Kondisi kulit pria yang berbeda dengan wanita membuat pria juga membutuhkan skincare yang berbeda. Meski ada banyak pria yang menggunakan produk kecantikan wanita namun hasilnya tidak semaksimal bila menggunakan produk skincare khusus pria. Hal ini karena skincare pria memang sudah diformulasikan khusus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit pria. 

Sayangnya, banyak yang cenderung asal-asalan dalam penggunaan skincare, padahal dengan urutan pemakaian skincare yang tepat hasil perawatannya juga akan maksimal lho. Lalu, bagaimana urutan pemakaian skincare yang tepat untuk pria?

Cleanser / Facial Wash 

Cleanser adalah skincare dasar yang wajib dimiliki oleh pria. Dengan kondisi kulit yang lebih berminyak dan rentan penumpukan kotoran, cleanser untuk pria harus ampuh mengurangi minyak dan kotoran pada kulit. Namun disaat yang sama cleanser tidak menyebabkan kulit terasa kering dan tertarik. Cleanser berguna untuk mengurangi minyak berlebih, kotoran, hingga sisa makeup pada wajah. Selain itu, cleanser ini juga mempersiapkan kulit sebelum langkah skincare selanjutnya dengan menjaga kelembaban wajah. 

Toner

Setelah wajah bersih, saatnya menggunakan toner untuk menenangkan kulit serta mengembalikan pH nya. Walaupun sepele, namun keberadaan toner memiliki beragam manfaat untuk kulit. Selain mengembalikan pH, toner juga membantu menutrisi dan melembabkan kulit, sehingga jangan lewatkan penggunaan toner ini.

Serum

Setelah cleanser dan toner, langkah skincare selanjutnya adalah serum. serum membantu menjaga kelembaban wajah setelah menggunakan cleanser. Selain itu, serum juga bisa digunakan untuk menjaga kondisi wajah setelah bercukur. 

Serum memiliki konsentrasi bahan aktif tertinggi yang dapat membantu mengatasi masalah kulit. Inilah yang mmebuat serum menjadi kunci suksesnya rangkaian skincare yang telah dilakukan. Jadi, hindari skip penggunaan serum ya.

Penggunaan serum harus dilakukan dengan memperhatikan masalah kulit, misal jika kamu ingin mencerahkan wajahmu yang kusam, maka pilih serum yang memiliki kandungan vitamin C, namun jika kulitmu cenderung memiliki keriput, maka pilih serum dengan kandungan kompleks peptide. Sesuaikan penggunaan serum dengan kebutuhan kulit ya.

Pelembab/Moisturizer

Sesuai Namanya, pelembab tentu saja berguna untuk melembabkan kulit. Selain itu, dengan penggunaan pelembab secara rutin, kulit wajah juga akan terlindung dari kotoran yang berpotensi menyumbat pori wajah.

Bagi pemilik wajah yang cenderung berminyak, aplikasikan pelembab sedikit saja secara merata, karena ia berpotensi akan memperburuk kondisi wajah jika diaplikasikan berlebihan. Namun bagi pemilik kulit kering, aplikasikan hingga wajah benar-benar terhidrasi dan cukup lembab saat disentuh.

Eye Cream

Seringkali pria lupa menggunakan eye cream, padahal area kulit bagian mata cenderung sensitif da beresiko muncul kerutan dan garis halus. Untuk mengatasi masalah ini, gunakan eye cream secara rutin untuk memperlambat penuaan dan membantu mencerahkan area kulit bagian mata.

Sunscreen

Jika kamu berpikir sunscreen hanya perlu diaplikasikan saat ke pantai nampaknya salah besar, karena kamu akan beresiko mengalami kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Salah satu masalah yang seringkali muncul akibat paparan sinar matahari adalah penuaan dini dan flek wajah. Gamau kan masalah ulit ini muncul? Jangan skip sunscreen ya.

Baca Juga :

Tips Memilih Skincare yang Cocok untuk Pria

Skincare Wajib Untuk Pria. Sudahkah Kamu Punya?

3 Alasan Sudah Rajin Skincare-an tapi Wajah Tetap Kusam. Nomor 1 Wajib Sabar

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya