Orang dewasa pada umumnya harus tidur selama 7 hingga 9 jam berturut-turut, agar tubuh dan pikiran dapat pulih dan segar kembali. Tapi hingga kini masih banyak yang mengalami gangguan tidur atau biasa disebut insomnia. Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari gangguan kecemasan, pekerjaan menumpuk yang memaksa orang untuk begadang, konsumsi kafein yang berlebihan, dan sebagainya.

Terlepas dari maraknya kasus insomnia, ternyata ada bayak minuman yang bisa membebaskan kamu dari insomnia, loh. Berikut adalah daftar minuman alami yang akan membantu kamu untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik :

  • Susu Hangat

Susu hangat adalah salah satu pilihan terbaik untuk membawa dirimu pada tidur nyenyak dan nyaman. Susu mengandung tryptophan yang akan meningkatkan serotonin di otak. Tryptophan adalah sebuah zat yang memberi kita perasaan bahagia. Dalam kondisi ini, hormon melatonin diproduksi lebih banyak untuk memungkinkan kamu bisa tidur nyenyak. Selain itu, susu hangat juga mengenyangkan dan lezat. Dengan perut yang terisi dan kenyang, kamu bisa tidur lebih baik.

  • Teh Peppermint

Teh Peppermint mampu meredakan sakit perut karena sifat anti-inflamasinya. Dengan mengempiskan otot, peppermint juga mampu mengurangi intensitas kerja otot, hingga memungkinkan otot-otot tubuh menjadi rileks. Jika kamu sedang bersiap untuk ujian atau presentasi penting di tempat kerja, ada kemungkinan kamu akan mengalami kesulitan tidur karena kamu sibuk mempersiapkan diri. Di saat seperti itu, kamu tetap butuh istirahat supaya keesokan harinya kamu siap dengan aktivitas pentingmu. Jadi, cobalah untuk mengonsumsi teh peppermint untuk membantumu tidur dengan lebih baik.

  • Smoothie Pisang

Buah Pisang mengandung triptofan dan 2 mineral utama yang dibutuhkan tubuh untuk relaksasi otot yaitu kalium dan magnesium. Buah manis yang satu ini memiliki efek menenangkan yang bekerja secara integral dan dapat mengurangi stres fisik. Jumlah serat dan karbohidrat dalam Buah Pisang juga mampu membuatmu merasa kenyang dan meningkatkan keinginan untuk tidur.

  • Teh hijau

Teh hijau yang penuh dengan antioksidan adalah pilihan tepat untuk dikonsumsi sebagai pendukung aktivitas sehari-hari. Namun, ketika tiba saatnya untuk tidur, ketika kamu merasa kesulitan untuk memejamkan mata dan istirahat, teh hijau bisa menjadi obat tidur yang baik bagi kamu. Teh Hijau mengandung theanine yang mampu meningkatkan relaksasi dan melepaskan stres fisik, sehingga dapat membantu kamu tidur nyenyak di malam hari.

  • Susu Almond

Susu Almond adalah produk susu alternatif yang sangat terkenal di kalangan Vegan dan Vegetarian. Berbahan dasar kacang almond, susu ini mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk dapat tidur nyenyak. Karena kaya akan magnesium, susu almond terbukti sangat efektif dalam membantumu untuk tidur di malam hari.

Seperti halnya susu sapi, susu almond juga memiliki triptofan. Berkat kandungan inilah, tubuh dapat memproduksi melatonin. Nah, hormon melatonin ini sangat penting dan sangat berpengaruh dalam mengatur jadwal tidur tubuhmu.

Dari kelima minuman di atas, manakan minuman favorit yang akan kamu kosumsi untuk mengusir insomnia?

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/manfaat-buah-ceri-yang-belum-banyak-orang-yang-tau/

http://www.tampilcantik.com/perawatan-rumahan-yang-ternyata-bisa-mengatasi-insomnia/

http://www.tampilcantik.com/obat-tidur-bukan-solusi-untuk-insomnia/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Makanan dan Minuman yang Akan Meningkatkan Kesehatan Wanita

Wanita memiliki sejumlah kebutuhan nutrisi yang unik, sehingga