Warna kulit bibir setiap orang memang berbeda-beda dan tidak ada warna yang lebih sehat atau lebih baik dari yang lain.  Namun kadang, warna bibir kamu mungkin mengindikasikan bahwa bibir membutuhkan lebih banyak perhatian. Beberapa orang mengalami perubahan warna pada bibir.  Perubahan warna atau pigmentasi ini bisa disebabkan oleh faktor medis dan faktor gaya hidup tertentu.

Berikut adalah obat alami untuk mencerahkan bibir yang gelap :

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat emolien dan pelembab. Formula ini dapat membantu menjaga bibir kamu tetap lembut dan kenyal serta mencegah supaya bibir tidak kering dan gelap. Bibir kering dan gelap biasanya terjadi karena dehidrasi kulit.

Cara merawat bibir dengan minyak kelapa :

Ambil sedikit minyak kelapa murni ke jari telunjuk kamu dan oleskan ke bibir kamu. Biarkan sampai kering. Kamu dapat melakukan ini 1 – 2 kali sehari.

  • Lemon dan Madu

Lemon dikenal mampu mencerahkan kulit.  Ketika dikombinasikan dengan madu, lemon tidak hanya bisa mencerahkan bibir kamu tetapi juga membantu melembutkannya.

Cara merawat bibir dengan lemon dan madu : Ambil satu sendok teh jus lemon dan madu.  Aduk rata dan oleskan ke bibir kamu. Diamkan selama 15 – 20 menit lalu bilas dengan air. Kamu dapat melakukannya 1 kali sehari.

  • Timun

Timun mengandung antioksidan dan senyawa yang kaya akan silika.  Senyawa ini dapat membantu memudarkan pigmentasi dan mencerahkan kulit bibir yang gelap.

Cara merawat bibir dengan timun : Ambil beberapa iris timun lalu blender. Oleskan pasta / jus timun ke bibir kamu dan biarkan selama 15 – 20 menit, kemudian bilas dengan air.  Kamu dapat melakukan ini 1 – 2 kali sehari.

  • Kunyit

Curcumin adalah unsur utama kunyit. Bahan ini  dapat membantu menghambat melanogenesis (pembentukan melanin). Inilah yang dapat mencerahkan warna bibir kamu.

Cara merawat bibir dengan kunyit : Siapkan pasta kunyit kental dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air. Oleskan pasta ini ke bibir kamu dan biarkan hingga mengering.  Setelah kering, bilas dengan air.  Kamu dapat melakukannya 1 kali sehari.

  • Aloe Vera

Aloe Vera mengandung aloin, senyawa dengan sifat depigmenting. Ini dapat membantu memudarkan pigmentasi pada bibir kamu.

Cara merawat bibir dengan aloe vera : Ambil setengah sendok teh gel lidah buaya yang baru diekstrak, oleskan ke bibir kamu, tunggu sampai kering. Setelah itu, bilas dengan air biasa. Kamu dapat melakukan ini 1 – 2 kali sehari.

Itulah lima bahan alami yang dapat membantu mencerahkan warna bibir kamu yang gelap. Nah, berikut ini adalah beberapa QnA seputar kesehatan bibir yang kerap ditanyakan orang pada pakar kesehatan bibir :

Q : Manakah lip balm terbaik untuk membuat bibir berwarna merah muda?

A : Kamu bisa menggunakan lip balm dengan formula pencerah kulit.  Kamu juga dapat menggunakan lip balm dengan SPF 40 atau lebih untuk mencegah bibir kamu semakin gelap.

Q : Mengapa bibir saya berwarna gelap meskipun saya tidak merokok?

A : Merokok adalah salah satu dari banyak faktor yang dapat menyebabkan bibir menjadi gelap.  Faktor-faktor lain bisa berupa paparan sinar matahari, kurang hidrasi, perawatan seperti kemoterapi atau radiasi, respons alergi terhadap produk-produk seperti pasta gigi, lipstik, dll.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/bibir-suka-kering-saat-pakai-lipstick-matte-atasi-dengan-cara-ini/

http://www.tampilcantik.com/tips-memilih-lipstik-yang-benar-untuk-bibir-gelap/

http://www.tampilcantik.com/punya-bibir-gelap-pilih-saja-warna-lipstik-yang-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Supaya Kuku Tetap Sehat

Apakah kamu sering memerhatikan kuku? Apakah kamu rutin