Serum merupakan salah satu produk skincare yang keberadaannya sedang digemari oleh masyarakat. Kadang serum juga disebut sebagai ramuan ajaib yang dapat mengatasi banyak permasalahan kulit. Di tengah kepopulerannya ini ternyata serum juga memiliki mitos yang beredar di antara pengguna skincare. Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui detailnya!

  1. Kandungan serum terlalu kuat untuk kulit

Serum memang diformulasikan dengan tingkat konsentrasi yang tinggi. Hal ini menyebabkan wujud dari serum pada umumnya akan lebih kental daripada air atau toner. Tetapi hal ini tidak mengindahkan mitos yang menyebutkan kandungan serum terlalu kuat untuk kulit.

Kandungan dalam serum tidak bisa dipukul sama rata untuk semua jenis kulit. Jadi, tergantung pada apakah kulit Anda kering dan sensitif atau berminyak, Anda dapat memilih serum yang sesuai untuk Anda. 

Jika Anda memahami kulit Anda, lakukan test patch dan ketahui bagaimana reaksi kulit. Dengan cara ini Anda akan menemukan serum wajah yang tidak terlalu kuat, tetapi cocok untuk Anda. Jadi, jika Anda setuju dengan mitos ini, bisa jadi Anda belum menemukan serum yang kandungannya cocok untuk kulit Anda.

  1. Masih muda jangan gunakan serum

Faktanya, merawat kulit adalah kegiatan yang tidak melihat umur. Kesehatan kulit juga harus dijaga seperti saat kita menjaga kesehatan tubuh kita. Jadi, tidak ada kata “terlalu dini” untuk mulai merawat kulit Anda. 

Memang benar jika serum memiliki bahan yang dapat membalikkan penuaan dan kerusakan kulit, tetapi juga dapat bertindak sebagai tindakan pencegahan yang baik. Segera setelah Anda menyadari pelembab Anda tidak cukup atau Anda merasa ingin merawat kulit Anda dengan lebih baik, tambahkan serum berbasis air yang diisi dengan kekuatan tumbuhan ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda.

  1. Penggunaan serum tiap hari itu tidak baik

Faktanya, kebanyakan serum yang beredar di tengah masyarakat dapat digunakan dua kali sehari pada pagi hari dan juga malam hari sebelum tidur. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa serum yang penggunaannya tidak dapat diaplikasikan ke wajah setiap hari seperti serum exfoliasi.

Intinya, Anda harus mengetahui tujuan penggunaan serum. Setiap serum memiliki kandungan yang berbeda-beda untuk fungsi yang berbeda pula. Beberapa serum harus dihindari pada siang hari sementara beberapa bekerja secara maksimal saat matahari bersinar.

Ada baiknya untuk membiasakan diri untuk baca semua petunjuk sebelum memasukkan serum apapun ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda. Jadi, Anda tidak bisa memukul rata mengenai serum tidak baik digunakan setiap hari karena semuanya bergantung pada jenis dan fungsi serum.

  1. Serum hanya buang-buang uang saja

Ada mitos yang mengatakan jika membeli serum hanya berujung buang-buang uang karena serum tidak ada fungsinya sama sekali. Mungkin orang yang berkata dan menyebarkan rumor ini adalah orang yang belum menemukan serum yang cocok untuk kulit.

Sebelum Anda merasa sia-sia untuk purchase serum, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu jenis tipe kulit serta permasalahan kulit yang Anda alami. Kemudian, Anda bisa mencari serum dengan bahan aktif yang mampu menyelesaikan masalah kulit Anda.

Baca Juga :

Serba-serbi Serum yang Perlu Anda Ketahui

Aturan Penggunaan Serum Yang Baik dan Benar (Bagian 2) – end

Aturan Penggunaan Serum Yang Baik dan Benar (Bagian 1)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya