Tahukah kamu? Menurut American Academy of Pediatrics, orang tua harus menunggu anak mereka berusia minimal 6 bulan sebelum boleh menindik telinga anak mereka.

Di Indonesia, ketika orang tua memiliki bayi perempuan, terkadang mereka ingin segera menindik telinga bayi untuk memberi aksesoris anting agar bayi terlihat cantik dan menggemaskan. 

Tapi, untuk siapa aksesoris cantik ini dipakaikan? Apakah untuk menyenangkan orang tua? Atau hanya untuk menyenangkan orang yang melihatnya? Satu hal yang pasti, anting yang dikenakan bayi tidak akan memiliki pengaruh baik bagi si bayi.

Meskipun nasihat tentang menindik telinga bayi masih sering diperdebatkan oleh orang tua, tidak dapat disangkal bahwa ada beberapa hal berbahaya yang bisa terjadi pada bayi jika orang tua menindik telinga anaknya. 

Berikut adalah beberapa alasan kuat mengapa orang tua dilarang untuk melubangi telinga bayi mungil mereka hanya untuk memasang aksesoris anting:

  1. Telinga bayi akan terluka

Melubangi daun telinga alias menindik telinga dapat menyakitkan bagi siapa saja. Tidak peduli apakah dia masih bayi, atau sudah dewasa, treatment ini akan tetap menyakitkan. Rasa sakit akan selalu ada, terlepas berapa usia orang yang ditindik. 

Ketika kamu memaksakan diri untuk menindik telinga bayi kamu, dapat dipastikan telinga bayi kamu akan berubah menjadi merah dan menjadi sangat sensitif. Singkatnya, proses menindik telinga bisa sangat menyakitkan. Kamu pun tidak boleh menyentuh area telinga bayi kamu setelah proses tindik selesai. 

Padahal, gerak bayi sangat tidak bisa diprediksi. Mereka bisa saja tanpa sengaja menggesekkan tangan di telinga saat merasa kurang nyaman atau merasa sakit. Tentu hal ini akan lebih menyakitkan lagi untuk bekas luka tindik. 

Apalagi saat kamu sudah memasang anting. Akan ada banyak momen yang memungkinkan telinga bayi kamu jadi sakit karena anting. Baik itu anting yang tersangkut di sarung tangan bayi, tersangkut di handuk, atau tersangkut di bantal dan selimut. 

  1. Kamu bisa saja membuat pilihan yang salah untuk mereka

Sebagai orang tua, terkadang kamu mungkin berpikir bahwa semua hal tentang kehidupan bayi kamu adalah kendali kamu. Padahal, seorang yang lahir di dunia ini adalah individu yang berbeda dengan kamu. 

Meskipun orang tua bisa memutuskan untuk menindik telinga bayi atau tidak, tapi selalu ada kemungkinan bahwa ternyata anak kamu tidak menyukai hal itu.  

Karena menusuk  atau menindik telinga adalah proses yang menyakitkan, maka lebih baik kamu menunggu agar anak kamu tumbuh dewasa. Biarkan anak kamu memutuskan sendiri, apakah mereka ingin menindik telinga mereka atau tidak.

Saat ini sudah banyak aksesoris anting yang tidak membutuhkan lubang tindik. Jika kamu sangat ingin melihat anak kamu memakai anting, hanya untuk dokumentasi foto atau apa pun itu, kamu selalu bisa memilih anting tanpa tusuk yang aman untuk bayi kecil kamu. 

  1. Tindikan telinga itu permanen

Meskipun tidak selalu demikian, terkadang telinga yang ditindik dapat melukai jaringan telinga anak dan membuat lubang menjadi permanen. 

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, hal ini bisa jadi bencana ketika kamu mendapati bahwa anak kamu tidak ingin membuat lubang tindik di telinganya. Bagaimana jika di masa depan, anak kamu ingin menghilangkan tindikan telinga itu? 

  1. Risiko infeksi

Meskipun dilakukan dengan alat paling canggih dan melakukan semua tindakan pencegahan infeksi, tidak dapat dipungkiri bahwa tindik telinga pada bayi akan selalu memiliki risiko infeksi. 

Entah itu nyeri, keluar cairan, atau bengkak bisa saja terjadi jika telinga bayi tidak dibersihkan dan dirawat dengan benar. Masalahnya, banyak orang tua di luar sana yang tidak paham bagaimana cara merawat luka bayi. Risiko iritasi atau infeksi ini bisa berujung pada pembentukan keloid. 

Bagaimana pendapat kamu setelah membaca berbagai risiko tindik telinga pada bayi? Apakah kamu tetap ingin menindik telinga bayi kamu? Atau kamu bersedia mencari alternatif lain agar bayi kamu tidak tersakiti atau menyesal di kemudian hari?

Baca Juga :

Punya Hidung yang Bertindik? Yuk Rawat dengan Cara ini

7 Tanda Penuaan yang Menunjukkan Usia Asli Wanita

Tips Terbaik Untuk Membersihkan Pusar Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Temukan Keberuntungan Kamu Berdasarkan Tanda Zodiak

Astrologi dapat membantu kamu menemukan hampir semua hal,