Hasil gambar untuk pengen makan manis terus

Menurut sebuah penelitian, ada gen spesifik yang sebagian dari kita miliki dan membuat kita mendambakan makanan manis dan yang pada gilirannya juga bertanggung jawab untuk lemak tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki varian gen spesifik ini.

Apa itu Sweet Tooth? Seseorang yang sangat menyukai makanan manis seperti manisan dan coklat dikatakan memiliki “sweet tooth”.

Apa itu FGF21?

FGF21, atau Fibroblast Growth Factor 21, adalah protein yang ditemukan pada mamalia. Ini dikodekan oleh gen FGF21. Ini adalah anggota subfamili endokrin. Menjadi bagian dari keluarga FGF, ia mampu berpartisipasi dalam berbagai proses seperti pertumbuhan sel, perbaikan jaringan, pertumbuhan tumor, perkembangan embrio, dll.

Gen Yang Membuat Kamu Mendambakan Hidangan Manis

Para ilmuwan dan peneliti di Universitas Kopenhagen menemukan sebuah studi, yang menurutnya, ketika gen FGF21 ditemukan dengan variasi tertentu, itu menghasilkan keinginan untuk minuman beralkohol dan gula. Uji coba terhadap sekitar 450.000 orang dilakukan di Eropa untuk memverifikasi hasil penelitian. Catatan kesehatan dari orang yang diteliti diperiksa. Dokumen yang diajukan oleh orang-orang yang siap untuk dipelajari adalah kuesioner tentang diet dan informasi genetik mereka bersama dengan sampel darah mereka. Hasil tes menegaskan fakta bahwa orang-orang yang memiliki variasi gen tertentu ini, yang disebut sebagai “gienetic sweet tooth” kurang mungkin berada pada risiko obesitas dan diabetes, bila dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki spesifik variasi gen ini.

Rekan penulis studi, Timothy Frayling, mengatakan dalam sebuah wawancara pasca hasil penelitian itu diumumkan, bahwa persepsi saat ini bahwa makan terlalu banyak makanan bergula buruk bagi kesehatan seseorang sebenarnya tidak benar untuk orang yang memiliki variasi ini. Menurut tes yang dilakukan pada berbagai orang di Eropa, sekitar 20 persen dari mereka memiliki “genetic sweet tooth” khusus ini

Hasil Lain Dari Studi

Meskipun hasil penelitian menunjukkan bahwa orang dengan “genetic sweet tooth” tidak terpengaruh secara negatif ketika mereka mengkonsumsi makanan manis dalam jumlah besar, namun ada juga hasil yang tidak terlalu positif. Ditemukan bahwa orang-orang dengan variasi dalam gen FGF21 memiliki masalah tekanan darah tinggi. Juga, lemak di tubuh orang-orang dengan variasi genetik ini ditemukan jauh lebih terakumulasi di sekitar pinggang mereka daripada di sekitar pinggul mereka, yang menghasilkan bentuk yang disebut “apple shape”.

Terlepas dari hipertensi, ditemukan bahwa orang-orang dengan bentuk variasi genetik ini tidak berisiko terhadap segala bentuk penyakit jantung atau dari didiagnosis dengan diabetes tipe 2. Melalui penelitian dan studi yang luas, dapat dipahami bahwa gen ini memiliki efek pleiotropic, dengan efek bervariasi pada asupan makronutrien terhadap bentuk tubuh dan tingkat tekanan darah.

Seorang ilmuwan nutrisi di Universitas Sydney, Stephen Simpson, mengatakan bahwa hasil dari studi yang dilakukan di Eropa perlu dipertimbangkan kembali karena gagasan yang telah dipromosikan melalui hasil-hasilnya. Dia berpandangan bahwa tidak peduli apa pun, konsumsi makanan manis pasti buruk, terlepas dari fakta bahwa variasi genetik kamu dapat mendukungnya. Dia mengatakan bahwa eksplorasi dan studi lebih lanjut perlu dilakukan pada fakta-fakta yang dihasilkan. Singkatnya, studi tentang varian gen FGF21 ketika dilakukan pada lebih dari 450.000 orang memastikan bahwa varian gen ini mampu membuat orang makan lebih banyak permen tanpa kemungkinan mereka mengumpulkan banyak lemak atau pada gilirannya menjadi gemuk. Namun, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa orang-orang seperti itu berisiko memiliki garis pinggang yang lebih tebal dan lebih besar serta masalah tekanan darah tinggi. Namun demikian, ini adalah kabar baik bagi mereka dengan bentuk variasi genetik ini, di mana mereka tidak lagi menganggap atau menyalahkan gula sebagai penjahat di balik kenaikan berat badan mereka yang tidak pernah berakhir.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Timbangan Badan Masih Ngak Turun-turun Meskipun Udah Diet Ekstrem? Ayuk Ikutin Tips Berikut Untuk Mendapatkan Berat Badan Idealmu

Ada berbagai cara yang dapat ditempuh agar kamu