Tanpa kita sadari, banyak kebiasaan kita sehari-hari yang mampu membuat berat badan kita diam-diam melonjak, bahkan walaupun kita tidak merasa makan terlalu banyak. Padahal jika kita mau mengubahnya, kita bisa menurunkan kalori tanpa ahrus diet aneh-aneh. Apa saja kebiasaan itu dan bagaimana kita bisa mengubahnya?

1. Minum Kopi atau Tehmu Tanpa Gula

Seubuah studi yang belum lama ini diterbitkan oleh jurnal Public Health menemukan bahwa mereka yang minum kopinya hitam begitu saja berhasil memotong konsumsi harian kalorinya hingga 69 kalori. Manfaat ini tidak bisa kamu rasakan jika kamu menambahkan krimer, gula, atau tambahan-tambahan lain di kopimu. Untuk para peminum teh, tidak menambahkan apa pun pada minumannya bisa memangkas 43 kalori setiap hari.

2. Konsumsi Lebih Banyak Serat Waktu Sarapan

Jika kamu sarapan kaya serat, kamu akan merasa lebih cepat kenyang sehingga tidak butuh makan lebih banyak. Sarapan dengan oats adalah salah satu opsi yang sangat bagus. Dalam sebiah studi yang disponsori oleh Quaker Oats, para partisipan yang sarapan dengan oatmeal ternyata mengkonsumsi 31% kalori lebih rendah pada saat makan siang.

3. Ganti Sodamu dengan Sparkling Water

Ternyata, mengurangi satu kaleng saja soda atau sebotol minuman-minuman berpemanis setiap harinya bisa mengurangi 150 kalori dalam konsumsi kita. Kadang memang susah sekali untuk melakukan hal ini karena kita terbiasa minum soda yang bersensasi segar dan menggigit di lidah. Karena itulah, kamu mungkin bisa menggantinya dengan sparkling water yang juga memiliki rasa lezat. Pada dasarnya, sparkling water adalah air berkarbonasi namun tanpa kandungan gula, kafein dan kalori soda. Jika kamu ingin rasa tambahan, kamu bisa menambahkan buah-buahan. Bahkan jika kamu menambahkan sedikit gula, sebenarnya kamu masih bisa memotong jumlah kalori karena soda mengandung kadar gula yang tinggi.

4. Makan Protein Sepanjang Hari

Mengkonsumsi makanan dan snack yang mengandung protein,s eperti pada kacang-kacangan, biji-bijian, susu kedelai, dan produk olahan sapi bisa membuatmu berhenti merasa lapar pada pertengahan sore dan akhirnya mencar-cari snack manis. Makanan-makanan berprotein bisa membuatmu lebih kenyang dibanding yang berprotein rendah.

5. Perhatikan Topping Saladmu

Mau diet dan memilih mengganti menu makanmu dengan salad? Pilihan bagus! Tapi, hati-hati ya dengan topping-nya. Kalau kamu memang hanya ingin mengkonsumsi sayur atau buah-buahan, jangan bikin siraman dari keju atau daging cincang, ya. Perhatikan juga hitungan kalorinya.

6. Beli Makan Sebelum Kamu Lapar

Jika kamu memilih layanan pesan antar tiap jam makan siang di kantor atau membeli dari warteg di dekat kantor, sebaiknya kamu membelinya sejam sebelum makan siangmu. Karena, sebuah setudi menunjukkan bahwa orang-orang yang pesan makan siang sebelum waktunya makan cenderung memesan menu dan porsi yang lebih rendah kalori. Menunggu hingga kamu benar-benar lapar untuk memutuskan mau makan apa akan meningkatkan hasratmu dan akhrinya makan kebanyakan.

7. Jangan Makan di Depan Televisi

Makan malam atau mengkonsumsi snack sambil menonton televisi sama dengan cari masalah. Kamu bukan cuma sekedar kelupaan sudah makan sebanyak apa, tapi otak kamu bahkan tidak akan menghitungnya sebagai makan sama sekali, sehingga kamu tetap lapar. Semakin mendistraksi hiburanmu, semakin parah akibatnya buat berat badanmu!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apa yang Sebenarnya Terjadi Ketika Lalat Hinggap di Makanan Kamu?

Lalat hampir selalu ada di mana-mana, mulai dari