Seperti layaknya jenis vitamin lainnya, vitamin E sangat bagus untuk kesehatan. Pengembangan dari vitamin E juga dapat pula dikembangkan untuk ranah medis ataupun pengobatan, beberapa contoh manfaat vitamin E bagi kesehatan diantaranya adalah:

  1. Membantu Menyeimbangkan Tingkat Hormon

Beberapa aktivitas dan metabolisme dalam tubuh manusia dikendalikan oleh hormon. Maka tidak jarang ketidak seimbangan jumlah dan kadar hormon pada tubuh akan berpengaruh pada kondisi kesehatan fisik maupun psikis seseorang. Sebagai contohnya ketika terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh, kamu akan mudah kehilangan mood, mengalami perubahan mood secara drastis, hingga terjadinya kram perut dan nyeri pada payudara seperti halnya perempuan ketika sedang mengalami sindrom pre-menstruasi (PMS). Tidak jarang banyak orang sering kali mengonsumsi buah-buahan serta sayur untuk menaikan mood. Diantara buah-buahan tersebut juga pastinya mengandung kandungan vitamin E di dalamnya. 

  1. Menjaga Ketahanan Fisik

Terdapat kesinambungan antara kesemibangan kadar hormon serta ketahanan fisik manusia. Yang dimaksud disini adalah dengan terjaganya kadar hormon dalam tubuh, tingkat stress dalam tubuh seperti stress otot saat sedang berolahraga akan berkurang. Selain itu, energi yang dihasilkan tentu bisa lebih banyak karena adanya peningkatan daya tahan dan stamina. Vitamin E dapat memperkuat dinding kapiler darah, memperlancar dan meningkatkan sirkulasi darah, serta menyehatkan sel-sel otot. Efek yang dirasakan kemudian, otot akan dalam keadaan yang prima dan mampu meningkatkan kapasitas kekuatannnya.

  1. Mengurangi Eksim dan Gatal pada Kulit

Walaupun tidak dapat mengatasi masalah kulit seperti infeksi dan reaksi alergi, namun vitamin E dapat difungsikan untuk mengurangi gatal, kondisi kulit kering, serta kulit yang mengelupas sebagai efek dari  penyakit eksim atau dermatis atopik. Vitamin E yang bersifat melembabkan dapat mengurangi reaksi gatal serta kulit kering dari gangguan tersebut. 

Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

  1. Membantu menangani kerusakan rambut

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang dapat memperlancar peredaran darah pada bagian kepala. Beberapa masalah seperti rambut rontok serta akar rambut yang tidak kuat dapat dibantu oleh vitamin E. Hal ini disebabkan oleh vitamin E yang dapat menstimulus pertumbuhan rambut serta memperkuat akar rambut. Selain itu dapat pula memperbaiki struktur folikel pada rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat dan lebih kuat.

  1. Mencegah terjadinya keriput dan masalah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada Vitamin E dipercaya dapat melindungi kulit dari paparab radikal bebas serta mengurangi dampak negatif dari paparan radiasi UV. Antioksidan ini berperan dalam pembuatan kolagen pada jaringan kulit senhingga dapat menghaluskan kulit serta menghilangkan masalah keriput serta tanda-tanda penuaan dini lainnya. Di sisi lain, vitamin E juga dapat membantu mendorong terjadinya peremajaan serta regenerasi sel pada tubuh, sehingga masalah kulit kering hingga bibir pecah-pecah dapat dihindari. 

  1. Hiperpigmentasi

Seringkali dijumpai bercak hitam yang bukan komedo pada kulit wajah. Hal ini sejatinya adalah salah satu dari berbagai berbagai macam masalah pada kulit. Bercak hitam tersebut dipicu oleh banyaknya pigmen (melanin) yang dipicu oleh hormon dan faktor eksternal lainnya. Konsumsi vitamin E dipercaya dapat mengatasi hal tersebut jika digabungkan dengan vitamin C .

  1. Memulihkan luka bakar

Vitamin E memicu perkembangan dan proses reproduksi sel jika dipadukan secara tepat dengan vitamin C serta seng. Peneliti mempercayai komposisi ini dapat mengatasi masalah luka bakar. Hal ini didasari dari kandungan antioksidan yang terdapat pada kedua vitamin tersebut. Selain itu pemanfaatan vitamin E juga dapat kita jumpai pada kandungan tabir surya yang dapat menangkal dan mencegah luka bakar akibat paparan sinar matahari yang intens. 

Baaca Juga :

5‌ ‌Cara‌ ‌Berbeda‌ ‌Untuk‌ ‌Mengaplikasikan‌ ‌Vitamin‌ ‌E‌ ‌Untuk‌ ‌Kulit‌ ‌Anda‌

Ladies, Ternyata Selama Ini Kita Salah Melakukan 7 Aktivitas Berikut

Valentine, Tapi Nggak Bisa Ketemu? Cobalah 8 Aktivitas Daring yang Super Seru Ini!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya