Thumbs up for success by three multi cultural teenage school student friends made up of mixed race african american, oriental Japanese and caucasian all happy holding hands out to camera.

Sebagian besar remaja beranggapan bahwa penyakit akan datang menyerang saat usia mereka sudah tua. Sebenarnya pemikiran yang seperti adalah kesalahan besar karena penyakit, tidak akan memandangng siapa orang itu, dan berapun usianya. Usia remaja merupakan masa-masa emas pencarian jati diri yang sangat menyenangkan.

Pada saat remaja pastinya seseorang akan lebih produktif dan melakukan berbagai hal. Melakukan pekerjaan setiap hari, berpergian setiap hari. Tetapi dengan saat itu tidak akan merasa lelah maupun capek. Sedikit sekali para remaja yang peduli akan kesehatannya karena berbagai kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras sepertinya sudah dianggap menjadi hal yang sudah biasa bagi mereka. Memang, dampak dari kebiasaan buruk itu akan berdampak pada jangka panjangnya. Pada saat usia tua nanti pasti akan mengalami berbagai masalah kesehatan, maka dari itu sangat perlu menjaga agar tetap sehat di usia remaja.
 Tips Hidup Sehat Saat Usia Muda / Remaja

Pada kesempatan kali ini, kami mempunyai tips agar tetap sehat di usia remaja. Berikut ini tipsnya :

  1. Melakukan Aktivitas Sehat

Melakukan aktivitas sehat yaitu dengan cara berolahraga secara teratur serta meninggalkan segala kebiasaan yang tidak menyehatkan, seperti kebiasaan minum minuman keras, kebiasaan merokok dan mengonsumsi narkoba. Kebiasaan buruk tersebut perlu dihindari untuk mencegah terjadinya penyakit yang berbahaya nantinya.

 

  1. Mengajak Otak Untuk Berolahraga

Tak sedikit remaja Indonesia yang mengalami Alzheimer atau kepikunan dini. Hal itu disebabkan otak tidak diasah dengan baik. Mengasah otak atau mengajak otak untuk berolahraga dapat dilakukan dengan cara mengisi teka teki silang, menjawab pertanyaan saat pelajaran, berusaha memecahkan masalah, dan membaca buku yang disukai

 

  1. Menjaga Berat Badan

Tubuh yang terlalu gemuk atau yang disebut dengan obesitas, tentunya akan memberi ancaman bagi kesehatan. Pasalnya tubuh yang gemuk atau yang terlalu gemuk akan lebih rentan terhadap segala jenis penyakit yang mematikan, seperti penyakit jantung, stroke dan lain sebagainya.\


  1. Mengontrol Pola Makan

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi setiap harinya, jika tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup dapat memberikan dampak bagi kualitas kesehatan tubuh.

 

  1. Memenuhi Asupan Vitamin D dan Kalsium

Untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan asupan vitamin D dan kalsium. Hal itu bisa dilakukan dengan cara makan sayuran yang berwarna hijau, minum susu, dan terpapar sinar matahari di pagi hari.

 

  1. Tidak Menjemur Tubuh Di Terik Matahari

Menjemur tubuh di pagi hari dan terkena sinar matahari sangatlah baik untuk kesehatan. Akan tetapi melakukan hal tersebut di siang hari saat matahari terik pastinya akan berdampak yang buruk untuk kesehatan. Sinar matahari yang terik mengandung radikal bebas seperti sinar UV, jika terpapar sinar matahari langsung tanpa menggunakan pelindung seperti tabir surya maka akan mengakibatkan terkena penyakit kanker kulit.

 

  1. Memenuhi Asupan Omega 3 dan Asam Lemak

Kandungan omega 3 dan asam lemak banyak terdapat pada jenis ikan-ikanan, seperti ikan tuna, kod dan salmon. Mencukupi kebutuhan tersebut dapat mencegah terjadinya penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Diet Mudah Untuk Pekerja Kantoran

Tips Diet Mudah untuk Pekerja Kantoran yang Bisa