Ada banyak trik rumit dan efisien tentang cara menginvestasikan uang dan mendapatkan lebih banyak uang. Tetapi, terkadang trik-trik manajemen uang hanya efektif untuk orang-orang yang berbakat dalam melakukan bisnis. Meski begitu, bukan berarti semua orang yang ingin kaya tidak memiliki kesempatan untuk berinvestasi. Mereka hanya perlu belajar tentang beberapa trik ini. Berikut adalah solusi sederhana namun efektif dalam manajemen uang :

  • Investasi

Investasi terbaik di masa depan yang dapat kamu lakukan adalah investasi untuk diri sendiri. Dan semakin cepat kamu menyadari hal ini, semakin baik karena kamu harus melakukan banyak hal yang berbeda ketika kamu masih muda. Membaca buku, mengikuti berbagai kursus dan mendapatkan sertifikat adalah pilihan yang bagus. Semakin banyak kamu berinvestasi dalam diri kamu, semakin berharga pula diri kamu.

  • Ingat aturan “3 x 8”

Kita semua tahu bahwa rata-rata, kita bekerja 8 jam sehari, tidur 8 jam di malam hari dan memiliki sekitar 8 jam waktu luang. Satu-satunya cara untuk menjadi lebih baik dalam sesuatu adalah dengan menghabiskan 8 jam terakhir dalam sehari dengan bijak. Lakukan sesuatu yang mungkin berguna dalam perspektif jangka panjang, seperti kuasai keterampilan yang sudah kamu miliki atau pelajari ketrampilan baru daripada menghabiskan berjam-jam hanya melihat sosial media.

  • Berhati-hati dalam meminjamkan uang kepada teman dan kerabat

Meskipun kita mencintai kerabat dan teman kita dan mengkhawatirkan mereka, kita masih berharap mendapatkan kembali uang yang kita pinjamkan, bukan? Tetapi masalahnya adalah, mereka mungkin memiliki cara berpikir yang berbeda. Mungkin saja orang-orang yang meminjam uang padamu berharap bahwa kamu akan melupakan hutang ini. Dan sebenarnya, kamu tidak harus menjadi murah hati untuk perkara ini. Sering kali, kesalahpahaman semacam ini dapat membuat hubungan yang baik berakhir. Jadi, kamu tidak perlu meminjamkan uang sama sekali, tolaklah dengan baik. Atau jika kamu benar-benar akan meminjamkan uang, kedua belah pihak harus setuju bahwa uang itu akan dikembalikan dalam jangka waktu yang tetap.

  • Ikuti aturan 24 jam

Ketika kita membeli sesuatu, kita mungkin hanya terbawa emosi. Jadi, untuk mengurangi pengeluaran yang benar-benar tidak kamu butuhkan, kamu harus mengikuti aturan 24 jam. Tunggu 1 hari untuk melakukan pembelian. Emosi kamu akan tenang dan kamu akhirnya dapat menyadari bagaimana perasaan kamu sebenarnya. Kamu bisa mempertimbangkan apakah kamu benar-benar membutuhkan barang yang hendak kamu beli atau tidak.

  • Luangkan 1 Menit dalam 1 Hari untuk Memeriksa Pengeluaran Kamu

Trik ini sangat sederhana tetapi memungkinkan kamu untuk mengendalikan pengeluaran kamu setiap hari. Di tengah hari, atau saat kamu sedang bersantai, luangkan 1 menit untuk memeriksa dan memikirkan setiap pembelian yang kamu lakukan dalam sehari. Kebiasaan ini  akan memungkinkan kamu untuk mendeteksi masalah-masalah keuangan, memperlambat pengeluaran kamu, dan menentukan jumlah uang normal yang kamu butuhkan untuk setiap hari.

Itulah 5 tips berharga dalam manajemen uang yang bisa kamu lakukan. Bahkan jika kamu tidak berbakat dalam bisnis sekalipun, kamu dapat memanajemen uangmu dengan baik jika melakukan 5 tips di atas.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/jangan-sampai-kamu-dan-pasangan-melakukan-3-kesalahan-fatal-dalam-pengaturan-keuangan/

http://www.tampilcantik.com/prinsip-keuangan-yang-wajib-kamu-miliki-yaa-sist/

http://www.tampilcantik.com/tips-mengatur-keuangan-yang-bisa-menyelamatkan-dompetmu-hanya-dalam-waktu-30-hari/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Tips Work From Home (Bekerja Dari Rumah) Bagi Kamu yang Memiliki Anak

Sebagian lembaga di tanah air sudah menerapkan BDR