Sadarkah kamu? Banyak sekali orang yang terjebak dalam lingkaran setandan selalu melakukan kesalahan yang sama. Orang dengan mudah jatuh ke dalam perangkap, dan berakhir melakukan hal bodoh di dalam hidupnya. Seakan-akan dia belum mendapat pelajaran dari pengalaman sebelumnya.

Apakah kamu juga pernah merasakan hal tersebut? 

Nah, jika kamu berulang kali terjebak di dalam kesalahan yang sama, atau sering merugikan diri sendiri karena kesalahan berulang tersebut, simak 7 hal berikut untuk memastikan agar kamu hidup dengan lebih tenang dan lebih mudah: 

  1. Belajar mengambil tanggung jawab

Kamu adalah orang yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi dalam hidupmu. Hentikan kebiasaan kamu untuk menyalahkan orang lain. Semua pilihan yang kamu ambil, baik itu terpengaruh orang lain atau tidak, pada akhirnya adalah keputusan yang kamu buat sendiri. Beranilah untuk bertanggung jawab atas hidup kamu…sepenuhnya. 

Jika kamu berani memilih, jika kamu berani berbuat, maka kamu harus bertanggung jawab, apa pun risiko yang menghadang di masa depan.

  1. Cobalah untuk menerima keadaan

Kamu tidak bisa memaksa orang lain untuk hidup seperti apa yang kamu inginkan. Kamu juga tidak bisa mengubah keadaan dunia secara instan. Setiap orang dan setiap situasi bisa berubah di luar kendalimu. Satu hal yang perlu kamu lakukan adalah mencoba menerima. 

Hal yang terpenting bukan untuk mengubah orang atau situasi, melainkan bagaimana cara amu menghadapi dan menerimanya. 

  1. Jangan pikirkan waktu yang sudah lewat

Jika kamu belum menemukan mesin pembalik waktu, jangan buang waktu dan tenaga kamu untuk memikirkan hal-hal yang lalu. Biarkan dan tinggalkan kenangan masa lalu kamu. Sadarilah bahwa kamu tidak bisa memutarbalikkan waktu. Apa yang sudah terjadi tidak perlu kamu pikirkan lagi. Hal yang penting adalah apa yang ada di hadapanmu sekarang. Hiduplah untuk hari ini.

  1. Jadilah orang yang kuat

Menjadi kuat dalam hal ini bukan kekuatan secara fisik untuk mengangkat beban puluhan kilo di tempat gym. Menjadi kuat dalam hal ini adalah memastikan bahwa kamu cukup kuat untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Setidaknya, setiap orang harus mempunyai kesempatan untuk membantu orang lain. 

Tapi ingat, membantu orang lain tidak berarti kamu melalaikan prioritas untuk mengurus diri kamu sendiri, ya! Ditambah lagi, jangan sampai kamu justru dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

  1. Pikirkan risiko dari pilihan hidup kamu

Setiap pilihan yang kita buat setiap hari dapat mengubah jalan hidup kita sendiri dan juga orang di sekitar kita. Sadar tidak sadar, memang begitulah realitasnya. Bayangkan hidup adalah permainan catur, dan cobalah meramalkan konsekuensi dari tindakan kamu. 

Tidak ada manusia yang selalu benar. Ada kalanya orang berbuat salah. Tapi, apa pun pilihan yang kamu ambil, kamu perlu melihat risikonya dan kamu harus menghadapi risiko tersebut. Seperti kata pepatah yang sudah dibahas di bagian awal, “Berani berbuat, harus berani bertanggung jawab”.

  1. Jadilah orang yang berani

Perasaan paling menakjubkan dalam hidup bukanlah cinta, melainkan sebuah keberanian untuk bersikap. Tentu saja, keberanian harus ditunjukkan ketika kamu memang membela kebenaran. Misalnya, kamu harus berani menegur orang yang jelas-jelas melakukan pelanggaran di jalan raya, seperti merokok di jalan, misalnya. Atau di masa pandemi seperti ini, kamu boleh menegur orang yang masih berkerumun, tidak menjaga jarak, apalagi tidak memakai masker! 

  1. Jangan menunda!

Kamu tidak akan tahu kapan kamu akan menghembuskan nafas terakhir. Bisa saja lima detik dari sekarang, kamu sudah tidak bisa bernafas lagi. Bisa saja, esok hari kamu sudah tidak bisa bangun lagi. Untuk itu, kamu tidak boleh menunda sesuatu. 

Kamu menunggu saat yang tepat untuk menyatakan perasaan, kamu menunggu waktu yang tepat untuk membeli barang yang kamu inginkan (padahal kamu memang memiliki dana untuk mencapai impian kamu itu), kamu menunda untuk belajar memasak, dan sebagainya. Jika terus menunda, kamu sendiri yang akan menyesal di masa depan. Jika bisa dilakukan sekarang, jika tidak merugikan orang atau melanggar hukum, maka lakukanlah! 

Baca Juga :

6 Penemuan Hebat yang Dapat Memberikan Kenyamanan dan Kemudahan dalam Kehidupan Kita

5 Tips Kecantikan yang Akan Membuat Hidup Semakin Hemat dan Mudah

Langkah Mudah Membuat Mantan Kembali Ke Kehidupan Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Tren Interior Rumah yang Tampak Keren Tapi Justru Membawa Petaka

Jika kamu sering membaca majalah atau artikel tentang