Image result for kinnow

Sebagian besar dari kita akan mengkonsumsi jeruk,untuk mendapatkan vitamin C. Selain rasanya yang  manis dan tajam, berbagai nutrisi dan kandungan rendah kalori dengan gula alami yang ditawarkannya. Tapi, apakah kita menyadari buah jeruk lain yang serupa yang disebut Kinnow, yang berasal dari keluarga jeruk yang sama dengan Oranye dan menawarkan manfaat yang hampir sama?

Apa itu Kinnow?

Kinnow  adalah buah jeruk mandarin hasil tinggi yang secara ekstensif dan besar tumbuh di daerah Punjab di Pakistan. Menjadi kultivar dari dua petani jeruk yang disebut Citrus nobilis atau ‘King’ dan Citrus deliciosa, atau “Willow Leaf”, Kinnow dirilis pada tahun 1935 sebagai hibrida baru dalam jenis jeruk untuk budidaya komersial.

Manfaat Kinnow:

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan buah Kinnow:

  1. Buah anti-racun: Ia bekerja sebagai bahan anti-toksin untuk membantu tubuh menyingkirkan segala jenis unsur beracun untuk mempertahankan konstitusi yang sehat.
  2. Baik untuk kulit: Menjadi kaya nutrisi penting, juga membantu menjaga kulit sehat dengan mempromosikan sifat anti-penuaan.
  3. Meningkatkan metabolisme: Ini sangat membantu dalam meningkatkan metabolisme dengan menyembuhkan segala macam masalah yang berhubungan dengan perut dengan membantu pencernaan.
  4. Membantu dengan keasaman dan sembelit: Menyembuhkan keasaman dan sembelit.
  5. Baik untuk kekebalan: Membantu merangsang sistem kekebalan tubuh karena kehadiran vitamin C.
  6. Sangat baik untuk tekanan darah: Menurunkan tekanan darah karena kehadiran senyawa tanaman yang larut dalam air.
  7. Anti-inflamasi: Mengurangi peradangan di dalam tubuh karena sifat anti-peradangannya.
  8. Menyeimbangkan kolesterol: Membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

Manfaat Jeruk

Menjadi pembangkit vitamin dan mineral, buah jeruk menawarkan banyak manfaat. Beberapa dari mereka terdaftar di bawah ini:

  1. Mencegah diabetes: Menjadi kaya gula alami, bersama dengan kandungan kalori rendah, jeruk dapat dikonsumsi setiap hari dan pasti dapat membantu menyeimbangkan kadar gula.
  2. Mengurangi risiko masalah sendi atau radang sendi: Menjadi anti-inflamasi, jeruk adalah pilihan yang sangat baik untuk mengurangi risiko radang sendi atau masalah terkait sendi.
  3. Membantu pencernaan: Kandungan serat yang tinggi dalam warna oranye menjadikannya pilihan cemerlang untuk meringankan pencernaan secara keseluruhan.
  4. Mencegah kanker: Karena adanya senyawa yang disebut D-linonene, jeruk baik untuk membantu mencegah kanker.
  5. Pengembangan fungsi otak: Konsumsi jeruk secara teratur membantu meningkatkan perkembangan otak karena asam folat di dalamnya.
  6. Kehilangan berat badan: Jeruk dapat membantu menurunkan berat badan, karena bisa membuat seseorang merasa kenyang, yang mendorong keengganan untuk makan.
  7. Obat yang baik untuk infeksi virus: Jeruk terdiri dari flavonoid dan polifenol yang membantu tubuh melawan infeksi virus.
  8. Bagus untuk kulit: kulit jeruk dapat membantu dengan banyak masalah yang berhubungan dengan kulit seperti bintik-bintik hitam, noda, komedo, kulit kusam, dll, jika dioleskan secara topikal dalam bentuk mentah, pasta atau jus.

Perbandingan Kinnow dengan  Orange

Meskipun Kinnow sangat mirip dengan Oranye dalam penampilan serta banyak atribut lainnya, tentu ada banyak aspek yang membedakan kedua buah dari satu sama lain. Karena kesamaan ini serta perbedaan, salah satunya dinilai sebagai sedikit lebih baik dari yang lain.

Perbedaan Utama Antara Kinnow Dan Oranye

Keduanya berwarna oranye dengan kualitas jeruk, kulit tebal dan terdiri dari biji. Namun, semua atribut ini mungkin masih sedikit berbeda dengan konsumen. Misalnya, Kinnow mungkin berwarna oranye gelap, lebih besar dalam ukuran dan mungkin memiliki kandungan jus yang lebih tinggi dengan setidaknya 20-25 biji.

Oranye mungkin lebih kecil dalam ukuran dan mungkin memiliki kandungan biji lebih rendah. Untuk konsumen rata-rata, Oranye mungkin menjadi pilihan yang lebih baik, dalam hal kemudahan.

Karena biji lebih sedikit dan kulit luar relatif lebih tipis, jeruk ternyata menjadi pilihan yang mudah dibandingkan dengan Kinnow. Dengan lebih banyak biji, persiapan jus Kinnow bukanlah tugas yang mudah yang melibatkan menghilangkan kepahitan benih dari buah ini.

Selain itu, karena kulitnya yang longgar, Kinnow membutuhkan perawatan ekstra saat mengangkutnya dari satu tempat ke tempat lain, karena bisa dengan mudah rusak. Karena alasan ini, Kinnow biasanya dihargai lebih rendah dibandingkan dengan jeruk.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Dear Ladies, Kamu Bisa Melakukan cara-Cara Ini Buat Menjauhi Kanker Payudara!

Apa pun yang kamu rasa tentang payudaramu, buah