Kesehatan memang penting dan sebaiknya dibicarakan dengan ahlinya yaitu dokter. Tapi tidak mungkin bukan segala sesuatu yang mendasar pun harus selalu kita tanyakan ke dokter? Kamu harus bisa mengenali dan waspada sendiri. Terlebih buat cewek, urusan kesehatan bakalan sama ribetnya dengan penampilan.

Menurut dokter berbasis di New York, Amerika Serikat mengatakan bahwa sangat penting setiap wanita menyadari apa yang tubuhnya rasa pada kondisi normal. Karena kamu akan bisa mendeteksi terlebih dahulu apa yang biasanya tidak terjadi pada tubuhmu. Nah berikut merupakan 7 hal yang harus disadari oleh setiap cewek.

  1. Tanda lahir

images“Sangat penting memeriksa kulit setiap bulan untuk mengetahui apakah tanda lahirmu, seperti tahi lalat atau bintik-bintik kulit, itu berbahaya atau tidak” ujar Tsippora Shainhouse, dermatolog dari California, Amerika Serikat. Jika terjadi perubahan yang tidak biasa pada tubuh kamu seperti  ada pendarahan, perubahan ukuran, bentuk, atau warna, kulit menjadi aneh, dan semacamnya, segeralah hubungi dokter untuk memastikannya.

  1. Cek payudara

cek wanitaMencek payudara setiap bulan memang penting buat cewek. Kamu harus selalu rajin mengamati perubahan serta bentuk dari payudara kamu. Kamu harus mendeteksi apakah terjadi keanehan pada payudara kamu seperti ada benjolan atau tidak, perubahan tekstur, perubahan bentuk puting atau arah, ruam, dan keanehan lainnya.

  1. Detak jantung

Inilah_Penyebab_Detak_Jantung_Sering_Terasa_CepatPembunuh nomor satu bagi laki-laki dan perempuan adalah penyakit jantung. Kamu perlu memeriksakannya secara teratur. Kamu bisa mendeteksinya dengan menahan jari kedua dan ketiga secara bersamaan dan tempatkan di sisi leher untuk merasakan denyut nadi. Hitung jumlah denyutan selama enam detik dan kalikan dengan 10 untuk mendapatkan denyut per menit. Pada saat istirahat, buat kamu yang bukan atlet memiliki denyut jantung sekitar 60-100 denyutan. Kalau ritmenya nggak demikian, berarti ada yang nggak beres.

  1. Tekanan darah

cek wanitaDisarakan untuk mencek tekanan darah apabila pergi ke apotik atau berada di bazaar amal yang menyediakan fasilitas medis tekanan darah secara gratis. Jika tekanan darahmu konsisten yaitu 120/80 mm Hg, kamu harus konsultasi ke dokter bagaimana cara menurunkannya dan menjaga supaya tidak menimbulkan penyakit yang tidak diinginkan seperti penyakit kardiovaskular dan stroke.

  1. Kuku

cek wanitaKuku bisa mendeteksi kesehatan kamu loh. Kuku kuning tebal bisa mengidentifikasi terkenajamur, dan garis-garis cokelat gelap di sepanjang kuku bisa jadi tanda melanoma, selain itu kuku berbentuk sendok bisa menunjukkan kekurangan zat besi.

  1. Kulit

cek wanitaKulit juga bisa mendeteksi kesehatan. Perubahan yang nampak pada kulit dapat menjadi ksinyal ketidakseimbangan hormone di kulit. Kamu perlu mengecek kulitmu setiap bulannya. Identifikasi perubahan yang terjadi pada kulit mu apakah terdapat bercak-bercak hitam di bagian belakang leher dan ketiak atau lainnya.

Pertumbuhan rambut di dagu, dada, dan perut juga harus diperhatikan. Bila tumbuh pada cewek bisa saja menunjukkan tanda sindrom ovarium polikistik. Sindrom ini biasanya menjadi tantangan tersendiri bagi kesuburan cewek.

  1. Miss V

cek wanitaWanita banyak yang tidak pernah benar-benar mengetahui tentang vagina mereka sehingga tidak mengetahui apakah terjadi sesuatu yang buruk atau tidak. Gunakan cermin dan duduk di toilet untuk memeriksa kulit dan permukaanya. Fungsinya adalah untuk mengetahui apakah terdapat ketidaknormalan pada organ intimmu. Selain itu, kamu juga harus merasakan apakah perih atau gatal atau sensasi terbakar atau tidak. Dengan mengenali ciri-ciri tersebut, kamu dapat langsung berkonsultasi dengan dokter ahli lebih lanjut.

Baca juga sehat Tidak Harus Mahal, Coba Makanan Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Berikut Yang Akan Terjadi Jika Waktu Tidurmu Kurang

Beraktivitas seharian dengan segala kesibukan yang ada memang