Setelah melihat tak terhitung jumlahnya foto-foto transformasi di Instagram, kamu mungkin akhirnya memutuskan untuk mencoba diet keto. Ini adalah hal baik.kamu pasti tahu saat menjalani diet keto kamu diharuskan memangkas karbohidrat, dan alih-alih, mengkonsumsi lemak sebagai gantinya dan sedikit protein. Raasio ini akan mendorong tubuhmu untuk menggunakan penyimpanan lemak di tubuh sebagai bahan bakar, sehingga mendorong penurunan berat badan. Sayangnya, tidak ada yang tahu efek jangka panjang diet ini dan beberapa ahli kesehatan mengkhawatirkannya.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya juga pilih-pilih makanan untuk diet keto yang kamu jalani. Jangan sampai kamu hanya mengonsumsi yang tidak sehat seperti strak dan daging babi berlumur mentega.. Dan salah satu miskonsepsi terbesar adalah menempatkan daging-dagingan sebagai pusat dari menumu.

Kalau kamu ingin makan diet keto yang sehat, maka coba konsumsilah bahan-bahan dan makanan berikut ini!

 Alpukat

Alpukat memang sangat kaya lemak yang seht bagi kesehatan jantung, selain juga serat, yang membuat pencernaanmu jadi benar-benar lancar. Buah ini juga bisa membantu mengembalikan elektrolit yang ada di tubuhmu. Misalnya, secangkir buah alpukat saja bisa memberikan tubuhmu 975 mg potasium, jenis mineral yang bisa mengatur keseimbangan cairan yang ada di tubuhmu. Dan ini adalah sebuah hal yang sangat penting ketika kamu sedang menjalani diet yang sangat rendah karobohidrat. Pola makan seperti diet rendah karbo ini akan membuat tubuhmu jadi mengeluarkan terlalu banyak air dan elektrolit, sehingga bisa berujung kepada dehidrasi, pening, dan pingsan bahkan.

Minyak zaitun

Anggap saja minyak zaitun sebagai cairan emas. Minyak zaitun tersusun atas lemak-lemakan tak jenuh yang sifatnya begitu baik bagi kesehatan jantungmu. Selain itu, rasanya yang cukup netral akan bisa cocok dengan hampir segala bahan masakan. Kamu bisa menuangkan lemak ini di atas makananmu untuk menambahkan kandungan lemak di makanan atau menggunakannya sebagai pengganti minyak gorengmu yang biasa.

Ikan-ikanan berlemak

Ikan-ikanan seperti salmon, sarden, dan sejenisnya juga merupakan sumber lemak yang cocok bagi kamu yang sedang mempraktekkan diet keto. Tidak seperti ikan-ikanan lain dengan jenis yang lebih tanpa lemak, jenis-jenis ini sangat kaya asam lemak omega-3 yang bisa melawan inflamasi. Namun, yang terpenting adalah mengamati porsimu agar tidak terlalu banyak. Jangan sampai rasio protein dan lemakmu jadi begitu berantakan. Kamu hanya butuh satu takaran lemak yang terdiri dari tiga ons.

Telur

Telur sangatlah tidak mahal, mudah dibuat, dan begitu gampang dimanfaatkan untuk menjadi bahan makanan apa pun. Dan, yang paling penting, telur sangat kaya dengan nutrisi. Kuning telur adalah sumber utama dari mineral kolin, yang memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga fungsi otak, memori, metabolisme, dan suasana hati. Selain itu, telur juga merupakan satu dari sedikit makanan yang bisa memberikan vitamin D, yang sebenarnya bisa melindungi mata dan tulang, selain mempromosikan level kolesterol yang sehat. Mengonsumsi ini sebagai bagian dari pola diet ketomu akan memberikan tubuhmu banyak sekali manfaat.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Semua jenis kacang-kacangan dan bji-bijian bisa dibilang tinggi lemak sehat. Jadi, ini adalah bahan yang sangat cocok untuk diet keto. Namun, yang harus kamu lakukan adalah mengonsumsi berbagai variasi karena berbagai tipe kacang-kacangan yang berbeda mengandung zat gizi yang berbeda pula. Kamu akan mendapatkan hampir 10 persen dari kalsium harianmu dari satu ons almon, misalnya, dan lebih dari seperempat dari konsumsi harian seng yang disarankan atau direkomendasikan jika kamu makan biji labu.

Kamu juga harus meningkatkan konsumsi kacang-kacangan dan mentega biji-bijian juga. Kamu bisa makan sayuran mentah yang tinggi mentega almond misalnya untuk camilan yang tinggi lemak dan mudah membuat kenyang.

Selamat diet!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rasa Logam di Lidah? Ini Kemungkinan-Kemungkinan Alasannya Kamu Alami Dysgeusia

Apakah mulutmu merasakan seolah-olah kamu selama ini nyemil