Salah satu cara paling populer untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi karbohidrat. Nasi, adalah sumber karbohidrat favorit masyarakat Indonesia. Tidak heran, banyak masyarakat yang masih merasa belum makan jika belum menyantap nasi.

Padahal, sebenarnya ada banyak sekali jenis sayuran yang bisa dijadikan sebagai pengganti karbohidrat (terutama mengganti nasi). Beberapa sayuran yang bisa jadi alternatif yang lebih sehat antara lain adalah ubi, kacang polong, jagung, wortel, dan kentang.

Kabar baiknya, masih ada sejumlah sayuran lain yang sangat baik untuk dijadikan alternatif untuk gantikan karbohidrat harian kamu saat sedang diet. Berikut daftarnya: 

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau adalah sumber magnesium dan kalsium yang luar biasa. Ini adalah jenis sayuran rendah karbohidrat, yang bahkan ramah untuk jenis diet keto. Satu cangkir kacang hijau segar mengandung 7 gram karbohidrat, yang sangat sesuai dengan kebutuhan kamu. Kreasikan kacang hijau sesuai selera dan nikmati sebagai pengganti nasi. Dijamin kamu akan tetap kenyang, dan pastinya lebih sehat.

  1. Bunga Kol

Salah satu sayuran utama yang terkandung di dalam masakan sup ini adalah sumber karbohidrat yang sehat, loh. Kamu bisa menjadikan bunga kol sebagai pengganti nasi dan roti. Bahkan bunga kol juga ramah untuk diet keto. Satu cangkir bunga kol hanya mengandung setidaknya 5 gram karbohidrat saja. Cukup rendah, bukan?

  1. Selada Air

Makanan bergizi yang satu ini memiliki rasa unik yang terkadang terasa sedikit pedas. Salad pun jadi terasa lebih kaya saat dibuat dengan sayur ini. Selain itu, selada air juga mengandung kurang dari setengah gram karbohidrat per cangkir, jadi kamu bisa mengonsumsinya tanpa khawatir tentang perhitungan kalori.

  1. Brokoli

Brokoli adalah sumber serat, vitamin K, dan vitamin C yang luar biasa efeknya bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, brokoli juga mengandung protein yang cukup tinggi, dengan kandungan hampir 3 gram per cangkir. Menakjubkan, bukan? Kdar karbohidratnya pun cukup rendah, yaitu hanya sebesar 6 gram saja dalam satu takaran cangkir. 

  1. Kubis

Sayuran yang dapat dengan mudah di temukan di berbagai wilayah Indonesia ini sangat cocok dijadikan pengganti karbohidrat. Pasalnya, kubis menawarkan kerenyahan yang sangat menyegarkan untuk hidangan apa pun. Selain mengandung karbohidrat, sayur yang satu ini juga kaya akan sarat, antioksidan dan vitamin seperti beta-karoten dan vitamin C. Satu cangkir kubis pun hanya mengandung 5 gram karbohidrat. Tidak ada alasan untuk tidak mencoba kubis sebagai pengganti karbo harian kamu!

  1. Terong

Sayuran berwarna ungu yang cantik ini benar-benar cocok bagi kamu yang sedang diet. Satu cangkir terong mengandung < 5 gram karbohidrat. Selain itu, terong juga mengandung banyak nutrisi seperti mangan, kalium, dan serat. Kamu bisa memasak berbagai menu makanan dengan terong. Rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut, tidak akan membuat kamu bosan selama diet. 

  1. Bayam

Makanan favorit tokoh kartun bernama Popye ini adalah sayuran hijau serbaguna yang akan membantu kamu tetap kenyang dan ternutrisi selama diet. Kamu bisa membuat salad, membuat sup, bahkan sekedar merebusnya untuk dimakan secara langsung. Kamu pun bisa mencampur bayam ke dalam jus. 

Hal yang paling menakjubkan adalah bayam hanya mengandung 1 gram karbohidrat per cangkir! Padahal nutrisi yang terkandung di dalamnya bukan main-main. Terdapat karotenoid, vitamin C, vitamin K, asam folat, zat besi, dan kalsium yang terkandung di dalam bayam. 

  1. Jamur

Sama seperti bayam, Jamur juga bisa kamu kreasikan untuk hidangan apa saja. Mulai dari sup, bakso, sampai pizza! Satu cangkir jamur hanya mengandung 3 gram karbohidrat loh! Sangat rendah bukan? Selain enak, jamur juga sangat bergizi karena kaya akan vitamin B, selenium, kalium, tembaga, serat, dan protein. Semua nutrisi itu akan sangat kamu perlukan saat sedang berusaha menurunkan berat badan.

Baca Juga :

Ini Dia Tren Baru Diet “Eat Stop Eat”

Pil Diet: Apa yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencoba Pil Pelangsing

7 Makan Siang Lezat yang Cocok Untuk Diet

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Temukan Keberuntungan Kamu Berdasarkan Tanda Zodiak

Astrologi dapat membantu kamu menemukan hampir semua hal,