Kesehatan gigi kamu tidak hanya bergantung pada perawatan dasar (rajin menyikat gigi), tetapi juga bergantung pada makanan seperti apa yang kamu makan. Seiring berjalannya waktu, gigi kamu pun akan berubah warna mengikuti kebiasaan makan kamu.

Jika tidak ingin gigi jadi berubah warna, apalagi mengalami berbagai masalah yang mengganggu, maka mulai sekarang kamu harus memperhatikan menu makan kamu. Untuk itu, kenali dulu makanan sehat yang baik bagi gigi kamu :

  1. Wortel

Sayuran favorit kelinci ini mengandung karoten yang baik untuk selaput lendir mulut dan gusi. Wortel juga akan membuat enamel gigi kamu menjadi lebih kuat. Mengonsumsi wortel segar adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan gigi, karena wortel yang kamu makan akan menghilangkan plak dan juga memijat lembut gusi kamu.

  1. Ikan

Semua orang tahu bahwa gigi adalah bagian dari tulang yang membutuhkan kalsium. Tapi, selain kalsium, gigi juga butuh fosfor, yang merupakan salah satu elemen terpenting untuk menjaga kesehatan gigi. Fosfor dapat ditemukan pada ikan. Tapi ingat, ikan bisa membuat bau mulut kamu jadi tidak sedap. So, setelah makan ikan, sebaiknya kamu mengonsumsi permen pengharum bau mulut atau kamu segera sikat gigi untuk menghilangkan baunya. 

  1. Apel

Buah Apel adalah makanan yang sangat efektif untuk mengatasi masalah gigi dan juga mencegah sakit gigi. Seperti halnya wortel, buah apel juga bisa memijat gusi kamu dengan baik, sehingga akan menghilangkan plak gigi sekaligus membuat aroma napas kamu jadi lebih segar.

  1. Kiwi

Buah Kiwi mengandung banyak Vitamin C yang baik bagi kesehatan kamu. Jika tubuh mengalami kekurangan Vitamin C, maka produksi kolagen akan menurun dan gusi kamu bisa mengeluarkan darah.

  1. Bawang

Tahukah kamu? Bawang adalah antibiotik alami yang mampu membunuh bakteri berbahaya di mulut. Jadi, jika kamu mengonsumsi bawang, kamu dapat membunuh bakteri jahat yang tinggal di dalam mulutmu. Tapi hati-hati ya, karena bawang juga bisa membuat bau napas kamu jadi tidak sedap.

  1. Wijen

Tak disangka, ternyata Wijen dapat menghilangkan plak gigi dengan sangat baik dan juga membuat enamel gigi kamu lebih kuat. Mulai sekarang, coba pilih roti dan menu makan yang mengandung wijen, ya!

  1. Keju

Keju keras mengandung sedikit garam, namun memiliki banyak kalsium di dalamnya. Keju dapat membantu menjaga keseimbangan pH yang tepat agar bakteri tidak berkembang biak di dalam mulut kamu. Tapi ingat, beberapa jenis keju dapat menyebabkan nafas kamu berbau tidak sedap. Kamu harus segera berkumur, sikat gigi, atau mengonsumsi permen pengharum napas.

  1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung Katekin yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Jadi, jika kamu rajin mengonsumsi teh hijau, kamu dapat mencegah gigi berlubang. Selain itu, teh hijau bisa membuat nafas kamu sangat segar.

Nah, itulah daftar makanan yang dapat menyegarkan dan menyehatkan gigi. Selain menjaga pola makan, pastikan kamu membersihkan gigi dan lidah secara rutin, minimal 2 kali sehari, ya!

Baca Juga :

Perawatan Rumahan Terbaik Untuk Mendapatkan Gigi Putih dengan Cara yang Instant

Dapatkan Gigi Putih Secara Alami Hanya Dengan Bahan Dapur Kamu!

Gigi Putih Setelah Bleaching dapat Kamu Pertahankan dengan Makanan ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Temukan Bakat Kamu Lewat 8 Cara Berikut

Minat dan bakat adalah kedua isu membuat orang