Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan makhluk bernama kutu. Kamu bisa menjumpai kutu pada anjing, kucing, beras bahkan rambut manusia.

Ya, Kutu Rambut adalah serangga yang hidup secara eksklusif di kulit kepala manusia. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, mengatakan, memiliki kutu tidak berarti kamu kotor atau jorok. Kutu tidak memiliki preferensi untuk rambut yang bersih atau kotor, mereka hanya menyebar melalui kontak langsung dengan kepala orang yang memilikinya atau mereka menyebar dari barang, pakaian, sikat, dll., yang berhubungan dengan kutu.

Dikenal secara ilmiah sebagai pediculosis capitis, kutu yang hidup di rambut manusia memakan darah dari kulit kepala. Meskipun mengganggu, mereka tidak membawa penyakit menular, bakteri atau virus.  Mereka hanya merangkak di kepala,  makan darah, dan menyebabkan berbagai efek samping yang tidak nyaman seperti gatal-gatal.

 Apa saja gejala kutu rambut?

 Satu kata: gatal.  Jika kamu atau seseorang dalam keluarga kamu memiliki kulit kepala yang gatal atau kamu melihatnya menggaruk, penting untuk memeriksa rambutnya. Kamu mungkin dapat melihat serangga kecil yang bergerak di kulit kepala, atau kamu akan melihat telurnya yang berada di helaian rambut. 

Bagaimana kutu bisa menyebar?

Kutu tidak bisa melompat atau terbang dari kepala ke kepala.  Sebaliknya, mereka merangkak.  Untuk menyebar, biasanya perlu ada “kontak langsung dengan kepala orang yang terinfeksi”. Itulah sebabnya kutu sangat umum menyebar di antara anak-anak (yang sering bermain satu sama lain dalam kontak dekat sepanjang hari).

Namun, kutu juga dapat menyebar melalui berbagi barang yang terinfeksi, meskipun kemungkinannya kecil, contohnya melalui topi atau syal, sisir rambut, atau bahkan kursi atau sofa.

 Aturan praktis yang perlu diingat: Jangan berbagi barang pribadi.  Bando, ikat rambut, sikat rambut, syal, jaket, topi. Simpan saja semua itu untuk diri sendiri.  Langkah pencegahan lain adalah menjaga agar rambut tetap pendek atau selalu mengikat rambut menjadi ekor kuda.

Bagaimana cara merawat kutu?

  • Jika kamu sangat curiga bahwa kamu memiliki kutu rambut, kamu harus mengobatinya. Kamu bisa peri ke toko obat dan membeli obat kutu yang dijual bebas.  Biasanya obat tersebut mengandung bahan yang disebut permethrin, yang berfungsi membunuh kutu. Obat itu bisa membunuh kutu hidup, tetapi tidak dengan telurnya. Meski demikian, perawatan berulang biasanya menjadi pilihan yang efektif.
  • Periksa ke dokter umum atau dokter kulit  yang kemungkinan akan meresepkan sesuatu seperti malathion atau lotion ivermectin, yang juga bekerja  membunuh kutu itu sendiri dan biasanya diterapkan pada rambut dan kulit kepala dan dibiarkan semalam, kemudian dihilangkan keesokan paginya.
  • Penting untuk merawat pakaian dan tempat tidur yang bersentuhan dengan kutu dengan mencuci atau mengeringkannya di bawah terik matahari. Sisir rambut tentu saja juga harus disterilkan – atau lebih baik lagi, jika sisir yang lama dibuang lalu diganti yang baru. Begitu juga dengan ikat rambut, topi, dll.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/terganggu-karena-kutu-kenapa-tidak-kamu-coba-atasi-dengan-minyak-kelapa/

http://www.tampilcantik.com/mungkinkah-menyingkirkan-kutu-dengan-menggunakan-mayones-semua-pasti-mungkin/

http://www.tampilcantik.com/minder-karena-kutu-rambut-tenang-perawatan-ini-akan-membasminya-secara-permanen/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Fakta yang Akan Membuat Kamu Mengubah Kebiasaan Skincare

Skincare adalah suatu hal yang wajib dilakukan di