Terkadang seseorang bingung menentukan tipe kulitnya sendiri. Jika Anda salah memilih produk perawatan kulit yang memiliki fungsi untuk merawat permasalahan kulit jenis lain, maka investasi serum akan sia-sia. Kasus seperti ini akan menjadikannya salah sasaran. 

Beruntung jika kulit Anda tidak menunjukkan reaksi berlebih terhadap bahan-bahan yang tidak cocok untuk permasalahan kulit yang dihadapi. Pada umumnya, kulit akan bereaksi dan akan muncul breakout yang tidak diinginkan. 

Untuk itu, sebelum mencoba produk perawatan sebaiknya Anda sudah mengetahui jenis kulit terlebih dahulu. Berikut adalah cara untuk mengetahui jenis kulit yang dapat dilakukan di rumah tanpa perlu pergi ke klinik kecantikan.

Cek saat wajah bebas riasan

Cara paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencari tahu apa jenis kulit yang dimiliki. Adalah bare face method, di mana Anda bisa merasakan dan mencermati kulit saat tidak ada riasan dan produk skincare yang menempel di wajah. Ikuti langkah di bawah ini untuk melakukan pengecekan bare face method dengan benar.

Langkah pertama, Anda perlu membersihkan wajah. Lakukan double cleansing agar semua kotoran dapat tersapu dari permukaan kulit. Pastikan untuk menggunakan pembersih dengan komposisi yang berbahan ringan.

Langkah kedua, keringkan wajah Anda. Jika Anda ingin cepat kering, totol atau usap dengan lembut kulit Anda menggunakan tisu atau handuk khusus muka. Sebaiknya bedakan handuk untuk penggunaan wajah dengan bagian tubuh lainnya. Anda juga bisa mengeringkan wajah secara alami tanpa menggunakan media pengering. Jadi Anda hanya perlu menunggu sampai kulit menjadi kering dengan sendirinya.

Perlu diperhatikan, Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan produk perawatan kulit apapun, termasuk toner dan pelembab sekalipun. Selanjutnya, setelah kulit kering tunggu selama 30 menit dengan tidak melakukan apapun terhadap wajah Anda. Selama rentang waktu ini Anda bisa beraktivitas seperti biasa.

Jika waktu yang ditentukan sudah berakhir, segera cek wajah Anda. Kulit normal akan terlihat ada sedikit kilauan di area dahi, hidung dan dagu. Tetapi jika terlihat kilatan di hampir semua bagian wajah, maka ada kemungkinan jika Anda memiliki tipe kulit berminyak. Sedangkan jika kulit terlihat kesat tanpa ada efek kilatan di wajah serta rasa kulit yang kencang dan tertarik maka ada kemungkinan kulit Anda memiliki tipe kering.

Photo Check

Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencari tahu jenis kulit yang dimiliki adalah menggunakan metode cek melalui foto. Cukup gunakan smartphone Anda sebagai media pengecekkan. 

Anda bisa menggunakan cara ini ketika sedang tidak sendirian alias saat melakukan ‘wefie atau selfie yang dilakukan secara bersama-sama. Anda bisa membandingkan kilauan di kulit Anda dengan kilauan kulit wajah teman-teman Anda. 

Pada umumnya, seseorang yang memiliki kulit dengan tipe berminyak, di layar ponsel akan menunjukkan kilauan dengan jelas. Jika Anda menginginkan hasil yang ‘clear, gunakanlah fitur flash. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit kering, pada umumnya akan nampak garis-garis halus saat sedang tersenyum. 

Mengetahui jenis kulit dengan photo check ini bisa saja tidak akurat karena penggunaan filter. Maka dari itu, saat Anda akan melakukan pengecekan jenis kulit dengan metode foto, sebaiknya matikan filter terlebih dahulu.

The Blotting Sheet Method

Alternatif cara lain untuk mengetahui jenis kulit Anda adalah menggunakan The Blotting Sheet Method atau yang lebih dikenal dengan Mid-day Check. Metode ini paling sering digunakan kebanyakan orang karena caranya yang mudah. Anda hanya perlu menggunakan kertas minyak atau blotting paper saat siang hari.  

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengambil selembar kertas minyak kemudian tempelkan dan tap-tap secara lembut di beberapa bagian wajah seperti di dahi, hidung, dagu dan pipi. Pastikan Anda tidak menggesek kertas minyak tersebut di kulit untuk mengurangi resiko kulit iritasi.

Terdapat berbagai warna kertas minyak untuk wajah yang tersebar di tengah masyarakat. Jika Anda menggunakan warna-warna yang mencolok seperti biru dan pink, pada umumnya kertas minyak tersebut langsung akan menunjukkan bagian-bagian yang tampak transparan setelah diaplikasikan ke wajah. Jadi, akan lebih mudah untuk mengidentifikasikan jumlah minyak di wajah Anda.

Setelah tuntas menempelkan kertas minyak di wajah, perhatikan jumlah minyak dengan melihat perubahan warna pada media tersebut. Jika kertas minyak tersebut berubah warna dan dominan menjadi transparan, maka kulit Anda memiliki tipe berminyak. Sedangkan kulit normal pada umumnya akan terdapat sedikit perubahan saja. Kulit kering pada umumnya tidak menunjukkan banyak perubahan pada kertas minyak yang digunakan.

Baca Juga :

Serba-serbi Serum yang Perlu Anda Ketahui

Aturan Penggunaan Serum Yang Baik dan Benar (Bagian 2) – end

Aturan Penggunaan Serum Yang Baik dan Benar (Bagian 1)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya