Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Banyak orang yang menyepelekan masalah kesehatan mental dengan alasan hanya ‘stress’ dan sejenisnya. Dengan tekanan kehidupan yang semakin tinggi, banyak orang yang menderita masalah mental meski mereka tidak menyadarinya. Masalah mental yang biasa dialami adalah stress, depresi, kecemasan, dan sebagainya.

Masalah kesehatan mental seharusnya juga menjadi prioritas yang sama dengan kesehatan fisik. Bagaimanapun juga dua hal tersebut saling berkaitan. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan mental.

Bangun hubungan yang positif

Dengan semakin berkembangnya zaman, banyak orang yang merasa lebih kesepian. Perkembangan teknologi membuat orang merasa terisolasi, cemas, dan bahkan depresi. Salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan mental adalah degan membangun hubungan yang positif antara keluarga, pasangan, teman, rekan kerja, dan sebagainya. Bangun komunikasi yang baik dan juga berada disekitar orang-orang yang berpikiran positif. Dengan begitu, anda juga akan terbawa dengan atmosfir yang positif dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Banyak bersyukur

Banyak orang yang merasa tertekan, depresi, stress, atau cemas karena mempunyai pemikiran negatif tentang suatu hal. Padahal bila dipikir lagi, ada banyak hal yang patut disyukuri. Bersyukur adalah salah satu cara untuk membuang pemikiran negatif. Dengan bersyukur, anda bisa mengingat apa saja hal-hal baik yang sudah anda terima bahkan hal kecil sekalipun. Anda bisa menggunakan jurnal untuk menulis hal-hal apa saja yang disyukuri.

Olahraga teratur

Terlalu banyak bekerja memang membuat pikiran lelah dan rentan terkena masalah mental. Anda bisa mengatasi hal ini dengan olahraga teratur. Ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan endorpin yang bisa membuat mood lebih baik dan meredakan stress. Luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga agar tubuh dan pikiran tetap sehat. Bila memungkinkan, lakukan olahraga di luar ruangan karena sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D dan serotonin lebih banyak.

Lebih peduli dengan diri sendiri

Peduli dengan diri sendiri bukanlah hal yang egois. Anda tidak begitu saja menjadi egois karena peduli dengan diri sendiri. Anda bisa mulai melakukan hal-hal yang anda suka seperti hobi, jalan-jalan, meditasi, makan sehat, dan sebagainya sebagai bagian dari rasa peduli dengan diri sendiri. Alokasikan waktu dalam sehari, misalnya 1 jam, untuk melakukan hal-hal yang anda sukai. Anda juga tidak perlu melakukan semua hal untuk membuat orang lain bahagia.

Jangan ragu untuk mencari bantuan

Bila dirasa stress atau depresi yang anda rasakan sudah parah, jangan ragu untuk mencari bantuan. Anda bisa berbicara dengan orang terdekat tentang masalah yang dihadapi ataupun mencari bantuan dari profesional. Jangan merasa bila bercerita dengan orang lain atau mencari bantuan profesional adalah hal yang memalukan.

Dulu mungkin orang akan berpikir dua kali bila akan mencari bantuan profesional untuk masalah mental. Tapi zaman sudah banyak berkembang dan orang-orang dari Gen Z lebih rentan mengalami masalah mental karena tekanan hidup yang semakin berat. Jadi, jangan ragu untuk mencari bantuan bila anda merasa stress, depresi, cemas, dan sejenisnya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/kamu-mengalami-gangguan-kecemasan-di-pagi-hari-berikut-penyebab-dan-penanggulangannya-menurut-pakar-kesehatan-mental/

http://www.tampilcantik.com/tips-untuk-meningkatkan-kondisi-dan-kesehatan-mental-kamu/

http://www.tampilcantik.com/curiga-orang-tua-punya-masalah-kesehatan-mental-yang-diabaikan-ajak-ngobrol-dengan-cara-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengapa Ada Orang yang Tidak Bisa Tidur Tanpa Memeluk Sesuatu?

Apakah kamu mengenal seseorang yang tidak bisa tidur