang harus dipersiapkan. Sebelum mengaplikasikan produk skincare, kamu harus paham terlebih dahulu tentang aturan perawatan kulitnya.

Nah, berikut adalah daftar rahasia aturan skincare Korea yang bisa kamu tirukan di rumah :

  1. Bersihkan Wajah Dengan Air Di Pagi Hari (Tidak Pakai Sabun)

Menurut para ahli, sabun pembersih wajah yang memiliki formula dan tekstur lembut sekalipun dirasa terlalu berlebihan jika digunakan lebih dari dua kali dalam sehari. Untuk itu, setelah bangun tidur di pagi hari, kamu hanya perlu mencuci wajah dengan air saja. Tidak usah menggunakan sabun agar kelembaban alami kulit tetap terjaga. 

Namun, akan lain ceritanya jika kamu memakai produk perawatan kulit sebelum tidur. Jika kamu mengaplikasikan produk seperti masker atau lainnya pada malam hari, maka keesokan harinya kamu harus mencuci wajah dengan sabun. 

  1. Jangan Gunakan Masker Setiap Hari

Beberapa dari kamu mungkin terobsesi dengan skincare sampai-sampai mengaplikasikan masker wajah setiap hari. Meskipun tampak efektif, sebenarnya memakai masker setiap hari bisa jadi tidak baik untuk kulit. 

Sebaiknya, kamu pakai masker dua kali dalam seminggu, tidak lebih dari itu. Satu-satunya jenis kulit yang akan tahan dengan pengaplikasian masker adalah kulit berminyak. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, maka sering memakai masker bukanlah masalah besar. Tetapi jika jenis kulitmu kering atau kombinasi, kebiasaan ini bukanlah hal baik. 

  1. Oleskan Pelembab Setelah Eksfoliasi Kulit

Pakar skincare Korea merekomendasikan untuk selalu mengoleskan pelembab kulit setelah melakukan pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi kulit. Sebab, setelah sel-sel kulit mati dihilangkan dari kulit, kamu masih harus menghidrasi kulitmu. 

Apalagi, semakin tua usia kamu, estrogen akan semakin menurun, sehingga kulitmu membutuhkan hidrasi ekstra.  Untuk merawat dan melembabkan kulit, carilah produk  skincare yang mengandung dengan madu, air mawar, dan Vitamin E.

  1. Krim Khusus Area Wajah Tertentu Sebenarnya Bisa Dipakai Untuk Seluruh Wajah 

Seorang dokter kulit Korea menjelaskan bahwa kamu tidak perlu membeli produk skincare khusus untuk area wajah tertentu. Sebab, krim khusus area wajah tertentu sebenarnya bisa diaplikasikan untuk seluruh wajahmu.  

Mengaplikasikan berbagai produk untuk setiap area wajah yang berbeda justru bisa memicu munculnya jerawat. Jadi, pilihlah satu produk yang dapat menjangkau semuanya. 

  1. Pilih Produk Anti Polusi

Di dunia modern, kamu butuh produk skincare yang dapat melawan polusi. Sebab, saat keluar rumah, kulit akan terpapar berbagai polusi dan kotoran yang bisa berbahaya bagi kesehatan kulit, terutama bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar. 

Contoh produk skincare yang mampu melawan polusi diantaranya adalah masker matcha atau masker charcoal. Jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, maka pilihlah masker almond atau susu almond.

  1. Gunakan eye cream gel sebagai primer

Ingin concealer terlihat lebih mulus dan cantik di wajahmu? Coba gunakan eye cream berbasis gel sebagai primer. Formula dalam produk ini dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata kamu. Eye cream berbasis gel juga bisa membuat kulit terlihat lebih matte saat diaplikasikan sebagai primer. 

Nah, itulah rahasia skincare ala Korea yang bisa kamu tiru di rumah. Prosedur mana yang akan kamu coba lebih dulu? 

Baca Juga :

5 Skincare Korea Dengan Banyak Manfaat yang Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

Coba Aturan Skincare 3 Detik Ala Korea Ini Untuk Kulit Sehat dan Glowing

6 Tips Skincare Ala Korea yang Akan Membuat Wajah Awet Muda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Lakukan 4 Hal Ini pada Pagi Hari Jika Ingin Kulit Tetap Sehat dan Cantik

Untuk menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan terawat,