Jerawat, pori-pori besar, kulit kusam, dan sejenisnya memang menjadi masalah serius bagi sebagian besar orang. Salah satu penyebab masalah kulit yang satu ini adalah polusi dan debu. Polusi udara memang tidak bisa dihindari lagi dimanapun tempat tinggalmu. Parahnya lagi, kulit yang terpapar polusi menjadi lebih mudah iritasi, dehidrasi, dan juga terserang beberapa penyakit kulit.

Hal ini karena sinar UVA dan UVB memberikan dampak buruk pada kulit dalam jangka waktu lama. Salah satu dampaknya adalah penuaan dini seperti munculnya kerutan halus. Agar kulit senantiasa terindungi meskipun sedang beraktivitas diluar ruangan, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan.

Jangan lupa sunscreen

Sunscreen adalah salah satu produk wajib yang tidak boleh ditinggalkan sebelum beraktivitas. Baik di dalam atau di luar ruangan, kamu perlu menggunakan sunscreen sesuai dengan jumlah yang disarankan. Sunscreen membantu menciptakan lapisan yang melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Minum banyak air putih

Air putih tidak hanya dibutuhkan untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga untuk membuat kulit menjadi lebih sehat. Minum air putih dalam jumlah banyak membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh yang bisa membuat kulit kusam dan tidak sehat. Kamu bisa menambahkan potongan buah atau sayuran ke dalam air putih untuk memberikan tambahan mikro vitamin.

Maksimalkan face scrub

Scrub atau exfoliating adalah salah satu cara menghilangkan sel-sel kulit mati di kulit. Cara ini juga membantu menghilangkan efek polusi dan debu yang menempel pada kulit. Dengan melakukan exfoliating rutin, kulit bisa lebih cepat beregenerasi. Kamu bisa melakukan exfoliating sebanyak 2-3 kali seminggu tergantung dengan kondisi kulit. Scrub yang digunakan bisa scrub siap pakai atau kamu membuat sendiri scrub dari bahan-bahan alami yang tersedia di rumah.

Bersihkan wajah dengan benar

Salah satu kunci kulit yang sehat adalah kulit yang bersih. Setiap kali selesai beraktivitas, sebaiknya kamu selalu mencuci wajah dengan benar. Pada malam hari sebelum tidur, kamu bisa melakukan double-cleansing untuk menghilangkan residu polusi dan makeup yang menempel pada kulit. Meskipun kamu hanya menggunakan sunscreen dan sedikit bedak, namun kamu tetap perlu melakukan double cleansing untuk menghilangkan sisa bahan kimia pada kulit.

Jangan lupa pelembab

Polusi menyebabkan kulit menjadi kusam dan gelap. Sehingga jangan pernah lupa untuk menggunakan pelembab agar kulit selalu ternutrisi. Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan juga sesuai dengan takaran yang disarankan. Rutin menggunakan pelembab membuat kulit tetap kenyal dan sehat meski beraktivitas di luar ruangan.

Selalu lindungi kulit

Meskipun sudah menggunakan sunscreen, namun kamu tetap perlu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari langsung. Kamu bisa menggunakan payung, topi, masker, syal, atau apapun untuk melindungi kulit.

Polusi memang tidak bisa dihindari seiring dengan perkembangan zaman. Namun kamu bisa melindungi kulit dari dampak buruk polusi dengan beberapa tips di atas. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi takut kulit menjadi kusam dan rusak saat beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/girls-waspadai-efek-polusi-udara-pada-penyakit-alergi/

http://www.tampilcantik.com/tidak-hanya-polusi-makanan-juga-berpengaruh-untuk-jerawat-lho/

http://www.tampilcantik.com/apa-yang-bisa-dilakukan-polusi-udara-pada-kulit-kamu/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Alasan Mengapa Rambut Kamu Cepat Berminyak

Kulit kepala kita harus menghasilkan minyak dalam jumlah