Ketakutan akan penuaan adalah salah satu ketakutan paling umum yang dimiliki orang-orang, terutama para wanita.

Apakah kamu sekarang berada di akhir usia 30-an? Apakah kamu juga merasakannya?

Para psikolog berpikir bahwa hal ini sangat normal (ketakutan akan penuaan). Kamu harus mengatasi ketakutan kamu dan memahami bahwa segala usia memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Tapi perlu diingat, bahwa tidak semua perubahan yang terjadi di usia 40 tahun akan terjadi pada setiap orang. Itu semua tergantung pada kesehatan dan gaya hidup masing-masing.

Berikut ini adalah berbagai hal yang terjadi pada tubuh ketika seseorang berusia 40 tahun :

  • Rambut Mulai Menipis

Masalah ini terjadi, terutama pada pria. 53% pria menjadi botak setelah usia 40 tahun. Wanita juga kehilangan rambut, tetapi secepat pria.  Untuk mencegah kerontokan rambut yang cepat, potonglah rambut kamu secara berkala, gunakan masker rambut  dan hentikan penggunaan pengering rambut.

  • Intoleransi Laktosa

Beberapa orang tidak dapat mencerna produk susu sejak kecil dan yang lain mendapatkan masalah ini saat beranjak tua. Intoleransi laktosa biasanya mempengaruhi wanita Afrika Amerika dan Asia di atas usia 40 tahun. Pada usia ini, tingkat enzim laktase yang membantu mencerna laktosa menurun. Akibatnya, susu tidak bisa dicerna dan menyebabkan masalah pada usus besar.

  • Gigi Menjadi Kurang Sensitif

Jika kamu menderita gigi sensitif saat masih muda, masalah ini mungkin bisa hilang ketika kamu bertambah tua. Namun, ada juga kelemahannya. Ketika gigimu kurang sensitif, kamu akan kesulitan mendeteksi jika ada yang salah dengan gigi Kamu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengunjungi dokter gigi secara teratur.

  • Kita Menyusut Seiring Bertambahnya Usia

Orang-orang mulai menyusut setelah berusia 30 tahun dan kamu benar-benar dapat melihat perubahan ini ketika kamu berusia 40 tahun. Menurut data yang dikumpulkan oleh Ilmu Kedokteran University of Arkansas, pria secara bertahap dapat kehilangan 1 inci di antara usia 30 dan 70, dan wanita dapat kehilangan sekitar 2 inci. Agar tidak semakin pendek, makanlah makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D dan jangan lupa berolahraga.

  • Metabolisme Menurun

Setelah usia 40 tahun, metabolisme tubuh menurun dan kamu bisa kehilangan otot lebih cepat. Rata-rata wanita mengalami kenaikan berat badan sekitar 15 pon (6,8 kg) antara usia 40 dan 55 tahun. Untuk menghindari masalah yang tidak menyenangkan ini, kita harus mengikuti diet sehat dan berolahraga.

  • Wanita Menjadi Lebih Menarik Dan Percaya Diri

Para psikolog mengklaim bahwa wanita lebih percaya diri setelah usia 40 tahun daripada wanita pada usia 20 atau bahkan 30 tahun. Fakta ini membantu mereka mencintai diri sendiri, tidak pernah khawatir tentang hal-hal kecil, menyingkirkan toxic people dari kehidupan dan menjadi bahagia serta mandiri secara finansial.

Pada usia ini, orang mengevaluasi kembali diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka. Jadi pria dan wanita menjadi lebih menarik di mata orang lain.

  • Pendengaran Dan Penglihatan Memburuk

Pada usia 40 tahun, orang mulai mengalami rabun jauh atau masalah penglihatan lainnya. Pendengaran pun juga memburuk. Ini terjadi karena perubahan struktur membran timpani dan telinga bagian dalam. Untuk menemukan dan segera mengatasi masalah, periksakan dirimu ke dokter.

  • Indera Perasa Berubah

Ketika lahir, kita memiliki sekitar 9.000 reseptor rasa. Ketika kita bertambah tua, jumlah reseptor ini berkurang dan kita mulai kehilangan sensasi rasa, biasanya dimulai dengan rasa asin dan manis dan kemudian pahit dan asam. Omong-omong, perubahan ini terjadi pada wanita lebih awal daripada pada pria.

Semoga artikel ini akan membantu Kamu bersiap untuk masa depan dan tidak khawatir tentang perubahan ini. Perlu diingat bahwa Kamu dapat memperlambat proses penuaan dengan gaya hidup sehat dan bantuan para ahli.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/tips-makeup-untuk-wanita-40-tahun-ke-atas-kata-siapa-tak-boleh-tampil-cantik/

http://www.tampilcantik.com/ssst-ini-5-tipe-produk-skin-care-yang-wajib-dimiliki-perempuan-40-tahun-ke-atas/

http://www.tampilcantik.com/tak-hanya-cepak-gaya-rambut-panjang-yang-cocok-untuk-usia-40-tahun/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Gerakan Olahraga yang Dapat Dilakukan di Rumah, Tidak Perlu ke Gym

Apakah rutinitas olahraga kamu terganggu karena harus social