Tidak ada yang melarang seorang wanita pergi sendirian atau melakukan berbagai aktivitas sendirian, entah itu berlibur, pergi ke luar kota, atau sekedar belanja. Namun, wanita perlu waspada karena masih banyak tindak kejahatan yang menyasar perempuan di luar sana. 


Sebagai upaya perlindungan diri, kamu perlu membiasakan diri untuk melakukan langkah proteksi seperti berikut ini:

  1. Menjauh dari dinding saat berjalan 

Saat kamu berjalan sendirian, ke mana pun dan di mana pun, usahakan untuk menjauh dari dinding. Jarak yang jauh dari dinding akan memberikan tambahan waktu jika ada orang yang menghadangmu secara tiba-tiba dari sudut dinding. 

Bahkan, kamu mungkin bisa melihat penjahat lebih dulu jika kamu berjalan pada posisi yang jauh dari dinding. Ini dapat memberimu kesempatan untuk mencari bantuan atau melarikan diri. 

  1. Parkirkan mobil dengan cara dibalik

Saat memarkirkan mobil, pastikan kamu memarkirnya dengan cara terbaik, di mana bagian depan mobil kamu mengarah ke luar sehingga memungkinkan kamu untuk langsung melarikan diri atau pergi ketika ada sesuatu yang tak diinginkan terjadi. Karena, kamu tidak akan pernah tahu kapan harus menghadapi situasi yang mengharuskan kamu segera pergi. 

  1. Memilih tempat parkir yang baik

Pilihan tempat parkir sangatlah penting sebagai perlindungan diri. Tidak masalah jika harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk memilih tempat parkir. Sebaiknya kamu memilih tempat parkir yang terang. Tempat terang yang mudah dijangkau dan terbuka akan memperkecil kemungkinan seseorang menjadikanmu target kejahatan.

Hindari tempat parkir di bagian ujung, apalagi jika tempat tersebut cukup gelap dan tidak dilewati banyak orang.

  1. Periksa mobil sebelum masuk

Sebelum kamu memasuki mobil, periksa dulu sekelilingnya dari kejauhan untuk memastikan tidak ada orang yang bersembunyi di sana. Selain itu, jangan lupa untuk membungkuk dan memeriksa kolong mobil kamu. Setelah selesai memeriksa bagian luar, pastikan untuk memeriksa bagian dalamnya juga.

  1. Minta resepsionis untuk menuliskan nomor hotel 

Saat berlibur dan harus menginap di hotel, mintalah resepsionis untuk tidak menyebutkan nomor kamar kamu. Minta dia untuk menuliskan nomor kamar kamu pada selembar kertas. Karena, jika resepsionis menyebutkan nomor kamar kamu, seseorang di belakangmu mungkin bisa mendengarnya. Kamu tidak pernah tahu kapan dan di mana kamu bertemu orang jahat. Bisa jadi orang yang ada di belakangmu menjadikanmu sebagai target.

  1. Minta 2 set kunci kamar hotel

Jika kamu bepergian sendiri, pastikan untuk minta 2 set kunci kamar di meja resepsionis. Dengan cara ini, orang-orang di sekitar, bahkan resepsionis, akan mengira kamu tinggal bersama orang lain. Dengan begitu, kamu tidak akan menjadi sasaran empuk penjahat yang berkeliaran.

  1. Berdiri di samping lift, menghadap tengah

Jika ada cukup ruang di dalam lift, pastikan kamu memilih tempat untuk berdiri menghadap ke tengah. Kamu bisa berdiri di samping panel kontrol dengan membelakangi dinding samping lift. Pada posisi ini, kamu bisa melihat semua orang di dalam lift, sehingga mengurangi kemungkinan menjadi korban kejahatan. 

Hindari berdiri dengan posisi menghadap ke pintu, karena dengan posisi seperti itu kamu tidak akan tahu apa yang dilakukan orang di belakangmu.

  1. Pilih tempat duduk dengan bijak di transportasi umum 

Jika transportasi umum tidak terlalu ramai, pilihlah tempat duduk dengan bijak. Pilihlah tempat yang dekat dengan pengemudi dan pilih sisi tempat duduk yang dekat dengan lorong, jangan pilih tempat duduk di dekat jendela. 

Dengan cara ini, kamu tidak akan terpojok atau terperangkap ketika seseorang mencoba berbuat jahat atau mengganggumu. Selain itu, ketika duduk di dekat pengemudi, kamu bisa segera meminta pertolongan petugas atau pengemudi ketika ada hal tak diinginkan terjadi. 

Baca Juga :

10 Cara Melindungi Diri Dari Virus Corona

6 Cara Melindungi Diri dari Virus Corona Menurut WHO

Aplikasikan Cat Kuku Sendiri dengan Hasil Secantik di Salon

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Tanda Orang Sedang Depresi dan Bagaimana Cara Menanggapinya

Selama menjalani hidup, akan ada suatu masa ketika