Kita semua terkadang bisa menjadi pelupa, dan biasanya, itu adalah pengalaman yang cukup membuat frustrasi. Dari lupa di mana Anda meninggalkan kunci tadi malam saat Anda terburu-buru keluar pintu pagi ini, hingga menyadari hanya saat Anda memasak makan malam bahwa Anda telah meninggalkan salah satu bahan utama di supermarket. Bagaimana cara mengatasinya, simak artikel berikut.

  1. Bagaimana cara mengingat angka

Mengapa kita melupakan angka-angka penting yang perlu kita ingat? Karena angka adalah bentuk yang tidak imajinatif sehingga tidak cukup menarik untuk. Cobalah untuk ” membagi bilangan panjang menjadi tiga kelompok untuk membantu otak memprosesnya.

Angka 19663945501 sulit untuk diingat, jadi, pisahkan – 1966 adalah tahun Inggris memenangkan Piala Dunia, 3945 adalah awal dan akhir Perang Dunia Kedua dan 501 = jeans Levi’s. Atau visualisasikan nomor PIN Anda sebagai pola – jika Anda melihat keypad ponsel, 1379 membentuk Z.

  1. Lakukan latihan mental

Menurut peneliti di Albert Einstein College of Medicine, New York, latihan mental dua kali sehari memang bisa mendongkrak fungsi otak. Coba unduh aplikasi gratis Fit Brain trainer (iOS) – menyenangkan juga!

  1. Kepalkan tanganmu

Mengangkat tangan kanan Anda dan meremasnya dengan erat membuatnya lebih mudah untuk mengingat nomor telepon atau daftar. Nanti, ketika Anda ingin mengingat informasi (misalnya, di supermarket), kepalkan tangan kiri Anda. Peneliti berpikir bahwa gerakan mengaktifkan wilayah otak sebagai kunci untuk menyimpan dan mengingat ingatan.

  1. Ulangi nama semua orang

Merasa lebih mudah mengingat wajah daripada nama? Itu karena gambar lebih mudah diingat. Saat Anda diperkenalkan dengan seseorang, perhatikan baik-baik mereka, ulangi namanya beberapa kali, lalu gunakan dalam percakapan. Anda juga dapat menghubungkan gambar imajinatif dengan nama seseorang. Misalnya, jika Anda bertemu dengan seorang wanita bernama Kartini, pikirkan tentang lagu Ibu Kita Kartini. Anda sekarang memiliki asosiasi mental yang menarik dan bermakna dengan orang itu.

  1. Bagaimana cara mengingat untuk apa Anda berjalan di ruangan itu

Kita semua pernah ke sana – masuk ke sebuah ruangan dan lupa mengapa kita ingin masuk ke sana! Mengapa kita melakukannya? Jika Anda tidak berkonsentrasi penuh pada tugas yang ada, Anda akan terganggu di sepanjang jalan.

Untuk membangkitkan ingatan Anda, visualisasikan apa yang Anda inginkan atau butuhkan sebelum Anda mulai masuk ke sebuah ruangan. Misalnya, jika Anda sedang di dapur dan ingat bahwa Anda perlu mengambil perlengkapan renang dari kamar tidur, pertimbangkan untuk melakukan gaya dada. Setelah Anda berhenti sejenak untuk membentuk asosiasi yang jelas antara ruangan dan alasan Anda pergi ke sana, berangkat ke ruangan dan langsung pergi ke sana.

Jika Anda mendapati diri Anda berpikir, ‘Mengapa saya ada di ruangan ini?’ Telusuri kembali langkah Anda secara mental dan, jika itu tidak berhasil, tanyakan secara fisik kepada diri sendiri apa yang Anda inginkan sebelum pergi, dengan siapa atau bagaimana perasaan Anda.

  1. Di mana saya meletakkan kunci saya?

Anda melakukan sesuatu yang sangat biasa dan rutin sehingga Anda bahkan tidak memikirkan tindakan Anda. Untuk memastikan Anda tidak pernah lupa lagi, ingatlah bahwa memiliki ingatan yang baik sering kali berarti mengembangkan kebiasaan yang baik. Miliki tempat khusus di mana Anda selalu menyimpan kunci, tas tangan, ponsel, dll. Katakan dengan lantang di mana Anda meletakkan barang itu. Misalnya, “Kunci saya ada di atas kulkas.” Dengan latihan, akan menjadi kebiasaan untuk meninggalkan barang di tempat yang sama.

Baca Juga:

Lupa Dimana Meletakkan Kunci Lagi? Ikuti 6 Tips Mudah Ini Untuk Meningkatkan Memori Anda

3 Kunci Untuk Kebaikan Mental Kamu

Karbohidrat It Penting Loh Buat Tubuh, Apa Saja Fungsi-Fungsi Kuncinya?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Kesalahan Pertolongan Pertama yang Perlu Kita Ketahui

Di dunia ini, ada momen-momen tak terdua yang