Kita semua tahu bahwa susu itu baik untuk kesehatan karena kandungan kalsium di dalamnya. Tapi apakah itu bagus untuk aplikasi eksternal? Apakah itu baik untuk kulit kita? Ya, dokter dan ahli kecantikan mengatakan bahwa ini adalah agen alami yang hebat yang bisa memberi keajaiban bagi kulit. Berapa banyak dari kita yang tahu bahwa susu menghidrasi kulit kering, mengelupas kulit mati, menenangkan kulit yang teriritasi dan mencerahkan kulit gelap? Susu dan produk sampingannya seperti yogurt dan buttermilk berbagi manfaat kulit yang sama dengan sedikit variasi. Buttermilk atau yogurt lebih disukai untuk jenis kulit berminyak sedangkan susu full cream atau whole fat lebih disukai untuk jenis kulit kering. Kamu bahkan bisa menggunakan susu bubuk jika kamu tidak bisa mendapatkan susu segar, itu akan tetap bermanfaat untuk kulit kamu. Untuk kulit, susu mentah atau tidak dipasteurisasi lebih disukai karena pemanasan susu menghancurkan kandungan enzim susu yang ramah lingkungan dan mengubah struktur lemak dan protein. Oleh karena itu, sangat diharapkan untuk menggunakan susu segar dan tidak dipasteurisasi untuk keuntungan maksimal.

Ada efek samping yang sangat jarang dari penggunaan susu untuk aplikasi eksternal. Hanya bila kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, pikirkan dua kali sebelum kamu menggunakan susu di kulit kamu, jika tidak, kamu sebaiknya tidak menggunakannya. Berikut adalah manfaat menggunakan susu pada kulit kita dan alasan mengapa bahan ajaib ini harus digunakan sebagai produk kecantikan alami.

  1. Membuat Kulit Kamu Terang dan Bersinar

Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya, pergilah ke pemandian susu. Mandi susu sangat menenangkan. Tutup saluran pembuangan bak mandi, jalankan beberapa air panas dan tambahkan sekitar 3-4 liter susu atau bahkan lebih ke bak mandi. Sekarang, berendamlah di bak mandi susu ini selama sekitar 20 menit. Kamu  bisa melakukan ini setiap hari selama sekitar satu minggu jika kamu ingin melihat hasil yang lebih cepat. Kulit kamu menjadi lebih cerah dan bercahaya. Sebagai alternatif, jika kamu menginginkan spa rumahan, tambahkan beberapa gandum dan kelopak mawar ke bak mandi beserta susu. Ini akan memberi makan dan meremajakan kulit dan tubuh kamu. Selalu bersihkan dengan air hangat setelah mandi susu kamu untuk mengeluarkan residu susu dari tubuh kamu.

  1. Menghapus Patch Dark

Mirip dengan jus lemon, susu juga memiliki sifat meringankan kulit. Asam laktat dalam susu membantu menghilangkan bercak gelap saat digunakan secara teratur. Ambil sepotong bola kapas, rendam dalam susu dan oleskan di bercak-bercak gelap. Biarkan semalaman agar susu diserap dengan baik ke dalam kulit. Bilas di pagi hari. Proses ini juga bisa diikuti untuk meringankan kulit.

  1. Toner Kulit

Kamu bisa menggunakan susu atau yogurt sebagai toner kulit. Oleskan lapisan yogurt dan susu tebal  di kulit kamu. Biarkan ini duduk minimal 10 menit agar kulit menyerap masker dengan sangat baik dan kemudian bilas

  1. Menenangkan Sunburns

Obat rumah yang sangat baik untuk berjemur adalah merendam kain bersih dengan susu segar dan mendinginkannya selama beberapa saat. Kemudian oleskan ini di atas area yang terbakar sinar matahari sebagai kompres dingin. Susu membantu menenangkan sinar matahari dengan bantuan anti-inflamasi, pelembab dan memperbaiki sifat kulit. Namun, penting untuk diingat bahwa kamu  tidak menggunakan  susu krim karena kandungan lemaknya bisa melindungi sengatan matahari, yang menyebabkan hilangnya panas.

  1. Healing Cracked Heels

Karena susu dapat melakukan eksfoliasi kulit mati dan menyingkirkan kekeringan pada kulit, itu adalah ramuan yang bagus untuk menyembuhkan tumit yang pecah-pecah. Kamu bisa menambahkan beberapa oat dan minyak kelapa untuk hasil yang lebih baik.

Baca juga Inilah Berbagai Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat Berkilau dan Bebas Keriput

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Langkah Mudah Merawat Kulit Secara Profesional di Rumah

Apakah kamu selalu ke salon untuk Spa dan