Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat digemari di Indonesia. Kopi adalah jenis minuman yang berasal dari ekstraksi biji tanaman kopi yang diproses melalui pengolahan. Walaupun kopi mengandung kafein yang tidak bagus untuk tubuh, tetapi dalam kopi juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa tersebutlah yang berfungsi untuk menagkal efek pengrusakan yang disebabkan oleh senyawa radikal bebas. Tidak hnaya itu, tetapi kopi juga bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, kanker, penyakit, jantung, dan penyakit berbahaya lainnya. Memang tidak bisa dipungkiri ada beberapa orang yang menganggap kopi adlah minuman yang tidak sehat. Jika kamu adalah termasuk orang yang beranggapan seperti itu, kamu harus membaca ini. Karena kopi ternyata juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita, antara lain :

  1. Melawan Depresi

Sebuah penelitian yang dilakukan menemukan adanya hubungan antara depresi dengan minum kopi. Apalagi pada wanita yang seringkali merasa depresi karena kegiatan yang kamu lakukan. Karena dalam kopi ada kandungan   yang dapat membantu mengurangi depresi. Orang yang mengonsumsi kopi akan mengurangi 10 persen depresi daripada tidak mengonsumsi sama sekali.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan di dalam kopi akan membantu menekan risiko gejala kanker pada tubuh. Karena sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi dua kali sehari, maka risiko terjadinya kanker usus besar menurun sekitar 25 %.

  1. Mencegah Batu Ginjal

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi empat cangkir kopi sehari, akan mengurangi 25 % lebih rendah terkena batu ginjal. Oleh karena itu tidak ada salahnya kamu mengonsumsi kopi secara rutin asalkan itu tidak berlebihan.

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Mengonsumsi kafein secara berlebihan memang tidak bagus untuk tubuh, tetapi jika kamu mengonsumsi dalam batas yang wajar, maka kafein dapat membantu menjaga kesehatan hati. Kamu dapat mengurangi risiko dari Primary Sclerosing Cholangitis (PSC) dengan mengonsumsi kopi secara rutin. Ini adalah penyakit autoimun langka yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, dan bahkan kanker.

  1. Meningkatkan Mood

Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan ceria setelah mengonsumsi kopi. Kopi memang salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang. Selain itu kopi juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan.

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

Dengan mengonsumsi kopi , akan membuat penghambatan penyerapan gula dalam tubuh. Hal ini karena kandungan zat asam klorogenat membantu kinerja, yang akan meningkatkan pembentukan insulin.

  1. Mengurangi Risiko Liver

Kopi telah teruji mampu mencegah sirosis hati dan beberapa penyakit hati lainnya, seperti mengurangi risiko penyakit liver. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan antioksidan serta kandungan kafein yang terdapat dalam setiap biji kopi.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Diet Kaya Lemak Sebenarnya Bisa Membantu Kamu  Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang dilakukan