20

Rambut manusia memang seyogyanya rontok. Hal ini dikarenakan bahwa rambut memiliki persentase 90% yang kuat di masa aktif dan 10% bagian rambut yang fungsinya sudah menurun. 10% bagian rambut ini akan rontok dan akan digantikan oleh rambut baru yang tumbuh.

Namun, kerontokan yang terlalu sering dan terlalu parah akan mengakibatkan rambut yang terlalu tipis jika dibiarkan terlalu lama. Perhatikan ketika kamu sedang keramas, memegang, dan menyisir rambut untuk mengetahui seberapa banyak rambutmu yang rontok. Tapi, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengobati dan mencegah kerontokan berlebihan pada rambut, antara lain:

Hindari Stres

a-stressed-business-woman-looks-tired-she-answer-telephones-in-her-office

Usahakan untuk sering menenangkan pikiran dan tubuhmu. Ketika kamu mengalami emosi yang labil dan stres, faktor hormone juga tidak stabil. Hal tersebut berpengaruh pada rambut. Syaraf di kepala yang memaksa otak bekerja keras akan berdampak pada akar rambut melemah dan kemudian membuat rambut rontok.

Perawatan Rutin

Manfaat-Minyak-Zaitun-untuk-Rambut-Sehat

Sama seperti kulit wajah dan tubuh, usahakan untuk merawat rambut secara rutin. Penggunaan beberapa produk kecantikan rambut seperti shampoo, conditioner, dan serum akan memperkuat kulit kepala dan akar rambut. Kamu juga bisa menggunakan masker rambut alami dengan lidah buaya dan teh hijau.

Tidak Mengikat Kencang

gigi

Mengikat rambut terlalu kencang dan erat hanya akan membuat rambut lemah dan rentan rontok. Usahakan untuk mengurai rambut sesering mungkin.  Beri waktu dan jeda rambut untuk bernapas. Jika kamu harus dan perlu mengikat rambut, ikatlah dengan ikatan yang sedikit lebih longgar.

Kurang Asupan yang Bergizi

makanan-sehat-ini-akan-membantu-menghilangkan-lemak-di-perut

Menu makan yang sehat akan menguatkan rambutmu juga, selain menguatkan daya tahan tubuhmu. Perbanyak konsumsi susu, madu, dan telur untuk menjaga kesehatan rambut.

Rajin Keramas

rambut

Jika kamu jarang berkeramas, kamu akan berpotensi mengalami kerontokkan rambut. Membersihkan rambut dari beberapa polusi udara, sinar matahari, dan keringat akan membantu rambutmu terjaga dalam keadaan sehat. Sehingga tidak mudah mengalami kerontokan.

Baca juga Setiap Wanita Pasti Mengidamkam Rambut Panjang. Tapi Gimana Kalau Rambutmu Sulit Panjang?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Dia Vitamin & Mineral yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Rambut Tebal

Rambut yang indah merupakan tanda tubuh yang sehat. Bagaimana