Masalah rambut memang menjadi masalah yang cukup rumit. Salah satu masalah yang kerapkali dialami banyak wanita yakni masalah rambut bercabang. Kondisi rambut bercabang sendiri dapat terjadi saat lapisan pelindung yang terluar dari kutikel rambut menjadi hilang karena adanya faktor eksternal tertentu. Contoh yang paling sering adalah penggunaan pewarna dan pencatok rambut.

 

Berdasarkan para ahli, ketika struktur rambut internal terbuka maka rambut akan bisa menjadi dehidrasi, melemah, rentan rusak dan bisa menjadikannya bercabang. Untuk cara cepat mengatasi rambut yang bercabang adalah dengan memotong ujung rambut tersebut. Tapi kamu pasti ingin solusi lainnya yang lebih aman bukan?

 

Pakailah sisir besar

Usai aplikasikan kondisioner ketika keramas, lanjut dengan sisir rambutmu perlahan memakai sisir yang besar. Sisir ini memiliki jarak antar jari sisir cukup lebar sehingga rambut pun tidak kusut. Dengan sisir besar juga diharapkan agar bisa mencegah kerontokan ataupun rambut patah. Mulai sekarang ganti sisir kamu dengan yang bergigi jarang ya.

 

Pilih alat penata rambut berkualitas

Saat kamu berencana untuk membeli alat penata rambut misalnya catokan ataupun pengering rambut, maka jangan hanya memilih yang harganya murah saja. Cobalah kamu investasi dengan memilih alat yang lebih mahal dimana teruji kualitasnya. Coba deh kamu pikir, hair dryer dengan tanpa fitur pengatur suhu akan bisa jadi awal munculnya rambut bercabang lho. Selain itu, ketika rambut terkena angin panas pun bisa menjadikan ujung rambut terbakar sehingga menjadikannya bercabang.

 

Perlakukan rambutmu dengan lembut

Rambut adalah bagian dari keseluruhan tubuhmu. Layaknya bagian tubuhmu yang lain, rambut juga mesti diperlakukan dengan baik dan lembut. Contoh termudah adalah dengan memakai ikat rambut berbahan kain elastis lembut dan juga memakai produk tatanan rambut aman bagi rambut. Dengan demikian, maka kesehatan rambut pun akan bisa lebih terjaga maksimal meskipun kamu melakukan styling cukup banyak.

 

Menambah asupan biotin dan folic acid

Nutrisi yang dikonsumsi setiap hari tak hanya bisa diserap kulit lho. Semua nutrisi itu pun diserap rambut sehingga kesehatan pun bisa terjaga. Pada kenyataannya, nutrisi benar-benar mampu membangun protein yang bisa bentuk helai rambut lho. Terdapat dua vitamin B yang banyak dipercaya mampu menunjang kesehatan dan juga kecantikan rambut. Yang pertama adalah biotin yang mampu kuatkan rambut dan kuku. Ada juga folic acid yang membantu produksi dari sel darah merah sehingga pertumbuhan rambut pun maksimal. Jadi, pastikan mengasup cukup kedua nutrisi ini yang bisa didapat dari sayur, buah, nasi merah hingga kacang-kacangan.

 

Pakai leave in conditioner

Kondisioner biasa dipakai sesudah pemakaian sampo. Tapi, kondisioner seperti ini tak akan cukup ampuh untuk atasi masalah rambut bercabang. Untuk itu, pakai leave in conditioner dimana biasa dipakai usai keramas tanpa perlu kamu membilasnya. Perlindungan tambahan ini akan bisa menjadikan rambut lebih aman meski terkena styling.

 

Itulah beberapa tips sederhana demi hilangkan rambut bercabang. Jangan lupa juga untuk senantiasa membatasi rambut dari segala bahan kimia dan styling yang berlebihan. Dengan demikian, rambut akan bebas dari masalah menyebalkan.

Baca Juga :

Girls, Atasi Rambut Rontok Ternyata Bukan Dengan Shampoo,Tapi Dengan Ini..

Perhatian! Kesalahan Keramas Yang Dapat Membuat Rambutmu Rusak

Inilah 5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Rambutmu! Mending Hindari Kalau Gak Mau Rambutmu Rusak.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Cantik Ala Margot Robbie Yang Bisa Kamu Tiru

Jika kamu pecinta film Suicide Squade, maka kamu