Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang banyak digunakan. Alat kontrasepsi ini berbentuk obat yang harus dikonsumsi setiap hari. Pil KB ini menjadi alternatif alat kontrasepsi bagi mereka yang kurang suka dengan metode lain. Selain untuk menghambat kehamilan, pil KB juga biasa digunakan untuk pengobatan lain.

Sama seperti jenis metode kontrasepsi yang lain, pil KB juga mempunyai efek samping. Bagaimanapun juga pil KB bekerja memanipulasi hormon dalam tubuh. Bila kamu juga menggunakan pil KB, berikut ini 5 hal yang perlu kamu perhatikan.

  • Pil KB itu efektif, tapi..

Tingkat keberhasilan pil KB menekan kehamilan sebenarnya cukup efektif. Hanya saja pada kenyataannya 9 dari 100 wanita tetap hamil meskipun sudah mengkonsumsi pil KB. Hal ini karena mengkonsumsi pil KB secara rutin bukanlah hal yang mudah apabila kamu mempunyai jadwal yang sibuk. Wanita yang mengkonsumsi pil KB setiap hari mempunyai peluang untuk hamil sebanyak 1 persen, namun peluang ini akan semakin besar bila kamu lupa untuk minum pil KB. Pil KB memang efektif menekan kehamilan, hanya saja harus dikonsumsi secara teratur setiap harinya meskipun kamu tidak sedang berencana melakukan hubungan seksual.

  • Jadwal menstruasi mungkin berubah atau berhenti

Selain untuk menekan peluang kehamilan, pil KB juga banyak digunakan untuk membuat jadwal menstruasi yang tidak teratur menjadi teratur. Pil KB juga biasanya digunakan untuk mengurangi rasa sakit berlebih ketika sedang menstruasi. Namun sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan pil KB, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

  • Perubahan mood

Beberapa penelitian terbaru menyimpulkan bila penggunaan pil KB bisa saja memberikan dampak positif dan negatif  terhadap perubahan emosi atau mood.  Hal ini karena hormon estrogen dan progestin dalam tubuh memberikan efek pada perubahan mood. Sehingga perubahan pada dua hormon tersebut juga akan memberikan efek pada perubahan emosi secara umum. Hal ini tentu tidak akan sama pada setiap orang mengingat kadar hormon masing-masing dalam tubuh juga tidak sama.

  • Hati-hati bila digabung dengan obat lain

Sebenarnya pil KB bisa digunakan bersamaan dengan obat-obatan lain, namun antibiotik, obat anti jamur, dan obat-obatan tertentu bisa saja mengurangi efektivitas pil KB. Oleh karena itu, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu bila ingin mencoba suplemen atau obat yang baru sebelum dikonsumsi bersamaan dengan pil KB. Selain itu, kondisi kesehatan seperti diare dan muntah juga mungkin bisa mengurangi efektivitas pil KB. Sehingga kamu perlu menggunakan alat kontrasepsi jenis lain bila diperlukan.

  • Waspada dengan efek samping

Sama halnya dengan alat kontrasepsi jenis lain, pil KB juga mempunyai sisi negatif yang perlu diwaspadai. Konsumsi pil KB bisa menyebabkan sakit perut parah, napas pendek, sakit kepala, masalah penglihatan, pegal, dan sebagainya. Efek samping ini juga mungkin saja berbeda antara satu orang dan lainnya.

Karena kondisi setiap orang berbeda, kamu mungkin perlu mencoba beberapa merk pil KB. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan pil KB yang cocok dengan kondisi kesehatan kamu dan mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/bingung-pilih-pakaian-saat-akan-bukber-sepertinya-gaya-simpel-ini-akan-membuat-kamu-tampil-modis/

http://www.tampilcantik.com/gak-perlu-grogi-saat-acara-bukber-kamu-bisa-mengatasinya-dengan-cara-ini/

http://www.tampilcantik.com/masih-suka-pakai-baju-hitam-coba-dulu-ini-dijamin-kamu-pasti-tampil-memukau-dengan-warna-putih/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Kebiasaan yang Wanita yang Berdampak Buruk pada Kesehatan

Sejak kecil, kita diajarkan bahwa minum alkohol dan