Serum merupakan salah satu skincare yang banyak digunakan untuk melembabkan dan menutrisi kulit wajah. Terdapat beraneka ragam serum dengan bahan-bahan dan kegunaan yang tentunya berbeda-beda.

Banyak serum yang memiliki manfaat untuk menghidrasi dan melembabkan kulit tapi tahukan Anda jika serum dan pelembab merupakan hal yang berbeda? Selain itu, terdapat beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh orang-orang. Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui apakah Anda salah satu di antaranya atau tidak.

1. Tidak menggunakan pelembab

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa serum dan pelembab merupakan produk yang berbeda. Walaupun keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu sebagai pelembab namun mereka memiliki target yang berbeda.

Serum bekerja di lapisan kulit yang dalam sehingga ia menghidrasi kulit dari dalam. Berbeda dengan moisturizer atau pelembab, ia memberikan kelembaban dan perlindungan pada kulit bagian luar. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan moisturizer ya supaya kulit dapat terjaga kelembabannya dengan baik.

2. Salah urutan penggunaan

Saat melakukan rangkaian perawatan kulit, pastikan bahwa Anda sudah menjalankannya sesuai dengan urutan yang ada. Jika Anda menggunakan layering serum maka gunakanlah serum yang berwujud tidak kental. Urutan penggunaan skincare yang benar adalah dari skincare yang cair ke skincare yang teksturnya lebih padat. 

3. Takaran produk tidak sesuai

Serum yang Anda gunakan memiliki resiko tidak dapat bekerja dengan baik untuk memberikan perawatan dan peremajaan kulit. Hal ini dikarenakan Anda menggunakan takaran produk yang tidak sesuai. Serum yang memiliki konsentrasi tinggi memiliki risiko untuk kulit wajah jika digunakan secara berlebihan. 

Tidak perlu berlebihan menggunakan serum demi mendapatkan hasil yang lebih cepat. Banyaknya jumlah serum yang Anda gunakan, tidak lantas membuat hasilnya jadi lebih cepat atau lebih baik. Justru penggunaan takaran produk yang berlebihkan dapat menyebabkan breakout karena nutrisi yang diserap kulit jumlahnya tidak normal. Oleh karenanya selalu perhatikan takaran penggunaan serum sebelum menggunakannya.

4. Penggunaan tidak rutin

Serum merupakan salah satu jenis skincare yang perlu digunakan secara kontinu. Hal ini dikarenakan penggunaan serum dapat membantu untuk menutrisi kulit wajah. Jadi, jika Anda mengaplikasikan serum hanya sesuai mood dan tidak dilakukan secara berkelanjutan maka manfaat yang didapatkan pun tidak optimal. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan serum selama dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari. 

5. Keliru Memilih Serum

Perlu diketahui jika setiap serum memiliki goals dan penyembuhan permasalahan kulit yang berbeda. Oleh karena itu Anda harus menentukan serum sesuai dengan jenis kulit, permasalahan kulit serta bahan-bahan yang terkandng di dalamnya. Jika tidak ingin salah pilih serum, sebaiknya Anda melakukan patch test terlebih dahulu.

6. Tidak Menepuk-nepuk Kulit Wajah Setelah Menggunakan Serum

Menepuk-nepuk kulit wajah secara lembut setelah menggunakan serum dapat membantu penyerapannya lebih maksimal. Hal ini juga kerap dilakukan oleh para wanita di Korea ketika menggunakan serum. Jangan lupa untuk menggosokkan tangan sebelum menepukkannya ke kulit wajah agar penyerapan serum makin maksimal.

Baca Juga :

Serba-serbi Serum yang Perlu Anda Ketahui

Aturan Penggunaan Serum Yang Baik dan Benar (Bagian 2) – end

Aturan Penggunaan Serum Yang Baik dan Benar (Bagian 1)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya