Bagi orang-orang yang malas atau memang tidak mampu melakukan aktivitas berat, berjalan adalah pilihan yang tepat untuk berolahraga atau sekedar mencari keringat. Tetapi, apakah berjalan benar-benar dapat dikategorikan sebagai bentuk olahraga? Kira-kira berapa kalori yang terbakar dari aktivitas berjalan vs berlari?

Ketika kamu berjalan pada intensitas yang tepat, berjalan dapat membantu memperkuat jantung kamu dan membuatnya bekerja dengan lebih efisien. Berjalan juga dapat membakar sejumlah kalori, meningkatkan fungsi pernapasan, dan meningkatkan suasana hati kamu melalui pelepasan endorfin. Tentu saja, ada perbedaan besar antara berjalan santai dan berjalan dengan intensitas tepat hingga dapat disebut sebagai salah satu bentuk olahraga.

Berjalan membakar lebih banyak kalori daripada yang kamu pikirkan

Ada banyak variabel yang terlibat dalam hal-hal seperti penurunan berat badan, peningkatan metabolisme, kecepatan, dll. Kamu dapat membakar sekitar 200 kalori jika kamu berjalan naik dan turun tanggal. Kamu akan membakar sekitar 100 kalori jika kamu berjalan sekitar 1,6 km. Jika kamu memiliki waktu luang, kamu bisa berjalan sejauh 8 – 12 km untuk membakar 500 hingga 800 kalori (hampir setara dengan berlari atau bersepeda selama satu jam).

Berjalan vs Berlari

Meski dapat dipastikan bahwa  berjalan mampu membakar kalori, berlari akan membantu kamu membakar lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Berjalan dianggap sebagai olahraga berintensitas rendah yang dapat sedikit membantumu untuk menurunkan berat badan. Tapi jika kamu ingin menurunkan banyak berat badan, kamu bisa mencoba lari karena dengan berlari kamu akan membakar lebih banyak kalori.

Seberapa banyak kalori yang kamu bakar sangat tergantung pada metabolisme tubuh kamu. Hal ini juga tergantung pada intensitas, kecepatan, jarak dan usaha kamu.

Menambahkan rute yang menanjak dalam olahraga kamu, baik itu berlari atau berjalan, dapat meningkatkan jumlah pembakaran kalori dalam tubuh. Kecepatan juga berperan dalam pembakaran kalori. Jika kamu menambah kecepatan, maka kalori yang terbakar pun akan bertambah. Rute menanjak dan peningkatan kecepatan berjalan atau berlari dapat membakar 3 – 5  kalori lebih banyak setiap menitnya.

Berlari akan membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan berjalan. Tapi hal itu hanya akan berlaku jika kamu melakukannya dalam jumlah waktu yang sama.

Apakah berjalan /berlari adalah olahraga yang tepat untuk kamu?

Jika kamu sedang tidak dalam kondisi yang fit, berjalan kaki dapat menjadi pilihan tepat.  Berjalan adalah  starter terbaik untuk memunculkan kebiasaan berolahraga. Berjalan bisa menjadi dasar untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat.  Berjalan juga dianggap sebagai salah satu latihan cardio, karena berjalan dapat meningkatkan kecepatan detak jantung kamu.

Selain bermanfaat, berjalan juga sangat mudah dilakukan. Kamu bisa melakukannya di mana saja, kamu tidak membutuhkan alat bantu atau seragam khusus dan tidak ada waktu tertentu untuk memulainya. Kamu bebas menentukan di mana dan kapan kamu ingin berjalan kaki.  Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan cepat, kamu bisa menambah intensitas atau memperlama waktu berjalan kaki. Kamu juga bisa memilih rute menanjak untuk memaksimalkan pembakaran kalori.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/tips-terbaik-untuk-membuat-hubungan-jarak-jauh-berjalan-dengan-lancar/

http://www.tampilcantik.com/4-tips-dan-trik-berjalan-dengan-menggunakan-high-heels-untuk-pemula/

http://www.tampilcantik.com/ini-waktu-makan-paling-baik-untuk-kamu-yang-ingin-menguruskan-badan-diikuti-yuk-agar-diet-terus-berjalan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Pentingnya Memeluk Anak Secara Teratur

Sudahkah kamu memeluk anak kamu hari ini? Tentu