Manusia banyak memulai kegiatan di pagi hari seperti bekerja, berangkat sekolah, menyiapkan sarapan untuk keluarga, dan kesibukan lainnya. Tetapi tidak sedikit juga yang melewati pagi harinya dengan berdiam diri di tempat tidur, memperpanjang waktu tidurnya hingga matahari sudah semakin tinggi. Dengan itu, orang yang tidak bangun pagi tidak akan bertemu sinar matahari yang memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh seperti membunuh kuman penyakit dan memperkuat tulang.

Tidur di pagi hari tidak begitu baik untuk kesehatan. Selain tidak dapat kehangatan dan manfaat dari sinar matahari, aktifitas lainnya yang bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat juga bisa terlewati. Selain itu, udara segar di pagi hari yang dibutuhkan tubuh tidak bisa didapatkan. Sering tidur di pagi hari apalagi disertai dengan begadang di malam sebelumnya akan membuat daya tahan tubuh menurun. Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk bangun di pagi hari dan membiasakan kegiatan sehat berikut ini untuk menjaga kesehatan tubuh.

1. Minum Air

Bangun pagi-pagi kemudian meminum minimal 4 gelas air putih baik untuk kesehatan. Ini membantu melancarkan pencernaan, membantu sirkulasi darah, kesehatan kulit dan terhindar dari dehidrasi. Selain itu masih banyak manfaat yang lainnya dari minum air putih saat bangun tidur terutama di pagi hari.

2. Menghirup Udara Segar

Pagi hari identik dengan kesegaran udaranya dengan cuaca yang sedikit dingin. Jika di pagi hari anda keluar rumah untuk menghirup udara segar, maka ini sangat bermanfaat bagi anda untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Udaranya yang sejuk juga bisa membuat anda menjadi tenang.

3. Olahraga

Olahraga tentu menjadi hal penting selanjutnya yang harus dilakukan di pagi hari. Olahraga di luar dengan menghirup udara segar bisa meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan tidak lemas. Olahraga ringan jika dilakukan setiap hari akan menimbulkan hasil yang lumayan. Tidak akan mudah terserang penyakit dan anda tidak cepat lemas sehingga bisa terus segar hingga malam hari.

4. Sarapan

Tubuh tentu memerlukan asupan untuk dicerna dan menjadi asupan nutrisi bagi tubuh. Jika tidak sarapan, dipastikan tubuh akan cepat lelah dan tidak fokus pada pekerjaan anda selanjutnya karena perut yang kelaparan dan tidak bertenaga. Oleh karena itu sarapan adalah hal penting yang harus dilakukan di pagi hari. Pilihlah makanan yang mudah dicerna dan tidak terlalu banyak mengandung minyak agar bisa cepat dicerna oleh tubuh anda untuk menjadi tenaga. Contohnya seperti susu, roti, sereal, buah, sayur, dan lain sebagainya.

5. Meditasi

Luangkan waktu anda sebentar saja untuk melakukan meditasi. Meditasi bermanfaat untuk membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Baik untuk menenangkan diri anda dari kejadian di hari sebelumnya atau kegiatan yang akan datang. Dengan pikiran yang tenang, anda bisa berpikir positif dan memulai hari menjadi lebih produktif dan maksimal. Kesehatan jasmani saja tidak cukup, oleh karena itu harus diimbangi dengan kesehatan rohani agar hidup anda menjadi lebih bahagia.

Baca Juga Jangan Hanya Berharap, Tetapi Lakukan Hal Ini Agar Hidup Sehat dan Berumur Panjang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Stress Karena Payudara Kamu Kecil? No Worries.. Ini Dia Makanan Untuk Memperbesar Payudara Secara Alami

Wanita memang tak bisa dilepaskan dari tampilan kesempurnaan.