Jika membaca berbagai tips menurunkan berat badan, kamu pasti banyak menemukan tips yang mengatakan bahwa seseorang harus menjaga pola makan sehat, termasuk makan buah dan sayuran.

Mengapa harus makan sayuran? Karena kebanyakan sayuran mengandung serat yang baik bagi sistem pencernaan. Nah, sistem pencernaan yang baik menjadi salah satu kunci 

Bagi kamu yang mencari sayuran tepat untuk diet, berikut adalah daftar jenis sayuran rendah karbohidrat yang patut dicoba :

  1. Mentimun

Setiap 100 gram mentimun hanya mengandung 2,16 gram karbohidrat, loh. Karena itu, mentimun masuk dalam rekomendasi sayuran rendah karbohidrat. Kamu bisa memakan mentimun secara langsung sebagai lalapan, menyantapnya untuk tambahan salad, atau bisa juga ditambahkan dalam minuman buah segar. 

  1. Jamur putih

Dalam setiap 100 gram jamur putih hanya terdapat 3,26 gram karbohidrat. Untuk itu, jamur putih bisa menjadi pilihan bahan sayuran yang bisa kamu masak saat diet. Jamur bisa diolah menjadi apa saja yang kamu suka, bisa digoreng, direbus, dikukus, dan lainnya. Bahkan, karena mengandung protein, jamur sering dijadikan sebagai pengganti daging oleh orang yang bergaya hidup vegan atau vegetarian. 

  1. Bayam

Sayuran yang terkenal kaya akan zat besi ini hanya mengandung 3,63 gram karbohidrat di setiap 100 gramnya, loh. Jadi, kamu bisa mengonsumsi bayam untuk makanan sehari-hari selama diet. Kamu boleh mengolahnya menjadi sup, menjadikannya sayuran untuk salad, atau membuat jus.  

  1. Brokoli

Dalam setiap 100 gram brokoli mentah, terkandung 4 gram karbohidrat. Tentu jumlah ini masih tergolong rendah, sehingga brokoli aman dikonsumsi saat diet. Kamu bisa mengukus brokoli, merebusnya, atau menumisnya. Selain itu, brokoli juga bisa dibuat jus dengan mencampurkan dengan sayuran lainnya. 

  1. Radicchio atau kubis ungu

Radicchio atau kubis ungu yang biasa digunakan untuk membuat salad, ternyata hanya memiliki 4,48 gram karbohidrat di setiap 100 gramnya. Karena warnanya yang cantik, kubis ungu biasa dijadikan bahan utama membuat salad. Selain dijadikan salad, kubis ini juga nikmat jika ditumis atau dikukus dengan sayuran lainnya. Bahkan, kamu juga bisa memanggang kubis ungu untuk dijadikan makanan sampingan.

  1. Tomat

Setiap 100 gram tomat hanya mengandung 2,69 karbohidrat saja, cukup kecil bukan? Nah, karena itu, kamu bisa mengonsumsi tomat saat diet. Tomat bisa dimakan langsung sebagai camilan, dijadikan lalapan, dimasak menjadi sup, atau bisa juga dibuat jus yang menyegarkan. Selain itu, tomat juga dapat dikonsumsi sebagai isian sandwich, burger, dan lainnya.

  1. Kembang kol

Sama seperti brokoli, kembang kol juga mengandung karbohidrat rendah. Dalam setiap 100 gram kembang kol, hanya terdapat 2,97 gram karbohidrat saja. Jadi, selama diet, kamu boleh mengonsumsi kembang kol, baik itu dipanggang, dijadikan sup, ditumis, dan lainnya. 

  1. Lobak

Dalam setiap 100 gram lobak, hanya terdapat 3,4 gram karbohidrat. Jumlah ini masih tergolong rendah, sehingga kamu bisa mengonsumsi lobak saat ingin menurunkan berat badan. Meskipun jarang dimakan oleh orang Indonesia, sebenarnya lobak cukup bergizi dan lezat, loh. 

Kamu bisa memakan irisan lobak sebagai salad, atau bahkan memakannya langsung layaknya camilan. Tak hanya itu, lobak juga bisa dimasak seperti sayur lainnya, misalnya kamu bisa membuat sup lobak atau menumisnya.

Nah, itulah rekomendasi sayuran rendah karbohidrat yang cocok dikonsumsi saat diet. Sayur mana yang paling kamu suka?

Baca Juga :

8 Sayuran Terbaik Untuk Gantikan Karbohidrat Saat Diet

Jenis Sayur Yang Dapat Menjadi Pilihan Untuk Camilan Saat Diet

Ragam Pilihan Sayuran Untuk Variasi Menu Jus Dietmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya