Kamu pasti sudah pasti tahu jika tubuh manusia akan bisa alami dehidrasi jika tidak mendapatkan asupan air dalam jumlah cukup. Ternyata tak hanya tubuh saja lho, tapi kulit wajah juga demikian. Ketika kulit wajah sedang dalam kondisi dehidrasi, maka kamu bisa mendapatkan berbagai masalah lainnya. Simak artikel ini yuk!

 

Bedakan kulit kering dan kulit dehidrasi

Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit selain daripada kulit berminyak, normal hingga kombinasi. Untuk pemilik kulit kering, ini tandanya jika kulit kekurangan produksi minyak yang menjadikannya nampak kering. Kulit kering sendiri cenderung sulit untuk diatasi karena ini ada hubungannya dengan faktor genetik, usia hingga hormon.

 

Hal ini berbeda jika kamu mengalami kulit dehidrasi. Kulit yang dehidrasi adalah kulit yang kekurangan air. Kondisi kulit dehidrasi sendiri sifatnya sementara sehingga dapat diatasi dengan langkah tertentu. Penyebab terjadi kulit dehidrasi misalnya kamu kurang minum air, pemakaian sabun dengan bahan keras di kulit wajah hingga faktor cuaca.

 

Kulit pecah dan kering

Ketika kulit dehidrasi dimana kekurangan air, maka kulit akan rentan sekali mengalami masalah kulit lainnya. Untuk salah satu masalah yang paling sering terjadi yakni kulit yang pecah dan kering. Kulit seperti ini disebabkan karena paparan dari AC, terkena air terlalu panas saat mandi hingga ada di cuaca super dingin. Untuk bisa atasi kulit kering dan pecah karena dehidrasi, maka kamu dapat mencoba konsumsi air putih yang jumlahnya cukup banyak. Kamu juga bisa pakai pelembab wajah sesuai jenis kulitmu. Selama kondisi kulit sedang pecah-pecah, usahakan hindari minuman seperti teh, kopi hingga coklat dan cukup minum air putih saja.

 

Kulit memerah

Ketika kondisi kulit tidak terhidrasi, maka kulit pun akan mudah memerah. Biasanya ini terjadi saat kamu ada di bawah sinar matahari langsung di waktu cukup lama. Untuk bisa atasi hal ini, maka kamu bisa beristirahat sebentar di ruangan sejuk. Air putih tetap penting dan hindari aktivitas luar ruangan sementara. Jika memang harus keluar, maka ada baiknya untuk pakai sunblock pada wajah.

 

Kulit tidak elastis

Kondisi kulit dehidrasi akan bisa menjadikan kulit kehilangan elastisitasnya. Tandanya yakni dengan kulit yang terasa ketat dan tertarik. Kamu harus bisa memilih pembersih yang aman bagi kulit wajahmu. Hindari pemakaian pembersih dengan kandungan pewangi dan alkohol tinggi. Pemilihan kosmetik pun harus kamu batasi. Jangan lupa untuk selalu menjadikan sayur dan buah sebagai konsumsi wajib keseharianmu.

 

Kerutan halus

Kerut halus yang ada di wajah pastinya menjadi momok menakutkan untuk semua wanita. Ternyata kulit berkerut dapat terjadi ketika kondisi kulit sedang dehidrasi lho. Biasanya ini terjadi karena pemakaian sabun pembersih yang kandungannya keras sehingga mampu mengikis lapisan minyak di wajah. Menggunakan pembersih dan juga pelembab wajah yang berbahan lembut bisa menjadi solusi terbaik ketika kondisimu seperti ini. Yang jelas, kamu harus memastikan kecukupan air untuk asupan keseharianmu. Jika tubuh terhidrasi, maka kulit pun akan bisa terhidrasi dengan baik.

 

Baca Juga :

Masalah Kulit Kering Memang Bikin Bete! Yuk Pelajari Cara Perawatan Yang Aman

Stop Sekarang! Ini Tandanya Kosmetik Tidak Cocok Dikulit Wajahmu

Wajib Tau! Hindari Kandungan Berikut Jika Kulitmu Sensitif Dan Mudah Kemerahan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Perbedaan Whitehead Dan Milia Serta Cara Penanganannya

Untuk wanita, kulit merupakan sebuah investasi sehingga tak