Tahukah kamu, sekitar 92% orang dewasa berusia 20 sampai 64 tahun mengalami masalah gigi berlubang?  

Gigi berlubang mungkin tampak seperti masalah yang seakan sulit dihindari. Padahal, sebenarnya kamu bisa membiasakan hal baik agar gigi lebih putih dan sehat. Dengan menjaga gigi tetap sehat dan kuat, kamu akan terhindar dari masalah gigi berlubang. Bagaimana caranya?

Yuk, simak beberapa tips berikut ini :

  1. Minum kopi dan teh dengan susu

Bagi mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, mungkin mengombinasikan kopi atau teh dengan susu bukanlah hal baik. Tapi, bagi yang ingin giginya selalu putih dan sehat, justru mengombinasikan susu dengan teh atau kopi bisa membantu.

Mengapa bisa membantu?

Karena, kopi adalah minuman yang sangat asam, terutama jika dikonsumsi dalam wujud kopi hitam. Jika kamu meminumnya setiap hari, kopi hitam bisa membuat gigi kamu menjadi lebih tipis. Apalagi kopi hitam akan menodai gigi karena mengandung tanin. Sebagai solusinya, kamu bisa menambahkan susu. Selain kopi, susu juga bisa ditambahkan pada teh hitam. 

  1. Jangan langsung menyikat gigi setelah minum kopi

Masyarakat umum mungkin menganggap sikat gigi setelah makan adalah hal baik karena bisa langsung membersihkan noda pada gigi. Padahal, para ahli mengatakan bahwa cara perawatan gigi yang baik adalah tidak mencampur pasta gigi dan kopi.

Jadi, setelah kamu minum kopi atau teh hitam, jangan langsung gosok gigi. Lebih baik kamu tunggu dulu sekitar 1 jam setelah minum, baru boleh menggosok gigi. Jika kamu ingin gosok gigi sebelum minum kopi, tunggu dulu sekitar 30 menit, baru boleh minum kopi.

Aturan ini bisa kamu terapkan setiap hari, tidak hanya sebelum atau setelah minum kopi, tepi juga sebelum atau setelah makan. 

  1. Minum cukup air setelah makan

Tahukah kamu, air liur sebenarnya memiliki peran penting dan menjaga gigi kamu tetap sehat. Kopi dan makanan yang kamu konsumsi dapat mengurangi produksi air liur. Sebab itu, minumlah lebih banyak air putih setelah makan. Minumlah lebih banyak air setelah makan. Dengan cara ini, produksi air liur akan kembali meningkat, sehingga kamu akan terhindar dari gigi berlubang karena gigi menjadi kuat.

  1. Flossing sebelum menyikat gigi

Flossing secara teratur dapat mengurangi bau mulut dan beberapa penyakit, karena flossing mampu membantu menghilangkan plak pada gigi. Spesialis gigi menyarankan kamu agar teratur menggunakan benang gigi untuk flossing sebelum menyikat gigi. Kebiasaan baik ini akan membantu kamu membersihkan gigi secara menyeluruh, bahkan ke area yang sulit dijangkau sekalipun.

Sebagai catatan, kamu harus mempertahankan cara dan pola kamu melakukan flossing. Janan berubah-ubah. Mulailah dengan flossing area gigi atas kamu dan lakukan gerakan dari kiri ke kanan. Setelah kamu menyelesaikan gigi atas, ulangi hal yang sama pada gigi bagian bawah. 

  1. Kunyah permen karet selama 20 menit

Permen karet sebenarnya baik bagi kesehatan gigi, tetapi harus permen karet yang bebas gula. Kunyah permen karet bebas gula selama sekitar 20 menit untuk meningkatkan aliran air liur dalam mulut dan menghilangkan asam setelah makan. Coba lakukan kebiasaan baik ini dan gigi kamu akan lebih kuat dan sehat. 

Itulah lima tips yang dapat dilakukan agar gigi tetap sehat dan putih. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga :

Konsumsi 8 Makanan Ini Untuk Gigi Putih dan Sehat

Perawatan Rumahan Terbaik Untuk Mendapatkan Gigi Putih dengan Cara yang Instant

Dapatkan Gigi Putih Secara Alami Hanya Dengan Bahan Dapur Kamu!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun