Bekas luka dan bekas jerawat adalah yang sering kali amat menganggu penampilan. Tidak jarang wanita rela mengeluarkan banyak biaya untuk menghilangkannya agar kulit terlihat mulus sempurna. Sebenarnya, jika kamu tidak memiliki kebiasaan untuk mengganggu jerawat sebelum sembuh total, mereka tidak akan berbekas di kulit. Namun, terkadang kita sering lupa atau ceroboh sehingga akhirnya timbulah bekas luka dan jerawat pada wajah dan bagian kulit lainnya. Jika kamu ingin mengembalikan kulit indahmu tanpa harus membayar mahal, cara-cara alami ini bisa membantumu menghilangkan bekas luka dan jerawat.

1. Mentimun

Perawatan wajah yang mengandung mentimun sangat bagus untuk menyembuhkan jerawat dan mengurangi iritasi kulit karena matahari dan bakteri. Kamu bisa mencampurkan air mentimun atau daging mentimun yang sudah dihancurkan ke dalam masker untuk wajah atau tubuh. Bisa juga dengan mengaplikasikan buah mentimun secara langsung ke bagian kulit yang memiliki bekas luka secara rutin. Untuk meredakan iritasi karena terbakar matahari, dinginkan dulu lemon sebelum digunakan.

2. Cuka apel

Cuka apel ternyata juga efektif untuk menghilangkan bekas luka dan juga menghentikan pertumbuhan jerawat. Tetapi kamu harus berhati-hati dalam menggunakannya karena jika kulitmu sensitif mungkin akan menimbulkan reaksi penolakan. Jika kamu cenderung berkulit sensitif bisa mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan empat sendok air lalu usapkan pada kulit yang bermasalah. Untuk hasil yang lebih cepat, kamu bisa mengurangi banyaknya air yang dicampurkan.

3. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki bahan aktif yang efektif untuk meredakan peradangan, bengkak dan kulit yang memerah. Khususnya untuk kulit yang baru saja mengalami luka bakar atau terkena panas tinggi. Lidah buaya juga efektif untuk bekas luka yang sudah lama, tetapi tentu saja dengan pemakaian yang rutin dan teratur.

4. Air lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang besar yang dibutuhkan untuk produksi kolagen untuk meregenerasi sel-sel kulit. Selain itu, air perasan jeruk lemon juga berguna untuk meratakan warna kulit, menghilangkan bekas jerawat dan juga mencerahkannya. Gunakan sebagai masker alami 1-2x seminggu untuk hasil maksimal.

5. Baking soda

Pasta yang terbuat dari baking soda dan air bisa menjadi masker wajah yang sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka dan meratakan warna kulit. Pasta ini juga bisa digunakan untuk eksofoliasi kulit yang sensitif karena tekstur dan kandungannya yang lembut. Gunakan masker baking soda selama 10-15 menit lalu bilas seperti biasa.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun, terutama jenis extra virgin efektif untuk mengelupas kulit mati dan menghilangkan bekas luka. Kandungan alaminya akan melembutkan kulit yang terluka dan perlahan meratakannya. Cukup mengusapkan minyak zaitun pada bekas luka dan biarkan selama semalam dan dapatkan kembali kulit mulus dan lembut kebanggaanmu.

Baca juga 3 Cara Mengatasi Bekas Jerawat Berdasarkan Tipe Dan Ciri-ciri Yang Muncul. Beda Tipenya Beda Juga Caranya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Nail Art Ideas untuk Kamu yang Bosan di Rumah

Social Distancing dan Self Isolation yang menjadi anjuran