Ketombe adalah masalah kulit kepala yang paling umum dan paling sering dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia. Tetapi bukan berarti kamu harus menerimanya sebagai bagian dari hidup kamu lho! Jangan sampai kamu menganggapnya biasa saja dan tidak berusaha mengatasinya.  Kamu bisa menyalahkan faktor genetika untuk garis rambut tipis, rambut tebal, rambut keriting, atau kulit yang rentan berjerawat,  tetapi tidak dengan ketombe.  Kamu bertanggung jawab atas serpihan putih yang memalukan itu.  Karena ketombe disebabkan oleh perawatan rambut dan kebiasaan atau gaya hidup yang tidak sehat.

Berita baiknya, ketombe bisa diobati. Tentu ini bukan sebuah informasi yang baru karena kamu pasti sudah tahu. Nah, jika kamu selalu memiliki ketombe, ada beberapa hal tertentu yang dapat memperburuk keadaan. Mungkin kamu tidak menyadarinya, tapi hal-hal atau kebiasaan berikut ini tidak boleh kamu lakukan jika kamu ingin bebas dari masalah ketombe. 

Berikut daftar semua kebiasaan yang dapat memperburuk masalah ketombe kamu.

  1. Kamu Terlalu Sering Mencuci Rambut

Daftar pertama kebiasaan yang bisa memperparah ketombe adalah terlalu sering keramas. Lho, kok bisa? Keramas kan biar bersih? Ya, benar, tapi itu bukan hal yang paling ideal untuk dilakukan.  Bahkan, keramas yang terlalu sering adalah salah satu kesalahan perawatan rambut terburuk.  Keramas rambut kamu setiap hari akan menghilangkan minyak alami yang menjaga kulit kepala kamu agar tetap sehat dan kuat. Ketika tidak ada minyak, kulit kepala kamu akan menjadi kering dan membuat ketombe semakin parah.

2. Tidak Menggunakan Sampo yang Tepat

Memilih sampo anti ketombe secara acak dari berbagai brand perawatan rambut tidak akan menyelesaikan masalah kamu.  Kamu perlu memahami bahwa tidak semua ketombe sama.  Jenis yang paling umum adalah ketombe ‘kering’, yang menyebabkan serpihan dan kotoran putih di bahu kamu. Ketombe ini dapat dibersihkan dengan menggunakan sampo yang memberi nutrisi dan membersihkan kulit kepala. Kamu bisa menemukannya di toko-toko terdekat.

3. Menggunakan Produk Hair Style yang Berlebihan

Hairspray, gel, lilin, dan produk penataan rambut lainnya mungkin membuat rambut kamu jadi kece dam hits abis, tetapi ini mengandung alkohol tingkat tinggi yang bisa mengeringkan dan mengiritasi kulit kepala kamu.  Semakin kering kulit kepala kamu, semakin parah masalah ketombe kamu.

4. Menggaruk Kulit Kepala

Kebanyakan orang yang mengalami masalah ketombe menggosok-gosok kulit kepala mereka dengan penuh semangat, berharap untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepalanya. Tahukah kamu, hal tersebut justru membuat kulit kepala rapuh dan memperburuk masalah yang ada.  Alih-alih menggaruk, sebaiknya kamu pijat lembut kulit kepala kamu dengan ujung jari saat keramas.

5. Pola Makan dan Gaya Hidup yang Tidak Benar

Pola makan yang tidak sehat dari makanan olahan, gula dan junk food dapat menyebabkan peradangan dan akhirnya menyebabkan ketombe.   Kamu wajib menyertakan sayuran dan buah-buahan segar serta makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dalam makanan kamu. Perawatan rambut dari luar saja tidak cukup. Kamu juga perlu menutrisi tubuh dari dalam, dimulai dari asupan makananmu.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/ekspresikan-dirimu-dengan-7-ide-scene-hair-berikut-ini/

http://www.tampilcantik.com/ide-warna-rambut-untuk-medium-length-hair-rambut-sedang/

http://www.tampilcantik.com/rambut-lembut-dan-wangi-hanya-dengan-hair-parfume/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Menyisir Rambut Keriting dengan Cara yang Benar

Ingin tahu bagaimana menyisir rambut kamu – dengan