Menggunakan skincare berlapis atau layering skincare sekarang sudah tidak asing lagi. Meskipun ribet namun ternyata tidak cukup satu langkah saja untuk perawatan wajah dan tubuh. Beberapa orang bahkan ada yang menggunakan hingga lebih dari lima langkah skincare untuk satu kali perawatan.

Salah satu langkah skincare yang tidak boleh dilewatkan adalah serum. Serum ini mempunyai manfaat besar untuk kulit. Biasanya serum ini hanya terkonsentrasi untuk satu atau dua manfaat saja misalnya serum untuk melembabkan, mencerahkan, anti-aging, dan sebagainya. Meskipun penggunaan serum ini sangat penting, namun ternyata masih banyak yang melakukan kesalahan ketika menggunakannya. Apakah kamu juga menggunakan serum namun belum merasakan manfaatnya? Mungkin saja cara penggunaannya masih salah. Yuk simak aturan penggunaan serum berikut ini. 

Pilih Sesuai Kebutuhan Kulit

Seperti yang sudah dijelaskan, serum terdiri dari banyak jenis. Ada serum untuk melembabkan, mencerahkan wajah, mengurangi kerutan, anti-aging, dan sebagainya. Namun sangat jarang ada serum yang all-in-one atau semua bisa. Sehingga ketika kamu ingin manfaat yang berbeda, kamu perlu menggunakan serum yang berbeda-beda. Beberapa orang ada yang menggunaan dua atau tiga jenis serum yang berbeda untuk satu kali perawatan. Kamu tidak perlu melakukan hal yang sama namun pastikan untuk memilih serum yang dibutuhkan oleh kulit. Misalnya untuk mencerahkan, kamu bisa memilih serum dengan kandungan vitamin C

Pastikan Wajah Bersih

Kesalahan terbesar ketika menggunakan serum adalah tidak membersihkan wajah. Serum tidak bisa bekerja dengan baik pada wajah yang kotor karena kotoran ataupun sisa makeup. Bila perlu lakukan double cleansing, yaitu dengan menggunakan cleansing oil atau cleansing water kemudian dilanjut dengan facial wash atau sabun muka. Membersihkan dua langkah ini untuk memastikan bila wajah benar-benar bersih. Selain wajah, pastikan tangan juga dalam keadaan bersih sebelum menggunakan skincare apapun termasuk toner dan serum. Hindari juga memegang benda-benda seperti handphone atau komputer selama menggunakan skincare karena akan menyebabkan kontaminasi bakteri. 

Pakai Ketika Wajah Lembab

Selain bersih, serum juga bekerja dengan baik pada wajah yang lembab. Setelah mencuci muka, kamu bisa menggunakan toner. Toner berfungsi untuk mengembalikan kelembaban wajah setelah dibersihkan. Toner juga berfungsi untuk mempersiapkan kulit wajah agar serum bisa meresap dengan baik. Memakai toner juga membantu mengembalikan pH wajah setelah menggunakan cleanser. Percaya atau tidak bila serum bisa menyerap 10 kali lebih baik pada wajah yang lembab. 

Gunakan Sesuai Takaran

Berbeda dengan produk kecantikan yang lain, serum merupakan produk skincare yang terdiri dari bahan aktif dengan konsentrasi besar. Artinya setiap tetes serum ini terdiri dari bahan-bahan dengan formulasi khusus untuk perawatan kulit. Kesalahan sebagian besar orang adalah menggunakan serum dalam jumlah banyak dengan harapan manfaatnya bisa lebih banyak juga. Ingat serum mengandunh bahan aktif yang terkonsentrasi sehingga pemakaiannya secukupnya saja. Biasanya penggunaan serum cukup 2-3 tetes saja untuk pipi, dahi, dan bagian wajah yang lain. Menggunakan serum terlalu banyak bisa menyebabkan breakout dan bahkan menghambat proses penyerapannya. 

Itulah beberapa cara pakai serum yang baik dan benar. Masih ada lagi beberapa tahapan penggunaan serum agar didapatkan hasil maksimal. Simak bagian dua yuk.

Baca Juga :

REVIEW: Vaseline Superfood Skin Serum

REVIEW: Some By Mi Snail TrueCica Miracle Repair Serum

Nggak Usah Bingung Lagi, Ini Perbedaan Essence, Ampoule Dan Serum

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Perhatikan, Ini 5 Kesalahan Perawatan Rambut yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

Banyak orang yang menganggap perawatan rambut sebagai hal