Siapa sangka, ternyata garam memiliki segudang manfaat untuk perawatan kulit kita.  Garam adalah bumbu pokok di dapur, tetapi kamu dapat menambahkannya sebagai bahan perawatan kecantikan. “Garam alami dikemas dengan mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang dapat membantu mengurangi peradangan, mencerahkan, dan bahkan memperkuat kulit”, kata Joshua Zeichner ahli dermatologi New York. Garam laut juga merupakan exfoliator yang baik dan memiliki sifat anti mikroba.

Berikut adalah 5 cara yang menggunakan garam untuk rutinitas perawatan kecantikan kamu :

  1. Garam sebagai Masker

Garam dan madu memiliki sifat anti-inflamasi untuk menenangkan kulit dan menenangkan jerawat dan iritasi.  Mereka juga membantu mempertahankan hidrasi di lapisan kulit.

Tutorial : Campurkan 2 sendok teh garam  (sebaiknya ditumbuk halus) dengan 4 sendok teh madu mentah untuk membuat pasta.  Oleskan secara merata pada kulit yang bersih dan kering, hindari daerah mata.  Diamkan selama 10 – 15 menit.  Sebelum dibilas, rendam handuk dalam air hangat, dan peras dengan lembut.  Letakkan handuk hangat di wajah kamu selama 30 detik.  Gunakan jari-jari kamu untuk mengelupas dengan lembut dalam gerakan memutar sambil membilas kulit kamu dengan air hangat.

  • Garam sebagai Lulur

Garam adalah pengelupas alami yang mampu membersihkan sel kulit mati.  Garam juga memiliki mineral untuk melembutkan kulit dan mengembalikan hidrasi.

Tutorial : Campurkan ¼  cangkir garam dan ½  cangkir minyak zaitun atau minyak kelapa lunak menjadi pasta kental.  Kamu juga bisa menambahkan 10 tetes minyak esensial favorit kamu. Oleskan pada tubuh dengan waslap atau telapak tangan kamu, gosok kulit kamu dengan  gerakan melingkar.  Butiran garam bisa bersifat abrasif, jadi mulailah dengan menggosok lembut untuk melihat bagaimana kulit kamu merespons.

  • Mandi Garam

Garam mampu menyerap kotoran, racun serta membersihkan pori-pori kulit kamu. Kandungan mineral garam membantu memulihkan penghalang pelindung di kulit dan membantunya menahan hidrasi.

Tutorial : Tambahkan 1/3 cangkir garam ke dalam bak mandi atau ember berisi air hangat, dan larutkan garam. Kamu bisa berendam selama 15 – 30 menit.

  • Perawatan kulit kepala anti ketombe

Garam membantu melonggarkan dan menghilangkan serpihan yang ada di kulit kepala sambil merangsang sirkulasi untuk kulit kepala yang sehat.  Bahan ini juga menyerap minyak dan kelembaban berlebih untuk mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat akar ketombe.

Tutorial: Pisahkan rambut kamu beberapa kali, dan taburkan 1 – 2 sdt garam ke kulit kepala kamu.  Dengan menggunakan jari basah, pijat kulit kepala kamu dengan lembut dan menyeluruh selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, cuci dan kondisikan rambut kamu dengan produk favorit kamu. Kamu akan langsung merasakan hasilnya.

  • Garam sebagai Toner Wajah

Garam mampu menangkal kelebihan minyak dan mencegah jerawat karena ia memiliki manfaat antimicrobial garam.

Tutorial : Campurkan satu cangkir air hangat dengan 1 sdm garam sampai larut.  Gunakan botol semprot untuk spray ke kulit atau usap menggunakan kapas.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/sering-menjadi-bahan-untuk-kecantikan-ternyata-garam-laut-mati-juga-dapat-dimanfaatkan-untuk-hal-berikut/

http://www.tampilcantik.com/garam-laut-yang-akan-membuat-kamu-cantik-dalam-sekejap/

http://www.tampilcantik.com/selain-memiliki-rasa-asin-dan-gurih-garam-laut-juga-memiliki-banyak-manfaat-kecantikan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Menyisir Rambut Keriting dengan Cara yang Benar

Ingin tahu bagaimana menyisir rambut kamu – dengan